Iklan Bawah Header

Ketahui Cara Mengajar Anak Les TK Paling Ampuh



Belajar memang sebuah kepentingan untuk menciptakan suatu generasi lebih hebat. Khususnya anak-anak TK. Cara mengajar les anak TK bisa dikatakan begitu berbeda dengan anak yang sudah remaja. Karena anak TK belum membutuhkan suatu perhitungan yang rumit dan masih harus mengembangkan kreativitasnya.

Anak TK tidak mudah diperintah begitu saja, sehingga rasa bosan yang kerap ada ini membuat para guru les harus mencari sesuatu yang berbeda agar nantinya pembelajaran sesuai harapan. Cara dan trik harus dikerahkan agar tutor dan murid sama sama menikmati. Berikut cara yang dilakukan dalam mengajari les anak TK, yaitu:

1. Gunakan Metode Gambar

Satu diantara begitu banyak, mengajar anak TK ini bisa dilakukan dengan selalu memanfaatkan metode menggambar. Anak TK belum sepenuhnya bertumbuh bagian tulang tangannya, jadi tidak boleh jika dipaksakan selalu berhitung dengan menekan terus menerus menggunakan jari. Usahakan dengan relaksasi ketika menggambar.

Sebagai gambaran, cara mengajar les anak TK untuk materi berhitung bisa gunakan gambar dari buah buahan dan anak diminta untuk menunjuk sehingga dapat melakukan perhitungan bersama. Menjumlahkan setiap gambar dengan gambar lainnya perlahan akan menambah wawasan bidang perhitungan anak TK.

2. Ajak Belajar Sambil Bernyanyi

Kedua, para guru anak TK ini bisa mengajak murid les untuk menyanyikan beberapa nyanyian klasik tentang pelajaran. Contohnya, nyanyian untuk menghitung, nyanyian untuk nama nama dari hari, dan juga bisa untuk suara hewan. Dengan hal sederhana ini, anak akan mudah dalam mengingat.

Tentunya saat ini cara mengajar les untuk anak TK memang beragam, namun nyanyian tak bisa terlepas dalam hal ini. Mirisnya banyak yang tidak peduli dengan nyanyian kurang mendidik yang bahkan bisa berdampak begitu buruk pada psikis anak. Mendengar nyanyian baik, maka akan memperbaiki juga wawasan anak TK.

3. Campurkan Dengan Permainan

Cara mengajar les dengan permainan bukan hal yang salah. Mungkin untuk beberapa orang tua hal ini begitu dilarang sehingga anak akan bosan dan tidak menikmati belajar. Akan tetapi, bisa saja ini menjadi sebuah awalan agar anak mulai menyukai apa itu belajar yang asik.

Sayangnya, permainan yang seringnya dimainkan adalah gadget. Dalam hal ini bukanlah gadget yang dimainkan, tetapi misalnya permainan ular tangga dengan beberapa nomor untuk menebak pertanyaan. Mencampurkan beberapa permainan dalam pelajaran bukan sepenuhnya bermain.

4. Berikan “Reward”

Tidak hanya suka memerintah dan hanya memberikan tugas, tapi tutor juga sebaiknya memberikan reward kecil untuk menambah rasa semangat dari anak TK ini. Karakter dari anak TK adalah menyukai hadiah serta pemberian kecil yang bisa meningkatkan gairah belajar. Namun pemberian reward perlulah dipertimbangkan matang.

Memang hal ini sedikit beresiko, misalnya anak hanya akan melakukan pembelajaran apabila ada syarat khusus yaitu diberi reward. Maka dari itu, untuk pemberian reward ini selalu gunakan cara yang tepat dan tidak malah menjerumuskan diri. Perhatikan jenis dan juga aktivitas ketika berniat memberikan hadiah.

5. Ajak Belajar di Luar Ruangan

Anak kecil mana yang tidak menyukai kegiatan di luar ruangan. Dengan asyiknya mengenali lingkungan maka anak juga akan lebih menikmati pembelajaran. Mengenal lingkungan ini juga termasuk kegiatan belajar yang bisa meningkatkan wawasan bagi anak TK ini. Terlebih, anak TK sangat mumpuni dalam hal ingatan.

Maka, apabila sudah diputuskan akan mengajak anak-anak TK belajar les di luar selalu perhatikan dan berikan contoh terbaik. Jangan sampai nantinya malah meniru orang luar yang tidak baik serta malah seenaknya sendiri dalam bertindak. Belajar di luar bukan berarti selalu membebaskan sepenuhnya.

6. Berikan Kuis Kuis Sederhana

Cara mengajar les anak TK dengan memanfaatkan kesenangan mereka adalah suatu hal yang perlu. Anak TK dengan rasa penasaran yang menjulang akan terus bersemangat jika diajukan beberapa pertanyaan dan menyebutnya dengan kuis. Kuis sebenarnya juga merupakan pertanyaan tetapi pengemasannya jauh lebih menarik.

Untuk contoh dari kuis menarik, anak bisa diminta menyusun teka-teki yang pada sebelumnya telah disiapkan oleh tutor. Sehingga anak akan ada rasa antusias ketika memberikan jawaban pada kolom yang tentunya telah tutor les persiapkan. Tutor harus penuh dengan persiapan agar nantinya kegiatan les tidak terganggu.

7. Gunakan Pendekatan

Siapa yang tidak melakukan sebuah pendekatan ketika ingin mengajari les. Tentu belajar les tanpa pendekatan adalah bunuh diri. Cara mengajar les anak TK haruslah dengan sebuah pendekatan yang baik agar menciptakan sebuah rasa sayang serta percaya kepada tutor. Buat anak merasa lebih nyaman ketika bersama tutor.

Tetapi, pendekatan bisa saja gagal karena suatu hal. Untuk contohnya, pendekatan dengan anak yang terlalu pasif membuat guru les sangatlah bingung akan apa yang sebaiknya dilakukan. Apalagi jika anak yang terlalu berlebihan dalam bertindak. Kadang guru les harus lebih banyak menurunkan egonya ketika akan marah.

Cara mengajar les anak TK jika berhasil akan menumbuhkan semangat tersendiri bagi tutor. Tidak hanya bahagia melihat keberhasilan anak TK yang telah dididik tetapi senang karena dapat mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh. Tentu wawasan ini tidak hanya berkutat pada materi, tetapi juga karakter.

Dalam upayanya, banyak proses yang sudah sepenuhnya ditempuh. Proses itu bisa dikatakan membutuhkan kesabaran begitu besar serta rasa mengalah yang tinggi. Anak TK terkadang beberapa ada yang tidak ingin mematuhi tutor, maka siapkan kesabaran luar biasa untuk hal ini.

0 Response to "Ketahui Cara Mengajar Anak Les TK Paling Ampuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel