Model Pembelajaran Matematika SD Kelas Rendah

Matematika adalah mapel yang memang sudah diajarkan kepada anak di sekolah dasar. Memberikan dasar-dasar mengenai hitung, sebagai bekal mempelajari rumus yang lebih kompleks. Cara belajarnya pun sangat berbeda dan memakai model pembelajaran matematika SD kelas rendah.

Model Pembelajaran Matematika SD Kelas Rendah

5 Model Pembelajaran Matematika SD Kelas Rendah

Ada banyak sekali model pembelajaran yang diterapkan dalam mempelajari matematika di sekolah dasar. Setiap tekniknya dibuat dan dirangkum dengan mudah menggunakan berbagai aktivitas menyenangkan. Apalagi anak-anak tidak memiliki banyak time span ketika belajar. 

1. Model Pembelajaran Matematika Realistik

Biasanya, model pembelajaran ini mengaitkan setiap aspek di dalam matematika dengan lingkungan atau realita kehidupan. Memberikan pemahaman kepada peserta didik mengenai rumus-rumus yang digunakan dengan bantuan fasilitas serta alat penunjang lainnya. 

Ada beberapa langkah yang harus seorang pendidik lakukan untuk menerapkan model pembelajaran ini. Pertama, memahami masalah kontekstual. Kedua, menjelaskan masalah kontekstual. Ketiga, menyelesaikan masalah kontekstual. Keempat, melakukan perbandingan. Kelima, menyimpulkan.

2. Model Pembelajaran Jigsaw

Apakah Anda mengenal permainan yang dinamakan dengan Jigsaw? Model pembelajaran menggunakan game ini bisa diterapkan. Mengikutsertakan beberapa kelompok peserta didik untuk saling berdiskusi dalam menyelesaikan masalah mengenai matematika. 

Tentu diskusi tersebut tidak bersifat kompleks, pasalnya anak SD masih belum terlalu mengerti mengenai hal tersebut. Caranya dengan memberikan materi berbeda pada setiap anggota tim. Namun, menyelesaikannya harus dengan bekerja sama agar semua persoalan bisa terselesaikan. 

3. Model Pembelajaran Role Playing

Role playing adalah jenis permainan kedua yang bisa Anda terapkan sebagai model pembelajaran matematika tingkat SD. Tentu anak-anak di sekolah dasar akan menyukai game, karena pertumbuhan mereka masih dalam proses untuk mencerna berbagai hal.

Maka dari itu, penting bagi Anda sebagai pendidik untuk menciptakan ruang kelas yang nyaman dan menyenangkan. Model pembelajaran ini bisa dilakukan dengan menggunakan skenario dan diberikan kepada peserta didik, kemudian mereka diminta untuk mendemonstrasikan apa yang didapat. 

4. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah

Model pembelajaran ini berkaitan dengan interaksi antar guru, peserta didik, dan siswa lainnya. Teknik ini mencakup beberapa hal, seperti pendekatan, metode, serta teknik pembelajaran yang diterapkan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. 

Metode ini juga membantu untuk mengatasi kesulitan peserta didik dalam belajar. Adapun 5 tahap yang perlu dilakukan oleh guru. Pertama, tahap mengorientasikan siswa pada masalah. Kedua, mengorganisasi siswa untuk belajar. Ketiga, membimbing individu atau kelompok. Keempat, mengembangkan dan menyajikan hasil pengamatan. Kelima, guru menganalisa dan mengevaluasi hasil karya. 

5. Metode Pembelajaran Menggunakan Game Seru

Untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta nyaman, sebagai pendidik Anda harus memungkinkan berbagai hal guna merealisasikan hal tersebut. Metode pembelajaran menggunakan game seru akan sangat membantu dalam membuat ruangan menjadi lebih nyaman. 

Pembelajaran menggunakan game akan lebih memudahkan peserta didik dalam memahami materi pelajaran, seperti matematika. Mengapa demikian? Karena mereka tidak merasa tertekan dan menikmati. Apalagi, tingkat kebosanan anak SD sangatlah rentan terjadi. 

Dengan menggunakan game, Anda bisa menarik perhatian anak-anak untuk waktu yang cukup lama dari biasanya. Selain itu, materi pelajaran yang sudah disampaikan bisa terus melekat di dalam pikiran mereka nantinya. 

Itu tadi informasi mengenai model pembelajaran matematika SD kelas rendah. Sebelum memberikan materi pelajaran matematika, alangkah baiknya Anda sebagai pendidik menyiapkan berbagai media guna menunjang keberlangsungan proses belajar mengajar tersebut agar bisa berjalan dengan baik.

0 Response to "Model Pembelajaran Matematika SD Kelas Rendah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel