Cara Agar Skripsi Terhindar dari Plagiat Turnitin

Haii gaes kembali lagi dengan mimin di blog bachtiarmath.com. Pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan beberapa cara atau tips untuk menghindari plagiat dari sistem turnitin.

Mendengar kata turnitin pastinya sudah tidak asing lagi bagi kalian yang sudah semester akhir. Karena turnitin ini biasa digunakan oleh pihak kampus untuk mengecek keaslian dari karya ilmiah atau skripsi yang dibuat oleh mahasiswa/i.

Pada saat sistem turnitin ini mulai diberlakukan di kampus, banyak sekali para mahasiswa/i yang mengeluh, dikarenakan sudah tidak bisa lagi bermain dengan copy paste hehee.., sebetulnya masih bisa copy paste cuma biasanya hanya dibatasi maksimal 20% - 30%. Tapi tenang saja, disini mimin akan membagikan cara atau tips untuk terhindar dari plagiat turnitin kampus.

Cara Menghindari Plagiat Turnitin

Berikut ini mimin ada enam cara atau tips yang bisa kalian gunakan agar terhindar plagiat dari sistem turnitin di kampus:

  1. Hindari kegiatan menyalin kalimat secara utuh dari karya orang lain (copy paste full)
  2. Pastikan ketika mengutip anda sudah menampilkan sumber (daftar pustaka)
  3. Ketika mengutip bahan pustaka pastikan penulisannya sudah benar (sesuai format penulisan)
  4. Hindari mengutip dari website-website legal
  5. Menggunakan sinonim kata yang digunakan pada saat menulis
  6. Menggunakan salah satu metode yang ampuh untuk menghindari plagiat, yaitu dengan menggunakan metode parafrase.


Ketika kalian sudah menerapkan beberapa cara atau tips diatas, pasti plagiat kalian akan berkurang pada saat di cek turnitin  kampus. Berikut ini adalah penjelasan dari cara atau tips diatas:

1. Hindari kegiatan menyalin kalimat secara utuh dari karya orang lain (copy paste)

Kegiatan ini banyak sekali dilakukan para mahasiswa/i untuk mempercepat waktu pengerjaan, dimana kita hanya melakukan Ctrl+C dan Ctrl+V tanpa melakukan kegiatan menulis dengan menggunakan kata-kata sendiri. Boleh copy paste, tapi harus mempunyai triks. Ketika kalian copy paste dari jurnal atau skripsi milik orang lain jangan langsung di paste (Ctrl+V) di file dokumen kalian, tapi normalkan terlebih dahulu di aplikasi "notepad++" baru kemudian copy (Ctrl+C) lalu paste (Ctrl+V) di file dokumen kalian.

>> Jasa Parafrase Turnitin <<

Apakah kalau sudah melakukan cara diatas sudah tidak kedetek plagiat?

Opss tidak, cara ini hanya untuk mengurangi sedikit tingkat plagiat saja. Lalu apa cara yang ampuh untuk agar tidak terdeteksi plagiat? cara ampuhnya adalah dengan melakukan metode parafrase dan mencari sinonim kata.

2. Pastikan ketika mengutip anda sudah menampilkan sumber (daftar pustaka)

Dalam penulisan karya ilmiah wajib hukumnya untuk menampilkan sumber-sumber kedalam karya tulis kita. Karena, dalam karya tulis ilmiah pasti wajib untuk berlandaskan dari sebuah teori-teori dari beberapa ahli atau pakar. Nah, untuk sumbernya bisa ditulis dalam bentuk footnote maupun daftar pustaka.

3. Ketika mengutip bahan pustaka pastikan penulisannya sudah benar (sesuai format penulisan)

Untuk penulisan bahan pustaka atau sumber bisa ditulis menggunakan footnote ataupun dapus. Nah, untuk cara penulisannya itu harus benar sesuai dengan format yang ditentukan untuk menulis footnote maupun daftar pustaka. Untuk tata cara penulisannya tidak mimin bahas lagi, karena sudah banyak sekali tutorial yang membahas bagaimana cara menulis footnote dan daftar pustaka yang baik dan benar.


4. Hindari mengutip dari website-website legal

Dalam melakukan pengutipan sebaiknya kurangi pengutipan dari dokumen legal, yaitu seperti UUD, UU, PERPU, PERGUB atau dokumen-dokumen legal negara lainnya. Jika memang harus mengutip dari situ, sebaiknya kalian menggunakan metode parafrase dan perbanyak sinonim kata agar gaya bahasanya sedikit berbeda namun topik yang dibahas masih sama.

5. Menggunakan sinonim kata

Sinonim kata (persamaan kata) ini bisa kalian gunakan untuk terhindari dari plagiat turnitin. Nah ketika kalian mengutip kalimat dari skripsi atau karya ilmiah milik orang lain sebaiknya kalian menggubah salah satu kata yang terdapat sinonimnya. Karena, dengan dengan begitu nantinya akan terdapat sedikit gaya bahasa yang berbeda.

6. Menggunakan metode parafrase

Pada saat mengutip kalimat dari skripsi atau karya ilmiah milik orang lain, jangan langsung copy paste saja, namun gunakan metode parafrase untuk menghindari plagiat dari sistem turnitin, yaitu dengan cara meminjam ide atau gagasan yang mau kita kutip namun kalimat atau atau gaya bahasa sedikit kita rubah.

Maksud dari merubah kalimat, yaitu dengan merubah kalimat atau gaya bahasa yang berbeda namun inti atau topic yang dibahas pada kalimat yang kita kutip itu masih sama.

Nah, untuk metode parafrase ini merupakan metode yang paling ampuh untuk terhindar dari plagiat turnitin. Karena, kegiatan kita hanya mencari ide atau gagasan dari skripsi atau karya illmiah orang lain yang nantinya akan kita ubah menggunakan kata-kata sendiri, lalu dirangkai menjadi suatu kalimat atau paragraf yang padu.

Apabila sudah mencoba parafrase dan sinonim kata tapi plagiat masih tetap tinggi? tenang saja, disini kami akan membantu untuk menurunkan tingkat plagiat dari skripsi, jurnal, tesis, dan disertasi milik anda.

>> Jasa Parafrase Turnitin <<

Selain jasa parafrase, kami juga membuka jasa-jasa lain, seperti:

0 Response to "Cara Agar Skripsi Terhindar dari Plagiat Turnitin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel