Iklan Bawah Header

Model Pembelajaran Mind Mapping

Terdapat banyak sekali model pembelajaran yang diterapkan seiring berjalannya waktu. Salah satunya yakni model pembelajaran mind mapping. Memfokuskan pada keterampilan, kreativitas, dan daya hafal, serta pengetahuan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Model Pembelajaran Mind Mapping

Pengertian Model Pembelajaran Mind Mapping

Pembelajaran menggunakan teknik mind mapping merupakan salah satu kegiatan yang menekankan pada kemampuan, keterampilan, pengetahuan, daya hafal, dan juga kreativitas peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. 

Peta pikiran yang dibuat diharapkan mampu memberikan manfaat sangat signifikan kepada setiap individu. Pasalnya, metode ini diterapkan untuk melakukan pencatatan pikiran secara kreatif, sehingga Anda mampu mengingat berbagai informasi yang tersimpan di otak. 

Metode mind mapping menggunakan konsep pembelajaran yang dilakukan secara komprehensif total-mind learning. Metode ini memfokuskan pada daya pikir Anda dalam mengingat sesuatu dan meningkatkan kreativitas serta memperhatikan kondisi di lingkungan sekitarnya. 

Karakteristik Metode Mind Mapping

Adapun beberapa hal yang membedakan metode belajar mind mapping ini dengan lainnya. Karakteristik tersebut dapat terlihat secara jelas. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya agar Anda mendapatkan penjabaran secara mendetail nantinya!

1. Otak Memproses Informasi Secara Bercampuran

Karakteristik pertama berkaitan dengan cara otak memproses informasi secara bercampuran. Campuran disini maksudnya adalah, bisa berbentuk gambar, bunyi, aroma, pikiran, dan juga perasaan yang dialami oleh setiap individunya. 

Nantinya, informasi tersebut akan dipisahkan ke dalam bentuk linear. Misalnya, seperti dalam bentuk tulisan. Cara ini dapat mempermudah Anda dalam mengingat segala data yang ada di dalam pikiran. Kemudian, bisa menuliskannya kembali secara lancar seperti apa yang terbaca sebelumnya. 

2. Ingatan Mengenai Informasi dalam Bentuk Gambar

Pemprosesan dan penyimpanan informasi di dalam otak bukan hanya dilakukan secara linear. Ketika seseorang mengingat sesuatu, ingatan tersebut akan terbentuk lebih spesifik. Misalnya, berkaitan dengan warna, bunyi, aroma, dan masih banyak lainnya. 

Anda dapat menuliskan hasil ingatan tersebut dengan membuat gambaran-gambaran umum serta diberi hiasan supaya bisa menampakkan nilai seninya. Cara ini bertujuan agar setiap individu mampu mengingat kembali materi yang sudah diajarkan, meningkatkan pemahaman materi, dan lain sebagainya.

Kelebihan Mind Mapping

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mungkin beberapa dari Anda sudah mengerti atau mengetahui mengenai apa saja kelebihan dari metode mind mapping ini. Simaklah penjelasan mendetail di bawah supaya pemahaman menjadi lebih luas!

1. Membantu Otak dalam Mengingat 

Kelebihan yang ditawarkan oleh metode mind mapping ini mampu membantu otak dalam mengingat. Karena penjabaran materi dibuat lebih menarik dengan memfokuskan pada media visual yang sangat penting bagi peserta didik dalam mempelajari setiap materi pelajaran dengan lancar. 

Selain itu, peserta didik juga mampu membandingkan dan mengatur setiap informasi. Apakah data yang disajikan sudah sesuai dengan fakta atau tidak. Karena kemampuan pikiran dalam mengingat bisa terus ditingkatkan ada  informasi baru. 

2. Pembahasan dalam Pelajaran Lebih Mudah Dipahami

Menggunakan metode mind mapping, guru dapat memastikan peserta didiknya untuk memahami materi yang sedang disampaikan. Siswa akan lebih mudah dalam mempelajari pembahasan di dalam kelas dengan menerapkan peta pikiran tersebut. 

Di samping itu, peserta didik dapat menduga sendiri setiap kesimpulan dari materi yang sedang disampaikan. Kata lainnya, pikiran mereka akan terus berusaha untuk memperoleh informasi berkaitan dengan pembelajaran yang sedang berlangsung tersebut. 

Demikianlah informasi tentang model pembelajaran mind mapping yang sudah banyak diterapkan oleh lembaga bimbingan formal maupun non formal. Merupakan salah satu kunci paling penting dalam membantu peserta didik mengingat berbagai materi pelajaran. 

0 Response to "Model Pembelajaran Mind Mapping"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel