Iklan Bawah Header

Program Pertukaran Pelajar Antar Negara: Pengertian, Syarat, serta Jenisnya

Program Pertukaran Pelajar Antar Negara: Pengertian, Syarat, serta Jenisnya

Demi meningkatkan taraf pendidikan di suatu negara, biasanya ditunjang dengan adanya beberapa program-program tertentu. Salah satu program yang paling banyak diminati adalah pertukaran pelajar antar negara. Program tersebut, akan memberikan kesempatan untuk para pelajar belajar di negara lain.

Program tersebut tentunya akan membuat para pelajar semakin luas wawasan serta pandangannya. Selain itu, akan menambah relasi dan juga akan membuat cara berpikirnya semakin luas dan terbuka. Di sini, akan dibahas dengan lebih mendalam apa itu program pertukaran pelajar.

Pengertian Pertukaran Pelajar

Dunia pendidikan memang sering mengadakan program-program yang akan menunjang kebutuhan pendidikan pelajar di suatu negara. Seperti disebutkan di atas, program yang sering diadakan yaitu pertukaran pelajar antar negara. Banyak yang berminat dengan program tersebut, karena bisa sembari pergi ke luar negeri.

Biasanya yang mengadakan program tersebut adalah pemerintah maupun pihak swasta. Setiap siswa mempunyai hak yang sama untuk mengikuti pertukaran pelajar. Apalagi, untuk siswa yang berprestasi pasti akan mendapatkan kesempatan atau peluang yang lebih besar.

Melalui program pertukaran pelajar tersebut, nantinya siswa atau pelajar akan ditempatkan pada suatu negara. Pelajar juga akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan ilmu dari salah satu sekolah luar negeri. Bahkan, pelajar tidak akan hanya belajar saja tetapi bisa juga sambil liburan.

Tujuan Pertukaran Pelajar

Tentunya setiap program memiliki sebuah tujuan, begitu pula dengan program pertukaran pelajar antar negara ini. Ada berbagai tujuan mengapa dibuat program ini, pastinya tujuan tersebut akan menguntungkan banyak pihak. Berikut beberapa tujuan dari program pertukaran pelajar:

  • Memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk mendapatkan ilmu dari instansi lain yang ada di luar negeri.
  • Diharapkan pelajar dapat mempelajari budaya negara yang sedang ditempatinya, namun tanpa menghilangkan nilai budaya dari negaranya sendiri.
  • Dapat membentuk tali persahabatan pelajar antara satu negara dengan negara lainnya.
  • Bisa menambah relasi dan mempunyai pengalaman baru.
  • Pelajar dapat saling berbagi ilmu pengetahuan dengan pelajar lain yang ada di luar negeri.
  • Para pelajar akan memperoleh kesempatan lebih banyak belajar bahasa asing secara gratis.
  • Siswa atau pelajar akan belajar hidup lebih mandiri di negara orang.

Syarat Mengikuti Pertukaran Pelajar

Apabila tertarik untuk ikut dalam program pertukaran pelajar antar negara, maka wajib memenuhi syarat atau ketentuan yang sudah ditentukan. Tanpa memenuhi syarat yang akan disebutkan di bawah ini, pelajar akan sulit untuk bisa lolos dalam program tersebut. Berikut akan dijelaskan apa saja syaratnya:

1. Memiliki Prestasi

Setiap pelajar memang memiliki hak yang setara mengikuti program ini. Namun, siswa yang mempunyai prestasi lah yang menjadi prioritas. Karena, nantinya siswa tersebut akan menjadi cermin dari negaranya. Biasanya prestasi bidang matematika yang sering dicari.

2. Memiliki Kemampuan Bahasa Asing

Untuk syarat yang kedua adalah memiliki kemampuan bahasa asing yang bagus. Biasanya bahasa asing yang digunakan yaitu bahasa Inggris. Pasalnya, bahasa tersebut yang nantinya akan digunakan untuk komunikasi dalam pembelajaran. Selain itu, antar pelajar juga akan menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi.

3. Mempunyai Kemampuan Finansial yang Bagus

Selain bahasa asing, kemampuan finansial juga akan diperhitungkan. Karena, pelajar tidak hanya satu atau dua hari tinggal di luar negeri. Tetapi, akan tinggal selama beberapa bulan. Jadi, sebaiknya siapkan finansial mulai dari dini agar bisa tetap bertahan di negara tersebut.

4. Mempunyai Riwayat Kesehatan yang Bagus

Syarat yang selanjutnya adalah mempunyai riwayat kesehatan yang bagus. Hal tersebut harus dibuktikan dengan surat kesehatan dari dokter. Tujuannya adalah karena pelajar harus bisa beradaptasi dengan cuaca dari luar negeri yang berbeda.

5. Mengikuti Seleksi

Dalam mengikuti program pertukaran pelajar ini harus ada seleksi yang diikuti. Jadi, pelajar tidak langsung lolos. Ada beberapa seleksi yang harus lolos agar bisa mempunyai kesempatan belajar di luar negeri.

Program Pertukaran Pelajar

Ada beberapa program pertukaran pelajar antar negara yang dapat diikuti oleh pelajar. Melalui program di bawah ini, pelajar akan memiliki kesempatan untuk bisa mengikuti pertukaran pelajar. Mari, ketahui bersama ada program apa saja:

  • IMYEP. Untuk program yang pertama yaitu ada IMYEP. Program tersebut merupakan hasil kerja sama pemerintah Indonesia dan Malaysia. Jadi, pelajar kedua negara tersebut memiliki kesempatan untuk ikut program tersebut.
  • IKYEP. Bagi yang ingin belajar ke Korea Selatan, mungkin bisa mencoba program ini. Karena, program tersebut merupakan hasil kerja sama antara pemerintah Korea Selatan dan Indonesia.
  • ILYP. Program yang selanjutnya yaitu ada ILYP. Untuk program yang satu ini akan memberikan kesempatan kepada pelajar belajar di Amerika selama satu bulan. Program ini membuka kesempatan untuk 300 orang saja.

Jenis-jenis Pertukaran Pelajar

Ada pula beberapa jenis pertukaran pelajar antar negara yang bisa diikuti oleh pelajar. Berikut akan dijelaskan ada jenis apa saja yang bisa diikuti oleh pelajar, simak penjelasan berikut.

  • Program Credit Course. Jenis yang pertama yaitu ada credit course. Jadi, pelajar atau mahasiswa akan belajar di luar selama beberapa saat. Namun, hasilnya tidak akan dimasukkan dalam sebuah nilai. Pelajar harus tetap mengejar pelajaran yang tertinggal.
  • Program Summer Class. Untuk jenis yang berikutnya yaitu ada summer class. Pada jenis yang ini pelajar akan belajar selama 3 bulan. Biasanya pembelajaran yang diikuti yaitu berupa sebuah seminar.

Jadi, itulah penjelasan mendalam mengenai pertukaran pelajar antar negara yang bisa diikuti oleh semua pelajar atau mahasiswa. Namun, harus memperhatikan juga beberapa informasi di atas. Selain itu, perhatikan juga apa saja syarat yang harus dipenuhi.

0 Response to "Program Pertukaran Pelajar Antar Negara: Pengertian, Syarat, serta Jenisnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel