Model Pembelajaran Online Terbaik Saat Ini

Siapa yang menyangka dengan masa pandemi seperti ini akan membuat para peserta didik harus melakukan proses belajar secara daring. Namun, tidak perlu cemas karena terdapat model pembelajaran online, sehingga dapat disesuaikan dengan keadaan para siswa.

Ragam Jenis Metode Pembelajaran Secara Online

Dalam metode pembelajaran secara online memang memiliki banyak sekali ragamnya. Jadi, saat Anda menjadi seorang pengajar harus mengetahui apa saja jenisnya. Berikut ini merupakan penjelasan singkat dari beberapa tipe dalam proses belajar daring:

1. E-Learning

Pertama ada e-learning yang merupakan suatu model pembelajaran, di mana guru dan muridnya akan memakai internet serta teknologi informasi menjadi sarana prasarana. Metode seperti ini dapat mendorong para siswa untuk mempelajari materi dari berbagai macam situs.

E-learning sendiri telah dilengkapi dengan adanya learning management system. Dimana hal tersebut akan membantu para siswa agar mendapatkan suatu materi dan melakukan interaksi bersama peserta didik lain. Mampu mengunggah proyek ataupun tugas dan berkomentar.

2. Pembelajaran Synchronous Learning

Metode seperti ini merupakan suatu pembelajaran di mana para guru serta siswanya akan hadir dalam melaksanakan proses belajar mengajar dengan waktu bersamaan. Sedangkan untuk sistem online maka bisa menggunakan beberapa media.

Misalnya saja yang menggunakan Google classroom, aplikasi zoom meeting, Skype dan beberapa apa sarana lain. Proses pembelajaran sinkron online dapat dilakukan karena masih menghubungkan pengajar dan peserta didik dalam waktu bersamaan meskipun tidak dalam satu tempat.

3. Proses Pembelajaran Asinkron

Selanjutnya, adalah sistem pembelajaran dimana semua pengajar beserta para siswa untuk melaksanakan proses belajar mengajar sesuai dengan waktu yang telah disepakati. Contohnya saja, para guru hanya mengirimkan materi kemudian siswa pun bisa mempelajari atau mengolah materi.

Metode seperti ini sejak masa pandemi memang semakin populer. Di mana untuk sekolah, tempat kursus bahkan seminar akan dilakukan secara online. Intinya dengan adanya sistem seperti ini maka para siswa pun bisa mempelajari materi di mana saja dan kapan pun.

4. Proses Pembelajaran Blended Learning

Sesuai dengan namanya, maka proses pembelajaran ini merupakan kombinasi dari adanya sistem sinkron dan asinkron. Pengajar dan peserta didik mampu menyeimbangkan kedua metode tersebut sesuai dengan keperluan kelasnya masing-masing.

Guru beserta siswa bisa menyepakati dalam penerapan sistem asinkron. Di mana untuk para peserta didik punya lebih banyak waktu ketika ingin mendalami suatu materi, tapi proses pembahasan materi pun juga harus mendalam dengan adanya metode sinkron.

Metode-Metode Pembelajaran Online

Agar bisa menerapkan pembelajaran secara online maka akan diperlukan suatu metode yang bervariasi sehingga bisa mencapai hasil sesuai keinginan. Hal ini berguna untuk menciptakan antusiasme dari para siswa. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Pembelajaran Daring Berbasis Kompetensi

Pencapaian kompetensi peserta didik yang pertama adalah critical thinking atau berpikir secara kritis. Sedangkan kedua merupakan creativity thinking, dimana hal tersebut jadi peranan dari guru adalah fokus untuk mendampingi para siswa dengan adanya kreativitas tinggi.

Selanjutnya merupakan collaboration yaitu bekerja sama, dimana kegiatan seperti ini diterapkan dalam pembelajaran online sehingga peserta didik pun mampu bekerjasama dengan siapapun. Terakhir adalah communication, jadi siswa akan menyampaikan ide secara bebas.

2. Pembelajaran Daring Hybrid

Pandemi covid memang memberikan perubahan besar, terlebih lagi dunia pendidikan. Mau tidak mau sektor tersebut harus memanfaatkan teknologi menjadi tools utama dalam proses belajar mengajar. Bahkan muncul pula konsep pendidikan hybrid model.

Hybrid model ini merupakan suatu metode pembelajaran, dimana akan menggabungkan belajar online beserta tatap muka. Proses seperti ini merupakan langkah yang akan diambil ketika sudah berada pada kondisi cukup memungkinkan.

3. Pembelajaran Daring Berkonsep Tour

Model pembelajaran online lain sehingga tidak akan membuat para siswa bosan ialah dengan menggunakan konsep tour. Bisa dikatakan metode seperti ini hampir mirip dengan study tour yang biasanya dilakukan pada tiap semester, tapi dilakukannya secara virtual.

Hal tersebut juga sebetulnya telah difasilitasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Di mana mereka sudah melakukan kerja sama dengan Google, agar memasukkan beberapa museum ataupun situs ke dalam suatu platform Google art and culture, siswa pun bisa lebih antusias.

4. Proses Pembelajaran Daring dengan Video

Mengenai metode belajar mengajar dengan menggunakan video memang paling umum dilakukan. Para pengajar nantinya hanya merekam diri ketika menyampaikan suatu materi, kemudian para siswa pun bisa menyaksikan hasil rekaman tersebut dari suatu platform.

Ketika sudah menyelesaikan menonton video materi, maka para guru pun dapat memberikan soal ataupun membuat suatu forum diskusi dalam memecahkan suatu masalah. Hal seperti ini diyakini cukup efektif dalam menciptakan ruang interaktif bagi seluruh siswa.

Persyaratan Pembelajaran Online yang Efektif

Dengan adanya keterbatasan dari jarak ataupun teknologi biasanya memicu kurang efektifnya dari proses pembelajaran secara online. Tapi rupanya hal itu dapat diatasi asalkan para pengajar ataupun peserta didik sama-sama membenahi keterbatasan tersebut. Berikut ini merupakan syaratnya:

1. Adanya Time Management

Wali murid sering kali mengeluhkan betapa sulitnya para siswa dalam mengolah waktu dengan benar. Dikarenakan terlalu asyik belajar dari rumah, kebanyakan anak justru memakai gadget tersebut untuk bermain game pada akhirnya menunda tugas yang diberikan oleh guru.

Maka dari itu, sangat diperlukan suatu komitmen, sama maupun ketegasan dari semua pihak. Dari pengajar, peserta didik dan juga wali murid. Karena intinya proses pembelajaran secara online ini dapat sesuai dengan timeline.

2. Punya Perangkat Mumpuni

Minimal untuk perangkat yang dipakai agar bisa menunjang kelancaran proses belajar mengajar secara online adalah smartphone. Sebetulnya tidak perlu HP spesifikasi tinggi, ketika bisa mengakses internet dengan baik serta punya kapasitas untuk menyimpan aplikasi belajar, maka sudah cukup.

Dengan cara ini nantinya para siswa pun dapat mengikuti proses pembelajaran daring secara lebih efektif. Ketika tidak memiliki perangkat mumpuni tentu saja akan terkendala dan bisa ketinggalan materi belajar.

3. Punya Ruang Sendiri Untuk Belajar

Suasana belajar di dalam sekolah maupun di rumah memang akan berbeda. Jika di dalam hunian, maka belajar sendiri bisa menimbulkan rasa bosan bahkan fokus pun tidak bisa maksimal. Lalu apa yang harus dilakukan?

Oleh karena itu, sebagai orang tua maka wajib untuk bisa menyediakan ruang belajar yang nyaman. Tapi juga sekaligus menyenangkan bagi anaknya, fokus dalam mempelajari materi pun bisa lebih baik.

4. Grup Belajar

Agar dapat memastikan proses dari pembelajaran secara online dapat dipahami para siswa. Maka setiap pengajar pun diwajibkan membuat grup obrolan agar bisa menjadi wadah para peserta didik untuk bertukar pikiran. Dengan ini, guru dapat mengenali kemampuan individu para murid.

Demikianlah sekilas informasi mengenai model pembelajaran online, pastikanlah untuk memahaminya. Karena hatinya proses dari belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar.

0 Response to "Model Pembelajaran Online Terbaik Saat Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel