Iklan Bawah Header

Pengertian Matematika dan Penerapannya dalam Kehidupan

Matematika memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Diantaranya berperan dalam mengatasi permasalahan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Pada saat ini kemampuan matematika dan keterampilan menggunakan matematika merupakan kebutuhan yang penting bagi manusia. Tanpa bantuan konsep dalam matematika dan proses matematika dasar, manusia akan mengalami banyak kesulitan. Sehingga manusia membutuhkan ilmu matematika sebagai alat bantu dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Oleh karena itu matematika penting untuk dipelajari.

Pengertian Matematika

Kata matematika berasal dari kata latin yaitu "mathematic" yang pada awalnya diambil dari kata Yunani “mathematike” yang artinya mempelajari. Kata tersebut berasal dari kata mathema yang berarti pengetahuan atau ilmu. Berdasarkan asal katanya, kata matematika berarti pengetahuan yang diperoleh dengan cara berpikir (reasoning). Secara etimologis, matematika berasal dari bahasa Yunani Kuno (Ancient Greek) yaitu "mathema" yang berarti pengetahuan, pengetahuan, dan pembelajaran.

Adapun pengertian matematika menurut para ahli, yaitu:

Menurut Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), matematika merupakan bahan kajian yang mempunyai objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai hasil logis dari kebenaran yang diterima sebelumnya sehingga hubungan antar konsep dalam matematika sangat kuat dan jelas.

Menurut Johnson dan Rising (1972), matematika adalah pola berpikir, pola pengorganisasian, pembuktian logis, matematika itu adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas, dan akurat, representasinya secara simbolis dan padat, lebih dalam bentuk bahasa simbol tentang ide daripada tentang suara.

Menurut Glenn James dan Robert C. James (1976), matematika adalah ilmu logika tentang bentuk, susunan besaran, dan konsep-konsep yang berkaitan satu sama lain dalam jumlah besar yang terbagi dalam tiga bidang, yaitu aljabar, analisis, dan geometri.

Menurut Kline (1973), matematika dipicu oleh dirinya sendiri yang bisa sempurna karena dirinya sendiri, tetapi keberadaan matematika terutama untuk membantu manusia dalam memahami dan mengatasi masalah sosial, ekonomi dan alam. Matematika tumbuh dan berkembang karena adanya proses berpikir, oleh karena itu logika merupakan dasar terbentuknya matematika.

Berdasarkan pada pengertian matematika menurut para ahli diatas, maka dapat disimpulkan bahwa matematika adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang memiliki peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, baik sebagai alat bantu dalam penerapan bidang ilmu lain maupun dalam perkembangan matematika itu sendiri. Ilmu matematika adalah ilmu logika yang dibangun melalui penalaran deduktif dan digambarkan dengan simbol-simbol atau bahasa simbolik yang didefinisikan secara sistematis, antara satu konsep dengan konsep lainnya saling berkaitan dan pembuktian matematis dibangun dengan penalaran deduktif.

Sejarah Matematika

Sebelum zaman modern dan penyebaran ilmu pengetahuan ke seluruh dunia, contoh tertulis tentang perkembangan matematika hanya bersinar di beberapa tempat. Tulisan matematika tertua yang telah ditemukan adalah Plimpton 322 (matematika Babilonia sekitar tahun 1900 SM), Lembar Matematika Rhind (matematika Mesir sekitar tahun 2000-1800 SM dan Moscow Mathematical Gazette (matematika Mesir sekitar tahun 1890 SM) . Semua tulisan ini membahas teorema yang umumnya dikenal sebagai teorema Pythagoras, yang tampaknya merupakan perkembangan matematika tertua dan paling luas setelah aritmatika dasar dan geometri dasar.

Dari zaman kuno hingga Abad Pertengahan, ledakan kreativitas matematika sering diikuti selama berabad-abad. Dimulai pada Renaisans Italia pada abad ke-16, perkembangan matematika baru, berinteraksi dengan penemuan ilmiah baru, dibuat dengan pertumbuhan eksponensial yang berlanjut hingga hari ini.

Penerapan Matematika Secara Umum

Banyak hal yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dari yang sederhana hingga yang kompleks. Berikut adalah beberapa contoh penerapan ilmu matematika.

1. Menghitung

Ketika kita melakukan transaksi di suatu pasar, tentu kita akan menghitung jumlah barang yang kita beli, berapa banyak uang yang kita gunakan, dan berapa banyak uang yang kita ambil dari pedagang.

2. Berpikir logis

Matematika modern adalah salah satu human endeavor. Kita bisa memperkuat logika pikiran kita dari belajar matematika. Misalnya, kita berpikir ketika kita berbicara dengan orang lain, kita dapat dengan mudah memahami karakter yang kita ajak bicara. Misalnya pembohong, jujur, dan lain sebagainya.

3. Memprediksi Suatu Kejadian

Probabilitas (peluang) adalah cabang dari matematika. Dengan ilmu probabilitas kita dapat memprediksi suatu kejadian di masa depan. Misalnya saat kita membeli handphone, kapan sebaiknya kita membelinya agar mendapatkan harga yang murah dan tetap tidak ketinggalan zaman. Bisa jadi akhir tahun atau saat ponsel baru hadir. Namun, harga awal tidak serta merta memberikan harga termurah.

Penerapan Konsep matematika Dalam Kehidupan Sehari-hari

Belajar tentang matematika, ada banyak sekali penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa penerapan ilmu matematika dalam kehidupan.

1. Bangun datar

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak ditemukan hal-hal yang sesuai dengan bangun datar. Bangun datar adalah sebuah bentuk bangunan yang memiliki keliling dan luas, tetapi tidak memiliki volume. Bentuk datar banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, antara lain layang-layang dan kertas. Bingkai layang-layang dapat digunakan sebagai alat belajar. Demikian pula untuk menghitung keliling atau luas selembar kertas.

2. Bangun Ruang

Bangun ruang adalah suatu bangunan yang berbentuk tiga dimensi atau bentuk yang memiliki ruang yang dibatasi oleh sisi-sisinya. Selain keliling dan luas, bentuk ruang juga dapat dihitung dengan tinggi untuk menentukan volumenya. Bangun ruang-ruang yang biasa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, antara lain: bola basket, celengan, gelas, bak mandi, kolam renang, batu bata, dll.

3. Rumus Kecepatan

Rumus kecepatan juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk menghitung kecepatan suatu kendaraan melalui perkiraan jarak dan waktu.

4. Barisan dan Deret Aritmetika

Penggunaan barisan dan deret matematika dapat ditemukan di pedagang buah, sayur, toko roti, dan lain-lain. Pedagang mengatur tangan mereka menggunakan urutan dan urutan matematika. Ibarat seorang pedagang buah jeruk yang menata heruk mulai dari 12 buah, kemudian 11 buah di atas, lalu 10 buah, dan seterusnya hingga tersisa yang paling atas.

5. Koordinat

Koordinat digunakan dalam dunia penerbangan. Pesawat terbang dilengkapi radar yang digunakan sebagai alat pendeteksi, kompas sebagai petunjuk arah, dan radio sebagai alat komunikasi.

6. Peluang

Teori peluang diterapkan pada kegiatan perdagangan seperti mencari peluang keuntungan untuk meminimalisir kerugian dengan cara memilih produk yang berpeluang laku di pasaran.

Itulah tadi sedikit artikel mengenai pengertian matematika dan penerapannya dalam kehidupan. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai halaman Bachtiarmath. Terima kasih...

0 Response to "Pengertian Matematika dan Penerapannya dalam Kehidupan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel