Iklan Bawah Header

Coba Praktikkan 5 Tips Belajar TOEFL Ini Untuk Dapatkan Skor TOEFL Tinggi!

 


TOEFL adalah bentuk tes untuk menguji kemampuan bahasa Inggris seseorang. TOEFL diciptakan oleh Educational Testing Service yang merupakan suatu lembaga pendidikan asal AS. Terdapat pula banyak tips belajar TOEFL yang bisa dilakukan sendiri dengan mudah.

Hampir semua Universitas luar negeri mempunyai skor minimal TOEFL sebagai syarat yang harus dipenuhi jika ingin berkuliah disana. Jenis TOEFL yang paling sering digunakan di luar negeri adalah tes berbasis internet dan berbasis kertas. Nah, berikut adalah 5 tips untuk belajar TOEFL perlu diketahui.

1. Buat Jadwal

Tips belajar TOEFL yang satu ini sangat perlu dilakukan bagi yang bekerja atau masih sekolah. Buat jadwal untuk belajar TOEFL sesuai kondisi hati terbaik. Bisa pagi, sore, siang, maupun malam. Setidaknya sisihkan waktu satu atau dua jam per hari untuk melakukannya.

Pada dasarnya, ketekunan merupakan kunci dalam belajar bahasa asing, tak terkecuali bahasa Inggris. Belajar dua jam sehari namun rutin selama seminggu dapat memberikan hasil yang sangat bagus. Jadwal seperti itu akan lebih baik daripada belajar sepuluh jam namun hanya sekali seminggu.

Hal itu dikarenakan diperlukan latihan dan praktik secara terus-menerus dalam belajar bahasa asing. Usahakan pula untuk memfokuskan pikiran serta sebisa mungkin menjauhkan hal-hal yang dapat mengganggu waktu belajar.

Disarankan pula untuk membuat jadwal belajar mengenai bagian apa yang ingin dipelajari. Contohnya, dua hari awal digunakan untuk belajar structure. Berikutnya reading, writing, lalu dilanjuTKan dengan listening dan speaking. Pada hari kesebelas, dapat dilakukan penilaian guna mengevaluasi bagian yang harus diperdalam lagi.

2. Perbanyak Kosakata Bahasa Inggris dengan Banyak Membaca

Masalah yang sering dihadapi oleh kebanyakan orang ketika belajar TOEFL adalah kekurangan pengetahuan mengenai kosakata bahasa Inggris. Mayoritas orang juga kebingungan langkah apa yang harus dilakukan untuk mulai belajar kosakata.

Sebetulnya, tidak usah membayangkan cara-cara sulit untuk memulainya sebab hal itu hanya akan menciptakan kemalasan untuk belajar. Coba mulai dari latihan soal reading TOEFL. Mencoba men-translate passages sangat dapat membantu memperbanyak kosakata bahasa Inggris.

Selain itu, aktivitas seperti membaca majalah, novel, ataupun konten media sosial berbahasa Inggris pun bisa membantu memperkaya kosakata secara cepat. Akan lebih baik jika itu bisa disesuaikan dengan topik yang disukai agar belajar TOEFL bisa menjadi lebih menarik.

Cukup lakukan tips belajar TOEFL ini selama 30 menit setiap hari saja hasilnya sudah bisa dilihat. Hal yang terpenting adalah jangan hanya menghafalkan tetapi juga sekaligus memahami artinya. Saat bertemu kosakata baru, segera praktikkan supaya tak cepat hilang dari memori.

Akan lebih baik lagi jika pencarian arti kosakata baru dilakukan bukan hanya dengan kamus bahasa Inggris – bahasa Indonesia. Lakukan pencarian artinya dengan kamus bahasa Inggris – bahasa Inggris. Jadi, cara ini bisa membantu pemahaman lebih mendalam tentang makna dari suatu kata.

3. Sering Mengerjakan Latihan Soal TOEFL

Practice makes perfect. Pepatah dalam bahasa Inggris tersebut sangatah benar adanya. Jadi, tips belajar TOEFL selanjutnya adalah memperbanyak mengerjakan latihan soal TOEFL. Pada kelas kursus TOEFL, biasanya akan diberikan banyak latihan soal TOEFL.

Namun nyatanya, untuk melakukan tips ini, tidak perlu sampai mendaftar kelas kursus yang mahal. Beli saja buku berisi latihan soal TOEFL yang harganya tentu lebih murah daripada mendaftar kelas kursus. Atau jika ingin yang gratisan, carilah latihan soal TOEFL dari internet.

Ada banyak website atau aplikasi di internet yang menyediakan latihan soal TOEFL gratis. Beberapa web yang dapat dibuka untuk memperoleh latihan soal TOEFL antara lain ialah engvid.com, learn4good.com, english-test.net, dan examenglish.com .

4. Cobalah Menulis dengan Bahasa Inggris

Untuk belajar test writing yang merupakan bagian dari TOEFL, cobalah untuk mulai menulis hal-hal ringan dengan menggunakan bahasa Inggris. Contohnya tulis blog, artikel, buku harian, pesan singkat, to do list, daftar belanja, ataupun status pada media sosial menggunakan bahasa Inggris.

Tak terlalu sulit untuk dilakukan, bukan? Namun hal ini akan membuat orang yang melakukannya jadi terbiasa menulis dengan bahasa Inggris. Akan lebih baik pula jika hal ini dilakukan dengan memperhatikan penggunaan grammar dan memeriksa kesalahan spelling.

Untuk memastikan penggunaan grammar dan spelling dalam tulisan sudah benar, berikan tulisan tersebut kepada teman atau guru yang paham bahasa Inggris. Jadi, jangan malu bertanya dan meminta pertolongan orang lain untuk mengecek tulisan yang sudah dibuat!

5. Tonton Film Berbahasa Inggris

Menonton film merupakan kegiatan yang seru, bukan? Selain untuk merefresh pikiran, kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai kegiatan untuk meningkatkan kemampuan listening, lho. Caranya, coba tonton film berbahasa Inggris tanpa menggunakan subtitle.

Fokuslah untuk memahami dialog yang diucapkan oleh para aktor luar negeri. Hal ini bisa membantu membuat telinga terbiasa dengan percakapan dalam bahasa Inggris. Jadi, test listening dalam TOEFL bisa menjadi mudah untuk dimengerti.

Tak hanya itu, menonton film juga bisa memperbanyak pengetahuan tentang kosakata bahasa Inggris. Caranya ialah coba menonton film menggunakan subtitle bahasa Inggris. Kemudian saat terdapat kata yang tak diketahui artinya, catat kemudian cari artinya di kamus.

Nah, untuk meningkatkan kemampuan speaking, coba tirukan pronounciation yang dilakukan oleh para aktor dalam film tersebut. Apabila ada pronounciation yang agak sulit untuk diikuti, ulangi lagi bagian dalam film ketika aktor mengucapkannya. Latihan yang satu ini pasti akan seru.

Jadi, itulah 5 tips belajar TOEFL yang bisa dilakukan sendiri dengan mudah. Pada dasarnya, belajar TOEFL adalah hal yang mudah selama ada niat serta tujuan yang kuat untuk melakukannya. Lalu hal terpenting lainnya adalah menghilangkan rasa malas untuk melakukannya secara konsisten.

0 Response to "Coba Praktikkan 5 Tips Belajar TOEFL Ini Untuk Dapatkan Skor TOEFL Tinggi!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel