Iklan Bawah Header

Tips Belajar Tenses Bahasa Inggris Super Mudah



Menurut banyak orang, belajar tenses bahasa Inggris merupakan pekerjaan yang sulit. Belajar tenses yang membutuhkan kepandaian dalam mengingat dan menghafal menjadi tantangan bagi banyak orang. Lantas bagaimana tips dan trik untuk belajar tenses yang seru dan menyenangkan? Berikut ini caranya.

Apa Itu Tenses?

Sebelum mulai belajar, pembaca bisa mengetahui lebih dulu apa maksud dari tenses. Tenses merupakan istilah untuk sebuah aturan mengenai tata bahasa atau dikenal dengan grammar yang ada pada bahasa Inggris. Biasanya dipakai seseorang untuk menunjukkan waktu serta keadaan.

Tenses bisa diartikan juga dengan perubahan bentuk dari kata kerja berdasarkan waktu-waktu tertentu. Pola perubahan dari tenses sesuai dengan kejadian berlangsungnya, bisa berupa bentuk lampau, saat ini, masa mendatang, ataupun terus berlangsung. Bentuk inilah yang harus dikuasai saat belajar tenses.

Pentingnya Tenses

Saat memutuskan mulai belajar bahasa Inggris, seseorang tidak bisa menghindari materi tenses. Sehingga seringkali muncul pertanyaan, mengapa tenses sangat penting? Materi tenses adalah basic yang harus dikuasai saat belajar bahasa Inggris. Saat menguasai tenses seseorang dengan mudah mengembangkan bahasa Inggrisnya.

Di masa kini, bahasa Inggris merupakan hal penting yang digunakan dalam dunia kerja. Saat mendaftar ke sebuah perusahaan misalnya, banyak industri membutuhkan tenaga kerja yang menguasai bahasa Inggris dengan baik. Tenaga kerja diharapkan sanggup berkomunikasi dengan aturan bahasa yang sesuai.

Bahasa Inggris diperlukan untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Biasanya universitas luar negeri mengharuskan seseorang mengikuti Toefl atau Ielts dengan batas skor tertentu. Jika seseorang telah menguasai tense dengan baik, maka bisa dengan mudah mendapatkan skor tinggi.

Macam-Macam Tenses

Saat belajar tenses bahasa Inggris akan dipelajari juga mengenai macam-macam jenisnya. Tenses punya empat macam yang masing-masingnya dibagi menjadi 16 bagian lagi. Namun, tidak semuanya harus dikuasai, berikut adalah jenis tenses yang paling sering dipakai untuk percakapan Inggris.

  • Present tense. Biasanya dipakai saat seseorang menyatakan kejadian yang berulang-ulang misalnya saat menyatakan hobi ataupun aktivitas sehari-hari. Selain kegiatan berulang, present tense juga dipakai saat menyatakan fakta. Rumusnya yakni S+V1 (+S/ES).
  • Present continuous tense. Biasa dipergunakan saat menyatakan kejadian masa kini dan di saat waktu pembicaraan. Continuous tense juga dipakai untuk aktivitas yang nantinya akan terjadi dengan menyebuTKan keterangan. Rumusnya yakni S+to be(is, are, am)+V ing.
  • Present perfect tense. Umumnya dipakai saat menceritakan tindakan yang sedang berlangsung maupun baru terjadi. Nah biasanya kalau perfect tense menggunakan tambahan keterangan waktu, misalnya for, just, never, dan lainnya. Tenses ini menggunakan rumus Subjek+have/has+Verb3.
  • Simple past tense. Dipakai saat membicarakan tindakan-tindakan di masa lampau. Past tense menggunakan kata keterangan seperti yesterday, last morning, dan two year ago. Untuk rumusnya, past tense menggunakan S+V2(past form).
  • Past continuous tense. Merupakan jenis tenses kompleks yang biasanya dipakai saat menyatakan kejadian di masa lalu. Mirip seperti simple past yang menceritakan masa lampau, bedanya continuous tense ini bisa menyatakan dua kejadian masa lalu. Untuk past continuous ini rumusnya Subjek+was/were+V-ing(continuous form).
  • Past perfect continuous. Dipakai untuk menjelaskan peristiwa lampau dan telah usai, jadi berbeda dengan past perfect tense yang lebih menekankan waktu kejadian. Rumusnya yakni S+had+been+V ing(continuous form).

Tips Belajar Tenses Bahasa Inggris

Saat mempelajari kosa kata Inggris, tak lepas dari yang namanya tenses. Meski cukup sulit dipelajari, ada cara agar cepat menguasai materi tense. Berikut ini tips dan triknya.

1. Kenali Konsep Verb

Langkah awal ialah mengenali konsep kata kerja atau verb. Terdapat 3 kata kerja yakni saat ini, lampau, serta masa mendatang. Setelah mengetahui jenisnya, pahami cara mengubah verb kedua dan tiga.

Untuk mengubah bentuk, ketahui bahwa verb digolongkan menjadi regular serta irregular. regular hanya perlu menambahkan ed atau d saja, sedangkan irregular punya istilahnya tersendiri.

2. Pahami Konsep Serta Fungsinya

Terdapat tiga bentuk tense yang harus dipahami. Pertama ada present tense untuk menyatakan kebiasaan dan fakta. past tense menjelaskan masa lampau, serta tenses future untuk waktu mendatang.

Setiap jenis ini punya rumusan yang berbeda-beda. Dengan memahami rumusnya, maka pembaca akan lebih mudah mempelajarinya.

3. Pahami Kata Kunci tenses

Pembaca harus bisa mengingat kata kunci dari tiap tensesnya. Jadi pada sebuah kalimat, bisa dicari lebih dulu kata keterangannya. Sebagai contoh dalam jenis present tense, maka seringkali ditemukan kata every day ataupun once a week.

Sedangkan pada past tense biasa ditemukan kalimat yesterday, last week, ataupun two years ago. Untuk mempermudah menghafal kata kunci yang cukup banyak, pembaca bisa membuat sebuah tabel ringkasan.

4. Pakai To Be Yang Sesuai

Nah perlu diketahui untuk penggunaan to be tidak bisa asal-asalan. Penggunaan to be harus disesuaikan dengan subjek yang ada pada kalimatnya. Sesuaikan juga to be dengan tenses yang digunakan.

Seperti pada present tense yang memakai is biasanya menggunakan she, he, atau it. Pahami dan sesuaikanlah to be yang akan digunakan dalam kalimat.

5. Perbanyak Percakapan

Jika ingin lancar berbahasa Inggris salah satu caranya dengan memperbanyak latihan percakapan. Pembaca bisa mempraktekkan bahasa Inggris yang sudah dipelajari bersama teman atau keluarga.

Lakukan percakapan secara rutin agar kemampuan berbahasa semakin baik. Jangan lupa untuk menghafal dan memperbanyak kosa kata baru.

Nah itulah tadi lima tips mudah yang bisa dilakukan untuk membantu pembaca dalam mempelajari tenses. Pada dasarnya untuk belajar tenses harus ada kemauan dalam diri agar saat menekuninya terasa mudah. Bagaimana? Apakah pembaca minat belajar tenses bahasa Inggris?

0 Response to "Tips Belajar Tenses Bahasa Inggris Super Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel