Tips dan Trik Agar Skripsi terhindar dari Plagiat

Tips dan trik agar terhindar dari plagiat turnitin perlu diperhatikan supaya tulisan Anda lebih berkualitas dan terlihat semakin  profesional. Hal ini sangat penting diketahui terutama untuk mahasiswa semester akhir yang sedang membuat tugas ilmiah.

Apa itu Turnitin itu?

Turnitin adalah layanan yang bisa digunakan untuk mendeteksi plagiasi cetusan dari perusahaan Advance Amerika. Saat mengaksesnya, perangkat diharuskan terhubung dengan internet stabil agar terhindar dari adanya pelanggaran hak cipta baik berupa jurnal maupun sumber lainnya.

Fungsi turnitin dari turnitin sendiri dirancang oleh pengembangnya dapat memudahkan untuk mendeteksi kemiripan sebuah karya tulis dengan sumber yang sudah tersebar. Setidaknya ada tiga panutan pokok di Turnitin yaitu dari internet, referensi akademik, dan database lokal.

Orisinalitas dari sebuah karya sangat penting guna Agar tidak terdeteksi plagiat, karena sangat dilarang. Umumnya setiap lembaga memasang standar penilaian tersendiri pada prosentase yang masih dapat ditoleransi. Dalam hal ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap tanggung jawab.

Bagaimana Tips Lolos Uji Turnitin?

Turnitin sendiri mengukur keorisinalitasan sebuah karya dalam bentuk presentase. Pada panduan resmi penggunaan platform ini di Universitas Andalas yaitu sekitar 30%. Sedangkan yang digunakan penulis karya ilmiah di Indonesia untuk jurnal online 25% dan skripsi 25 – 45%. Simak ulasan berikut:

1. Hindari Menyalin atau Mengcopy Tulisan Secara Utuh

Budaya mengcopy sampai saat ini masih berkembang pesat di kalangan mahasiswa saat  mengerjakan karya ilmiah atau tugas harian. Oleh sebab itu untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab serta melatih kemampuan menulis secara baik dan benar karena sangat penting.

Menduplikasi karya orang lain menjadi hal yang kurang baik karena bisa berakibat fatal untuk kemampuan menulis setiap individu kedepannya. terutama jika sudah menjadi mahasiswa tingkat akhir yang diharuskan membuat skripsi dengan standar tertentu sesuai kebijakan setiap institusi.

2. Wajib Melampirkan Sumber Bahan Pustaka

Dalam penulisan karya ilmiah, umumnya tidak ada tulisan yang benar-benar orisinil milik dari individu. Hal ini berkaitan dengan kajian yang sedang dibahas untuk membuat isinya berbobot. Setidaknya ada 3 sumber rujukan biasanya digunakan seperti buku, jurnal, dan penelitian orang lain.

Supaya tidak terdeteksi plagiasi Anda bisa melampirkan sumbernya menggunakan metode footnote atau catatan perut. Setiap modelnya memiliki cara penulisan tersendiri  yang harus Anda ikuti. Cara ini bisa membuat karya ilmiah lebih terkesan profesional dan dan mudah dipahami oleh pembaca.

3. Mengutip Bahan Pustaka dengan Benar

Agar tidak terdeteksi plagiasi maka saat penulisan bahan pustaka harus dengan benar sesuai syarat dan ketentuan tersendiri. Hal ini bertujuan agar tulisan lebih rapi dan mudah dibaca. Standarisasi ini umumnya sudah digunakan sejak lama oleh peneliti terdahulu namun setiap modelnya berbeda.

Tata Cara penulisan ini sangat penting untuk diketahui karena bagi para pelajar nantinya akan dibutuhkan ketika masuk di jenjang perkuliahan. Selain itu dianjurkan juga bagi yang berminat membuat sebuah jurnal penelitian, buku bacaan ilmiah, dan bahan ajar.

4. Meminimalkan Pemakaian Sumber Bahan Pustaka yang Legal

Maksud dari sumber legal di sini adalah sumber yang sudah baku dan akan timbul masalah jika diubah seperti UUD, pancasila, pasal-pasal Undang-undang atau peraturan pemerintah, serta UU ITE. Umumnya hal ini sering dilakukan oleh program studi bidang hukum.

Saat mengutip dari sumber legal ini kemungkinan terdeteksi plagiasi cukup besar sehingga sangat dianjurkan untuk meminimalisirnya. Meskipun demikian bukan berarti tidak boleh untuk dikutip, hanya saja pastikan dari sumber yang bisa dirubah prosentasenya lebih banyak.

5. Gunakan Metode Teknik Sinonim dan Parafrase

Cara agar tidak terdeteksi turnitin selanjutnya adalah menggunakan teknik parafrase dan sinonim. Meskipun terlihat muda dan simpel namun teknik ini juga perlu adanya ketelitian agar antara satu kata dengan lainnya bisa dipahami dengan mudah.

Parafrase adalah teknik pengutipan dengan menuturkan ulang menggunakan kata berbeda namun secara makna tetap sama. Secara sederhana teknik ini dilakukan menggunakan kata-katanya sendiri. Namun harus tetap sesuai standarisasi yang sudah ditetap. Berikut Contoh parafrase:

  1. Baca terlebih dahulu bahan kajian yang akan Anda gunakan sebagai sumber rujukan.
  2. Carilah ide pokok yang terdapat dalam setiap paragraf dan kembangkan menjadi sebuah kalimat baru.
  3. Pastikan untuk mencatat ide pokok yang terdapat di dalamnya.
  4. Pahami makna tersirat yang ada dalam sumber rujukan.
  5. Tulis sumber dalam teks dengan model sesuai kebutuhan, kemudian lampirkan dalam daftar pustaka.
  6. Tuliskan kembali inti paragraf menggunakan kalimat yang mudah dimengerti.

Tips Mengetahui Jasa Parafrase Turnitin Berkualitas

Bagi Anda yang masih bingung untuk meminimalisir terdeteksi plagiasi dapat menggunakan Jasa lolos turnitin. Pastikan untuk mengetahui cara jitunya untuk menghindari terjadinya penipuan atau hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi. Berikut ulasannya:

1. Biaya Terjangkau

Saat ini sudah tersedia banyak penyedia jasa Jasa menurunkan turnitin dengan berbagai cara, salah satunya adalah Parafrase kalimat. Teknik ini seringkali paling dianggap aman dan hasilnya cukup bagus.

2. Adanya layanan Revisi

Kesalahan pada  saat melakukan penulisan tentu tidak dapat dielakkan. Penyebabnya bisa berupa penggunaan kata kurang tepat atau mengabaikan prosedur yang berlaku. Apabila menemukan kasus seperti ini maka sebaiknya segera hubungi penyedia layanan agar mendapatkan perbaikan.

Terkait berapa kali jumlah revisi umumnya tergantung pada kebijakan setiap penyedia layanan. Umumnya akan berkaitan dengan harga yang mereka tawarkan. Agar lebih hemat ada baiknya memilih paket khusus atau memanfaatkan promo pada hari-hari tertentu.

3. Pengerjaan Tepat Waktu

Modern ini masyarakat dituntut untuk selalu cepat. oleh sebab itu saat akan mencari penyedia jasa maka pilih yang berkualitas. layanan nya sendiri umumnya cukup banyak, salah satunya adalah Turnitin skripsi. Hal ini sangat penting karena menentukan kelulusan mahasiswa nantinya.

Pengerjaan tepat waktu bisa membantu untuk mendapatkan nilai maksimal dari pelanggan. meskipun demikian kualitas tetap menjadi hal utama yang perlu diperhatikan, karena sering terjadi kasus antara satu kalimat dengan lainnya tidak bisa dimaknai dengan baik atau menjadi rusak.

Demikian penjelasan terkait dengan tips dan trik agar terhindar dari plagiat turnitin yang perlu diketahui sebagai referensi nantinya. saat memilih penyedia layanan pastikan menggunakan paket sesuai kebutuhan untuk menunjang  kebutuhan sampai lolos cek plagiasi untuk beberapa kepentingan.

4. Garansi Uang Kembali 100%

Untuk menjaga kepercayaan dan titipan naskah, beberapa pihak layanan juga menjamin keakuratan atau kesesuaian file seperti harapan Anda.

Hal ini dilakukan untuk menetapkan bahwa setiap karya ilmiah yang telah melewati turnitin digarap dengan semaksimal mungkin. Segala koreksi dan perbaikan pun diupayakan seoptimal mungkin hingga klien (customer) benar-benar puas.

0 Response to "Tips dan Trik Agar Skripsi terhindar dari Plagiat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel