Iklan Bawah Header

Cara Mengerjakan Soal Cerita Matematika Untuk Menguraikan Soal Yang Rumit



Soal Matematika sangat menakutkan bagi sebagian siswa, terutama siswa kelas bawah yang belum memahami kalimat yang rumit. Cara mengerjakan soal cerita Matematika selalu menjadi kesulitan tersendiri saat bertemu dengan pelajaran ini.

Umumnya soal cerita memiliki bobot yang lebih kompleks dan dianggap rumit. Sementara soal Matematika itu sendiri sudah sulit walaupun tidak dalam bentuk soal cerita. Simak bagaimana cara mengerjakan soal cerita yang mudah berikut ini.

Mengapa Harus Ada Soal Cerita?

Selama waktu tertentu, siswa belajar konsep dasar teori Matematika yang ditekankan pada rumus-rumus. Soal cerita hadir sebagai wujud evaluasi terhadap pembelajaran yang telah diterima mengenai konsep dasar Matematika tersebut.

Dengan adanya soal cerita, maka siswa ditantang untuk mampu menguraikan permasalahan dengan sudut pandang ilmu Matematika dan menjawabnya sesuai konsep dasar yang telah dipelajari. Ini adalah hal yang bermanfaat bagi siswa.

Ketelitian dan kesabaran juga menjadi salah satu faktor uji dalam mengerjakan soal cerita Matematika yang umumnya kompleks dan rumit. Dengan kata lain, siswa di evaluasi pemahamannya mengenai rumus Matematika melalui bentuk soal bercerita.

Cara Mengerjakan Soal Cerita

Untuk mempermudah siswa dalam mengerjakan soal cerita dalam ujian Matematika, simak beberapa tips di bawah ini. Dengan mengikuti tips berikut ini, semoga mengerjakan soal cerita Matematika tidak lagi menjadi momok yang menakutkan.

1. Baca Dan Pahami Soal Cerita Terlebih Dahulu

Jika ingin mengerjakan soal cerita dalam pelajaran Matematika dengan mudah, siswa harus membaca dan memahami soal nya terlebih dahulu. Baca dengan teliti dan seksama tanpa ada yang terlewat.

Soal yang rumit jarang bisa dimengerti dalam satu kali membaca. Jangan bosan untuk membacanya berulang kali sampai benar-benar paham dengan maksud soalnya. Kadang siswa hanya membacanya sekali saja dan langsung merasa sulit.

Padahal jika mau berusaha lebih keras, soal yang rumit sekalipun bisa diuraikan setelah memahami maksud dan tujuan dari soal tersebut. Itu sebabnya saat mengerjakan soal Matematika tidak boleh tergesa-gesa.

2. Ubahlah Bentuk Soal 

Setelah membaca secara rinci, cara mengerjakan soal cerita Matematika dengan cara yang mudah selanjutnya yaitu dengan mengubah bentuk soal cerita. Gunakan sebuah model deskripsi untuk menjawab secara rinci seperti diketahui, ditanya dan dijawab.

Dengan model deskripsi ini, maka siswa tinggal membubuhkan informasi yang dibutuhkan sesuai dengan isi pada soalnya. Di bagian diketahui, isilah dengan informasi mengenai data yang ada pada soal. Informasi ini umumnya ada pada kalimat pengantar pada soal.

Isi bagian ditanya dengan hal apa yang ditanyakan pada soal tersebut. Setelah mengetahui informasi dasar dan hal apa yang ditanyakan, maka siswa tinggal mengisi jawaban berikut cara menjawabnya di bagian “dijawab”.

Dengan sistem ini, maka soal yang sangat rumit pun bisa diuraikan dan bisa dijawab dengan baik. Yang pasti siswa harus mengetahui juga rumus yang digunakan jika bagian “ditanyakan” membutuhkan rumus untuk menjawabnya.

3. Latihan Dan Latihan

Sebagaimana kata orang bijak yang menyebutkan bahwa kesempurnaan tercipta karena seringnya berlatih, Begitu pula saat mengerjakan soal Matematika. Dengan terus berlatih cara mengerjakan soal cerita Matematika maka lama-lama akan terbiasa.

Latihan mengerjakan soal merupakan cara paling efektif dalam belajar memecahkan soal cerita. Nalar dan kemampuan menguraikan masalah akan diuji dan dikembangkan apabila terus berlatih. Lama-lama akan terbiasa dengan soal yang semakin sulit.

4. Tingkatkan Ketelitian dan Jangan Terburu-buru

Kesalahan terbesar para siswa saat mengerjakan soal cerita Matematika adalah selalu terburu-buru. Sifat terburu-buru akan melahirkan kecerobohan dan kurang teliti. Akibatnya akan ada banyak poin yang terlewat dari pengamatan.

Dalam mengerjakan soal cerita Matematika, jika ada satu poin yang terlewati maka besar pengaruhnya dalam proses menjawab soal. Hal ini disebabkan cara menjawab soal bergantung apa pemahaman siswa terhadap soal yang dibacanya.

Itulah sebabnya, ketelitian dan kesabaran jadi poin utama ketika mengerjakan soal cerita dalam ujian Matematika. Bagaimana siswa membuat analisa terhadap soal yang dibaca secara akurat dan membuat jawaban yang benar.

Belajar Matematika bukan hanya tentang berpikir logis dan sistematis, tetapi pada beberapa sisi siswa juga dituntut untuk lebih teliti. Ketelitian inilah yang akan menuntun pada pemahaman yang holistik.

5. Tingkatkan Konsentrasi

Seringkali siswa tidak dapat memahami soal ujian akibat pecahnya konsentrasi. Saat menghadapi soal ujian Matematika terutama berhadapan dengan soal cerita, siswa harus menjaga agar konsentrasinya tetap utuh tidak terpecah belah.

Soal cerita membutuhkan fokus yang tinggi. Kesampingkan dahulu hal-hal yang tidak penting dan bisa dipikir nanti-nanti. Pusatkan perhatian pada apa yang sedang dibaca agar bisa memahami keseluruhan soal cerita,

Jangan sampai konsentrasi menjadi buyar disaat yang penting seperti saat menghadapi soal ujian Matematika. Rasa ngantuk pun bisa memecah konsentrasi. Sebelum hari ujian, usahakan lebih relax dan tidak memaksakan diri untuk belajar keras.

6. Pelajari Rumus Matematika Dengan Baik

Setelah memahami inti dari soal cerita, maka tahap selanjutnya dalam cara mengerjakan soal cerita Matematika adalah membuat deskripsinya. Tiba pada saat mengisi jawaban, terkadang membutuhkan rumus.

Ada banyak rumus Matematika yang harus dipelajari. Hanya beberapa siswa tertentu saja yang bisa menghafal semua rumus Matematika yang telah diajarkan. Namun percuma menghafalkan rumus tetapi tidak memahaminya.

Pelajarilah semua rumus yang telah diberikan agar mengetahui mana rumus yang paling tepat untuk digunakan dalam soal cerita Matematika. Ingatlah bahwa menghafal saja tidak cukup dalam belajar Matematika. Butuh pemahaman agar semua rumus memiliki kegunaan yang benar.

Demikian ulasan mengenai cara mengerjakan soal cerita Matematika dengan gampang dan tepat. Jangan berpikir bahwa soal cerita Matematika merupakan soal yang terlalu rumit untuk diuraikan. Gunakan ketelitian dan kesabaran dalam membuat deskripsinya agar jawabannya mudah ditemukan.

1 Response to "Cara Mengerjakan Soal Cerita Matematika Untuk Menguraikan Soal Yang Rumit"

  1. Terimakasih, motivasinya menarik. Banyak tulisan tentang soal matematika dan pembahasannya, tapi jarang ada tulisan yang mengupas tips-trik bagaimana menyederhanakan persoalan-persoalan yang rumit ..

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel