Memahami Apa Itu Metode Pembelajaran Kumon

Apakah ada yang pernah mendengar metode pembelajaran kumon? Ini merupakan suatu bagian dari mastery learning atau belajar tuntas. Namun untuk beberapa orang pasti belum memahami apa sebetulnya model Belajar seperti ini. 

Memahami Apa Itu Metode Pembelajaran Kumon

Sejarah Singkat Dari Munculnya Metode Pembelajaran Kumon

Menjadi salah satu model pembelajaran yang berasal dari Jepang, dikembangkan pertama kali oleh seorang guru matematika di SMA, bernama Toru Kumon. Pada awalnya, Ia hanya ingin membantu anaknya untuk bisa Mempelajari matematika dengan cepat di kelas 2 SD.

Lalu Toru merancang sebuah sistem agar anaknya tersebut bisa belajar jauh lebih efektif, sistematis kemudian punya dasar-dasar perhitungan yang jauh lebih kuat. Kemudian iya pun juga mengacu pada sasaran matematika tingkat SMA.

Ia membuat lembar kerja seperti susunan pelajaran secara step by step. Dimana anaknya setiap hari mampu menyelesaikannya kurang dari 30 menit. Bahkan sudah bisa mempelajari kulkulus integral ketika masih duduk di kelas 6 SD.

Kelebihan Metode Kumon untuk Siswa

Tentu saja penggunaan sistem pembelajaran seperti ini punya banyak kelebihan. Jika Anda penasaran apa saja, maka berikut ini adalah daftar di antara keunggulan tersebut:

1. Bisa Sesuaikan Kemampuan Anak

Metode pembelajaran Kumon rupanya bisa disesuaikan dengan kemampuan dikarenakan sebelum anak belajar akan terdapat tes. Di mana itu merupakan suatu uji penempatan sehingga para siswa pun tidak akan merasa tersiksa.

2. Tersusun Dengan Langkah-langkah Kecil

Keunggulan lainnya adalah bahan pelajaran ketika menggunakan sistem Kumon akan tersusun menjadi step by step kecil. Kemudian para siswa pun dapat memperoleh kemampuan dasar yang jauh lebih kuat.

3. Mengerjakan Soal dari Tingkat Mudah Ke Sulit

Anak nantinya akan bisa mengerjakan soal secara mandiri dari tingkat yang paling mudah menuju ke sulit. Jadi ketika mereka menghadapi kesulitan maka bisa melihat terlebih dahulu materinya, agar proses pembelajaran jauh lebih bermakna.

Alur Pembelajaran dengan Menggunakan Metode Kumon

Para guru metode kumon akan mendukung semua siswa agar bisa mengembangkan kemampuan belajar secara mandiri. Alur metode ini akan melibatkan pembimbing dari awal akar terus-menerus melakukan pengawasan. Berikut ini adalah step by step-nya:

1. Terdapat Tes Penempatan

Langkah pertama, murid akan mengerjakan tes penempatan kemudian guru melakukan analisa hasil dari ujian tersebut. Karena nantinya bisa menentukan level awal mereka. Program Kumon akan terdiri dari rangkaian lembar kerja dengan beberapa macam level.

Kemudian para siswa pun bisa naik ke level selanjutnya dengan memakai kemampuan mereka sendiri. Ketika bisa menentukan golongan pertama maka itu merupakan kunci kesuksesan ketika menggunakan model Kumon.

2. Datang ke Kelas Kumon 2 Kali dalam Seminggu

Pada umumnya, siswa nantinya akan datang ke kelas sebanyak 2 kali dalam 1 minggu. Sebab metode seperti ini akan meninggalkan seberapa penting belajar mandiri.

3. Adanya Pembimbing Belajar Mandiri

Sebelum memastikan hari belajar di kelas, para pemimpin harus segera menyiapkan lembar kerja yang sesuai pada setiap murid. Nantinya para guru akan mengamati mereka agar dapat memastikan terus belajar berada pada tingkat sesuai.

4. Siswa Mengerjakan Lembar Kerja Mandiri

Mengembangkan suatu kebiasaan belajar yang jauh di baik serta mampu memperdalam pemahaman. Ketika sudah menyelesaikan pelajaran pada hari itu, maka para siswa akan menyerahkan kepada para pembimbing. Jika ada salah, bisa membenarkan sendiri.

Itulah sekilas informasi mengenai apa sebetulnya metode pembelajaran Kumon. Jika ingin menerapkan sistem seperti ini maka pahami terlebih dahulu ulasan yang ada di atas.

0 Response to "Memahami Apa Itu Metode Pembelajaran Kumon"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel