Macam-macam Strategi Belajar di Rumah

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, apabila saat ini masih banyak sekolah menerapkan belajar online. Jadi, sebagai seorang murid juga harus bisa mempunyai strategi belajar di rumah. Dengan begitu, nantinya tidak akan ketinggalan setiap materi dijelaskan oleh guru.

Macam-macam Strategi Belajar di Rumah

Macam-macam Strategi Belajar di Rumah Online dari Pendidik

Bisa dikatakan belajar di rumah tanpa adanya tatap muka sama sekali cukup sulit. Sebab para murid nantinya tidak bisa memahami dengan detail apa materi yang disampaikan. Tapi, inilah beberapa hal perlu dilakukan agar nantinya proses dari pembelajaran bisa berjalan dan lancar.

1. Membuat Perencanaan Pembelajaran

Salah satu kunci dalam kesuksesan pembelajaran secara online, adalah pembuatan rencana mengajar ataupun lesson plan. Ketika ingin membuat suatu perencanaan, seorang guru juga harus bisa menentukan apa tujuan dari proses belajar tersebut.

Buatlah pula struktur pembelajaran, bahan ajar seperti apa yang akan dipakai. Kemudian media dalam transfer ilmu juga harus sesuai, melakukan evaluasi serta membuat manajemen kelas.

2. Menetapkan Manajemen Waktu

Mengatur waktu dengan tepat, dimana harus mengerjakan suatu tugas secara fokus. Kebiasaan para murid akan mengerjakannya ketika berada di menit-menit terakhir mengumpulkannya. Maka dari itu, pastikanlah untuk selalu membiasakan diri selalu menyelesaikannya di awal waktu.

3. Menyiapkan Teknologi yang Dibutuhkan

Strategi lain dalam belajar di rumah juga harus bisa menyiapkan teknologi yang sesuai kebutuhan. Karena tidak semua sekolah akan bisa memberikan suatu layanan belajar secara daring dari rumah. Maka, sebagai seorang siswa juga harus bisa menyediakan media pembelajaran sendiri.

Contohnya saja seperti smartphone, kemudian menyediakan komputer ataupun tablet. Meskipun tidak menggunakan PC, pastikanlah semua peralatan tersebut bisa terhubung ke jaringan internet. Oleh karena itu, cek secara berkala kuota yang Anda butuhkan.

4. Harus Serius saat Waktu Belajar

Strategi belajar di rumah berikutnya harus selalu serius ketika memahami materi. Terdapat kesalahan yang sangat sering dilakukan oleh siswa ketika remote learning. Di mana mereka selalu tergoda untuk menonton video ataupun mengakses media sosial.

Maka dari itu, pastikanlah untuk selalu bagus serta konsisten dengan waktu belajar yang sebelumnya telah ditetapkan. Kemudian hindari pola distraksi dengan adanya potensi mengganggu proses pembelajaran.

5. Selalu Jaga Komunikasi Dengan Teman Sekelas

Proses penyesuaian diri ketika belajar sendiri di rumah adalah harus bisa selalu berkomunikasi dengan para pengajar ataupun teman kelas lain. Bahkan, ketika dibutuhkan bisa membuat suatu grup khusus yang amat berguna untuk membahas pembelajaran.

Meskipun tidak harus dilakukan secara tatap muka, namun cara seperti ini akan membuat komunikasi di antara para peserta didik tidak terputus. Kemudian tenaga pengajar pun juga bisa mengenal karakter setiap muridnya.

6. Pahami Irama Dan Jam Biologis Badan

Apa maksudnya? Setiap orang pastinya memiliki kemampuannya sendiri perihal jam biologis badan dan juga irama kerja. Sebagian mungkin saja akan lebih aktif ketika di pagi hari, tapi ada pula yang mampu berkonsentrasi secara penuh ketika bekerja di malam hari.

7. Jangan Menunda Mengerjakan Tugas

Agar tugas bisa selesai tepat waktu maka buatlah suatu jadwal ataupun target secara tersusun. Dengan begitu, dapat mendahulukan apa yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Itulah sekilas informasi mengenai bagaimana strategi belajar di rumah yang cocok diterapkan pada masa pandemi. Pastikan pula, para orang tua menyediakan fasilitas mumpuni sehingga anak mampu berkonsentrasi. Dimana hal tersebut, dapat menunjang kelancaran dari proses belajarnya.

0 Response to "Macam-macam Strategi Belajar di Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel