Penjelasan Lengkap Tentang Model Pembelajaran Problem Solving

Metode ini merupakan suatu cara yang dilakukan untuk dapat melatih para siswa ketika menghadapi berbagai macam masalah. Kemudian nantinya mampu memecahkan sendiri secara bersamaan. Agar lebih paham tentang artinya, inilah penjelasan singkat model pembelajaran problem solving:

Definisi Problem Solving Menurut Para Ahli

Para ahli sendiri juga mengemukakan tentang apa sebetulnya problem solving tersebut.  Agar Anda tidak kebingungan, pahami terlebih dahulu bagaimana definisi dari metode pembelajaran ini.

1. Menurut Purwanto

Beliau mengemukakan jika problem solving ini merupakan suatu proses dengan memakai suatu teknik, cara ataupun strategi dalam menghadapi situasi baru. Dimana nantinya punya keadaan yang sesuai dengan keinginan.

2. Menurut Sutaji

Metode ini menurut beliau adalah suatu pengajaran yang dimulai dengan pertanyaan lalu mengarahkan kepada konsep, hukum beserta prinsip. Baru setelah itu dilanjutkan dengan adanya aktivitas dalam memecahkan suatu masalah dengan adanya penerapan model pemecahan problem.

3. Definisi dari Gulo

Pernyataan beliau di dalam buku cetakan tahun 2002 halaman 111, di mana problem solving ini menjadi suatu metode yang akan memberikan pengajaran dalam menyelesaikan suatu masalah. Dengan cara melakukan penekanan pada penyelesaian problem secara menalar.

4. Menurut Syaiful Bahri djamarah

Model pembelajaran ini, bukan hanya suatu metode mengajar tapi juga cara untuk berpikir. Karena dengan adanya problem solving maka dapat menggunakan langkah lain untuk bisa mencari data sampai mendapatkan kesimpulan.

5. Hidayati

Beliau memberikan pendapatnya mengenai metode ini didasarkan dari kesadaran terhadap kenyataan. Bahwa mengajar itu bukanlah sekedar melakukan pidato ataupun mentransfer ilmu pengetahuan kepada murid.

Akan tetapi, proses mengajar merupakan cara untuk meneliti dengan seksama, menyelidiki, mencari, menganalisis, memikirkan bahkan sampai menemukan.

6. Pendapat Sanjaya

Beliau setuju dengan pendapat sebelumnya, metode pemecahan suatu masalah ini menjadi suatu materi pelajaran tidak akan terbatas pada buku saja. Namun juga akan bersumber dari adanya beberapa kejadian atau peristiwa yang ada disekitar dan tentunya sesuai dengan kurikulum.

Metode pembelajaran pemecahan masalah seperti ini adalah suatu strategi agar bisa melatih para siswa ketika menghadapi berbagai macam permasalahan. Entah itu melakukan pemecahan problem sendirian ataupun secara bersama-sama.

Langkah-langkah Problem Solving Menurut Wankan dan Oreovocz

Sebetulnya dalam metode pembelajaran problem solving terdapat beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu. Tapi beberapa ahli juga mengemukakan adanya perbedaan di antara tahapan wajib dilaksanakan. Berikut ini merupakan alasan menurut Wankan dan Oreovocz:

1. I Can atau Saya Mampu

Pada tahapan pertama ini adalah langkah yang sangat cocok untuk membangkitkan motivasi ataupun membangun serta menumbuhkan keyakinan di dalam diri para siswa. Tentunya hal ini merupakan suatu hal penting dalam problem solving.

2. Mendefinisikan

Pada langkah kedua ini Anda harus membuat daftar perihal yang memang diketahui serta tidak diketahui. Caranya ialah dengan memakai gambar grafis agar mampu memperjelas suatu problem.

3. Membuat Perencanaan

Melakukan pengembangan suatu cara berpikir logis siswa dalam menganalisis suatu masalah. Serta memakai flowchart agar dapat memberikan gambaran dari suatu problem yang tengah dihadapinya.

4. Proses Mengerjakan

Membimbing para murid atas secara sistematis agar bisa memperkirakan jawaban. Dimana hal itu mungkin saja menjadi suatu langkah dalam pemecahan suatu masalah.

5. Mengoreksi Kembali

Tahapan ini merupakan proses dalam membimbing para siswa agar bisa mengecek kembali jawaban yang telah dibuat. Karena mungkin saja terdapat beberapa kesalahan, dimana pada akhirnya tidak akan membuat permasalahan terpecahkan.

6. Generalisasi

Sedangkan tahapan terakhir ini merupakan proses pembimbing para siswa agar bisa mengajukan suatu pertanyaan.

Langkah-langkah Problem Solving dari Dewey Dalam W.Gulo

Selanjutnya ini merupakan tahapan-tahapan dari model pembelajaran problem solving. Di mana terdapat kurang lebih 6 langkah. Tidak perlu berlama-lama, berikut ini adalah penjelasan lebih detailnya:

1. Perumusan Suatu Masalah

Langkah awal untuk bisa menyelesaikan suatu masalah ialah dengan mengetahui ataupun merumuskan suatu masalah dengan sejelas mungkin.

2. Menelaah Problem (Masalah)

Apabila telah membuat rumusan masalah yang detail maka Anda harus melakukan analisis suatu program tersebut. Di mana proses menganalisa ini harus dilihat dari berbagai macam sudut pandang.

3. Perumusan Hipotesis

Berimajinasi ataupun menghayati ruang lingkup, maka akan mengetahui sebab akibat. Kemudian alternatif seperti apa yang harus dilakukan untuk melakukan penyelesaiannya.

4. Pengelompokan Data

Pada saat bahan hipotesis telah terkumpul maka pastikanlah untuk menyusun seluruh data tersebut. Baik itu pengelompokan dilakukan dengan bentuk diagram, tabel maupun gambar. Hal ini akan memudahkan Anda untuk membaca setiap detail yang telah dikumpulkan.

5. Melakukan Pembuktian Hipotesis

Pastikanlah untuk memiliki kecakapan dalam menelaah serta membahas setiap data. Paham bagaimana proses menghubungkan serta menghitung dari setiap hal yang telah terkumpul. Kemudian Anda dapat mengambil suatu kesimpulan dari hipotesis.

6. Penentuan Pilihan Penyelesaian

Ketika semua hal tersebut telah dilakukan maka pastinya punya alternatif dalam penyelesaian suatu problem. Dimana hal tersebut, Anda telah memperhitungkan akibat apa yang terjadi pada setiap opsi.

Tujuan Metode Pembelajaran Problem Solving

Tentu saja metode pembelajaran seperti ini memiliki tujuan, yang mana hal tersebut sangat berguna untuk kehidupan masa depan para siswa. Sudah penasaran bukan apa saja, berikut ini adalah daftar dari beberapa diantaranya:

1. Mampu Mengembangkan Kemampuan Berpikir Anak

Adanya metode pembelajaran problem solving seperti ini dapat melatih para siswa dalam berbagai macam teknik mendekati ataupun mengambil suatu langkah ketika mendapatkan suatu masalah. Agar permasalahan tersebut bisa terselesaikan.

2. Menambah Pengetahuan Dan Kecakapan Praktis

Perlu diketahui, pembelajaran seperti ini dapat memberikan dasar-dasar pengalaman praktis mengenai bagaimana cara dalam memecahkan suatu masalah. Kemudian dengan adanya kecakapan tersebut bisa diterapkan dalam menghadapi berbagai macam problem lain di dalam masyarakat.

Kelebihan Metode Problem Solving

Sebetulnya kelebihan dari adanya model pembelajaran seperti ini sangat bagus untuk tumbuh kembang para peserta didik. Maka dari itu, para pengajar juga harus mengetahui apa saja keunggulannya. Berikut ini penjelasannya:

1. Hidup Lebih Relevan

Rupanya metode pembelajaran seperti ini akan membuat pendidikan yang ada dalam sekolah jauh lebih relevan dengan kehidupan para peserta didik. Terlebih lagi pada dunia kerja, sehingga mereka pun tidak akan kaget ketika menghadapi suatu problem.

2. Peserta Didik Lebih Terampil

Proses belajar mengajar dengan menggunakan metode pemecahan masalah akan membiasakan para peserta didik dalam menghadapi problem secara terampil.

Terlebih lagi ketika menghadapi suatu permasalahan di dalam kehidupan keluarga, bermasyarakat ataupun saat bekerja kelak. Intinya pembelajaran seperti ini memiliki makna kehidupan setiap orang.

3. Siswa Akan Lebih Kreatif

Model pembelajaran seperti ini mampu merangsang pengembangan dari kemampuan berpikir siswa secara kreatif dan juga menyeluruh. Sebab untuk proses pembelajarannya, siswa nantinya banyak melakukan mental yaitu menyoroti permasalahan dari berbagai macam segi.

Itulah sekilas informasi mengenai model pembelajaran problem solving. Dikarenakan punya banyak kelebihan dan manfaat, metode seperti ini patut untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari.

0 Response to "Penjelasan Lengkap Tentang Model Pembelajaran Problem Solving"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel