Iklan Bawah Header

Inilah 5 Mata Kuliah Jurusan Keperawatan Serta Tips Agar Lulus Tepat Waktu

Inilah 5 Mata Kuliah Jurusan Keperawatan Serta Tips Agar Lulus Tepat Waktu

Bekerja menjadi tenaga kesehatan adalah sebuah kehormatan khusus bagi sebagian orang. Pasalnya tenaga kesehatan seperti perawat dan dokter harus menempuh pendidikan khusus yang tahapannya tidaklah sederhana. Mata kuliah jurusan keperawatan mengharuskan para calon perawat memahaminya agar bisa bekerja sesuai prosedur.

Secara umum, jurusan keperawatan memiliki terdiri dari gelar S1, D4 dan D3, namun tersedia sebuah peluang bagi seseorang yang mau melanjutkan program doktor atau master. Pembelajaraan terbilang beragan jika bertanya mengenai jurusan ini belajar apa saja. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut:

Mata Kuliah Jurusan Keperawatan yang Wajib Dikuasai

Pembelajaran yang diberikan kepada para perawat, tidak hanya mengenai bagaimana bisa memberikan pelayanan yang baik secara etika saja. Ada mata kuliah wajib dan tambahan, yang bersifat mendukung pembelajaran tersebut. Sebagai contoh mata kuliah wajib adalah pendidikan agama, Bahasa Inggris dan PPKN.

Jika bertanya mengenai hal apa yang dipelajari pada jurusan tersebut, bisa jadi terdapat banyak jawaban. Agar bisa memberi sedikit gambaran mengenai perkuliahan sebagai tenaga medis di bidang perawat, berikut ini sudah tersedia penjelasan mengenai 7 mata kuliah di jurusan keperawatan:

1. Bahasa Inggris

Mata kuliah utama di bidang kesehatan adalah Bahasa Inggris. Sekedar informasi, Bahasa Inggris diberikan pada awal perkuliahan dengan tujuan untuk memberi bekal kepada mahasiswa dalam mencari jurnal. Mengingat jurnal yang diberikan adalah jurnal-jurnal berbahasa asing yang memerlukan kepiawaian dalam berbahasa internasional.

Disamping untuk menunjang keberhasilan dalam menemukan referensi belajar, bahasa ini juga difungsikan sebagai mata kuliah pembantu. Pasalnya hampir semua istilah yang terdapat di jurusan keperawatan, menggunakan bahasa medis dan Inggris. Secara tidak langsung membacanya harus menggunakan pemahaman bahasa yang baik, khususnya Bahasa Inggris.

2. Ilmu Biomedik 

Pembelajaran pertama yang akan diterima pada semester 1 di jurusan keperawatan, adalah mengenai dasar ilmu biomedik. Pembelajaran ini, mengajarkan mengenai bagaimana mencari penyelesaian sebuah masalah kesehatan yang dilakukan berdasarkan ilmu pengetahuan alam yang didukung oleh pendekatan klinis. 

Ilmu biomedik sendiri tidak hanya tersedia dalam bentuk dasar saja, tetapi ada tingkatan-tingkatannya seperti biomedik 1 dan 2. Untuk perkuliahan di keperawatan semester awal, biasanya diberikan adalah ilmu biomedik dasar kemudian baru dilanjutkan pada ilmu biomedik 1 di semester berikutnya.

3. Etika dan Hukum Profesi

Mata kuliah jurusan keperawatan berikutnya yang tidak kalah penting adalah etika dan hukum profesi keperawatan. Berdasarkan judulnya, bisa disimpulkan bahwa mata kuliah ini akan membahas mengenai etika profesi. Artinya, akan mempelajari mengenai tindakan-tindakan yang boleh dilakukan dan dilarang selama menjadi seorang perawat.

Mata kuliah ini tidak tergolong sulit, mengingat bahan ajar yang diberikan merupakan materi sehari-hari yang bisa dikatakan mudah implementasinya. Namun perlu diingat, bahwa etika dan hukum profesi ini tergolong materi penting. Selama bekerja akan terus berguna bahkan menjadi pedoman sebagai seorang perawat.

4. Komunikasi Kesehatan

Pada semester 1 juga ada sebuah mata kuliah yang bernamakan komunikasi kesehatan. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah utama yang menjadi modal ketika menjadi seorang perawat.

Mengenai materi pelajarannya merupakan berisi tata cara berkomunikasi antara pasien dengan perawat, perawat dengan bagian rumah sakit lainnya. Dalam mata kuliah ini juga akan diajarkan bagaimana cara berkomunikasi dengan pasien yang sedang berobat. 

Budaya-budaya penting seperti tersenyum, sopan juga menjadi dasar dari pembelajaran komunikasi kesehatan. Maka dari itu, bisa disimpulkan bahwa ilmu ini juga related dengan pekerjaan sebagai perawat.

5. Ilmu Dasar Keperawatan 

Berbincang mengenai pembelajaraan saat berkuliah di jurusan keperawatan, maka tidak lepas dari ilmu dasar keperawatan. Mata kuliah ini adalah bagian dari pembahasan  tujuan-tujuan mulia seorang perawat dan tugasnya.

Bisa dibilang, ilmu ini juga menjadi pondasi utama seorang perawat yang sukses mengabdi kepada masyarakat. Selama berkuliah nanti mata kuliah ini tidak hanya akan diajarkan 1 semester saja, melainkan akan diajarkan dalam beberapa semester.

Pada umumnya, diberikan pada semester 2, 3 dan semester 4. Mata kuliah ini diajarkan tidak hanya pada jurusan S1 saja, melainkan juga pada jurusan D3 keperawatan.

Tips Lulus Tepat Waktu Saat Berkuliah Di Jurusan Keperawatan

Kelima mata kuliah tersebut, merupakan sebuah bahan ajaran dasar yang diberikan pada semester awal. Seseorang yang bermaksud untuk mendapatkan nilai yang baik, perlu belajar lebih dalam mengenai materi-materi tersebut.

Harus ingat di semester-semester berikutnya mata kuliah yang diajarkan akan lebih sulit, serta perlu perhatian ekstra saat mempelajarinya. Mengingat, selama menempuh pendidikan tertentu terdapat durasi yang perlu diperhatikan.

Ada baiknya mempersiapkan strategi-strategi jitu agar bisa cepat lulus tepat waktu. Berikut ini akan dijelaskan mengenai tips agar bisa lulus tepat waktu, meskipun mata kuliah yang diajarkan terbilang sulit, diantaranya:

  • Pilihlah teman yang saling support dalam belajar.
  • Buatlah agenda rutinan yang berisikan jadwal belajar.
  • Rajinlah bertanya kepada dosen agar bisa mendapatkan nilai tambahan.
  • Fokuslah pada studi, sebisa mungkin menghindari kegiatan yang dapat mengganggu studi.
  • Saat input SKS maka ambilah mata kuliah sesuai dengan jumlah normalnya saja, hindari mengambil berlebih karena akan mengganggu efektivitas belajar.
  • Saat praktek lapangan berusahalah untuk mencari relasi di bidang kesehatan agar lebih mudah sharing.
  • Usahakan nilai yang dimiliki rata-rata sudah B, minimal C agar tidak mengulang di semester berikutnya.

Setelah belajar mengenai dasar ilmu keperawatan dan cara lulus cepat, ternyata bukanlah hal sulit untuk bisa mendapatkan gelar sebagai seorang perawat. Berusaha semaksimal mungkin dalam menguasai mata kuliah jurusan keperawatan akan membantu mendapatkan nilai yang sempurna dan ketepatan lulus.

0 Response to "Inilah 5 Mata Kuliah Jurusan Keperawatan Serta Tips Agar Lulus Tepat Waktu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel