Iklan Bawah Header

Bingung Gimana Cara Belajar yang Efektif dan Efisien? Simak Penjelasan Ini! Dijamin Manjur

Belajar merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh tambahan ilmu tertentu. Ada berbagai langkah-langkah bisa diterapkan, asalkan diri merasa nyaman. Kalau Anda tidak memiliki banyak waktu belajar, cobalah menerapkan cara belajar yang efektif dan efisien di bawah ini!

Cara Belajar yang Efektif dan Efisien

6 Cara Belajar yang Efektif dan Efisien

Belajar sebenarnya merupakan hal yang menyenangkan jika Anda mengetahui metodenya. Proses belajar tidak akan membosankan atau penuh dengan tekanan. Untuk menerapkannya, diri perlu tahu beberapa cara belajar yang efektif dan efisien supaya hasil pembelajaran bisa lebih berarti.

1. Membuat Suasana Belajar Menjadi Lebih Nyaman

Cara pertama yakni Anda harus membuat diri nyaman terlebih dahulu. Jangan memaksakan kondisi jika memang belum ingin belajar. Beristirahatlah secara cukup agar energi dan semangat kembali terisi penuh, sehingga bisa melanjutkan proses belajar lagi.

Juga perlu membuat suasana belajar menjadi lebih nyaman dan juga menyenangkan. Jika suka belajar sambil mendengarkan musik, cobalah untuk belajar di sebuah coffee shop. Mencari suasana baru akan merubah pandangan Anda mengenai apa itu belajar sebenarnya. 

2. Merangkum Setiap Pokok Pembelajaran

Ketika Anda sudah mempelajari sebuah materi, langsung simpulkanlah. Ambil penting-pentingnya saja, jangan ditulis semuanya. Menulis setiap kesimpulan bisa dengan menggunakan spidol atau alat tulis berwarna lainnya. 

Cara tersebut akan membantu Anda dalam mencari materi yang sudah ditulis. Selain itu, mata akan merasa nyaman ketika melihatnya. Ini juga dapat membantu dalam meningkatkan semangat belajar agar bisa terus meningkat nantinya. 

3. Belajar Secara Berkelompok

Bukankah segala hal yang dilakukan secara bersama akan terasa mudah dan menyenangkan? Cobalah untuk mengubah teknik belajar Anda yang biasanya sendiri, sekarang mulai belajar dengan kelompok. Anda dapat melakukan diskusi serta bertukar mengenai pengetahuan satu sama lainnya. 

Apalagi jika ada sesuatu yang tidak dipahami, belajar bersama akan memudahkan hal tersebut. Hal ini terjadi karena setiap individu dalam kelompok memiliki sudut pandang masing-masing. Selain itu, beban di dalam pikiran bisa diturunkan, sehingga diri menjadi lebih santai dan juga rileks saat belajar. 

4. Mengerti Bukan Menghafal

Menghafal memang terdengar sangat mudah, apalagi bagi mereka yang kesulitan dalam sebuah mata pelajaran. Mereka akan lebih memilih untuk menghafal setiap huruf dan bab daripada memahaminya. Padahal, cara paling penting adalah dengan mengerti materi tersebut. 

Menghafal hanya bisa bertahan beberapa waktu saja. Jika sudah berjalan cukup lama, pasti Anda akan melupakan hafalan tersebut. Berbeda jika diri memahami dan juga mengerti mengenai materi pelajaran itu, pemahaman akan selalu melekat di dalam pikiran hingga kapanpun. 

5. Belajar Secara Rutin

Belajar bukan hanya sekali, kemudian libur hingga berkali-kali. Anda harus belajar secara rutin, namun jangan terlalu lama. Karena jika menggunakan waktu terlalu lama, pasti diri akan merasa bosan, sehingga semua materi yang sudah dipelajari bisa terlupakan begitu saja.

Belajar yang baik itu, rutin namun dalam rentan waktu tertentu. Remaja biasanya mampu menyerap materi selama 1 hingga 2 jam. Jika lebih dari itu, semua pembelajaran yang diberikan tidak akan masuk atau sulit dipahami, sehingga proses belajar pun menjadi sia-sia. 

Itu tadi informasi berkaitan dengan cara belajar yang efektif dan efisien. Jika Anda ingin mencapai sebuah target, maka cobalah untuk memperbaiki metode belajar agar lebih baik ke depannya. Tujuannya adalah agar semua materi yang sudah dipelajari bisa terus dipahami dan melekat di otak. 

0 Response to "Bingung Gimana Cara Belajar yang Efektif dan Efisien? Simak Penjelasan Ini! Dijamin Manjur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel