Iklan Bawah Header

Jenis Teks Bahasa Inggris untuk Latihan Speaking beserta Tips dan Manfaatnya

Jenis Teks Bahasa Inggris untuk Latihan Speaking beserta Tips dan Manfaatnya

Belajar untuk speaking dengan bagus, memang sangatlah penting. Apalagi, speaking dalam bahasa Inggris sangat diperlukan. Karena, bahasa Inggris sekarang sudah dipakai di berbagai kesempatan. Dalam mempelajarinya, bisa menggunakan teks bahasa Inggris untuk latihan speaking dengan baik dan juga benar.

Ada berbagai jenis teks yang dapat digunakan untuk belajar speaking. Melalui teks tersebut, akan menghasilkan kemampuan speaking yang bagus. Kali ini akan dibahas mengenai teks apa saja yang bisa digunakan serta akan diberikan juga tips belajar speaking dalam bahasa Inggris.

Jenis-Jenis Teks Bahasa Inggris

Terdapat beberapa teks dalam bahasa Inggris yang bisa dipelajari untuk berlatih speaking. Dari teks yang akan disebutkan dibawah, seseorang akan menjadi mahir dalam melakukan speaking. Karena, kemampuan tersebut sekarang sangat diperlukan. Berikut beberapa jenis teks yang dapat dipelajari:

1. Teks Percakapan

Untuk jenis yang pertama yaitu ada teks percakapan. Dalam berlatih speaking bahasa Inggris bisa dimulai dengan melakukan percakapan. Karena, memang kemampuan speaking digunakan untuk bercakap atau berkomunikasi. Jadi, bisa dikatakan teks percakapan ini merupakan dasar.

Dalam melakukan latihan speaking menggunakan teks percakapan ini, bisa dimulai dengan mengenalkan diri terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menanyakan kabar dari lawan bicara. Setelah itu bisa menanyakan ke hal yang lebih intens, seperti kegiatan sehari-hari dan juga hobinya.

2. Teks Deskripsi

Jenis teks bahasa inggris untuk latihan speaking selanjutnya, yaitu ada teks deskripsi. Jenis teks tersebut, biasanya digunakan untuk menggambarkan sesuatu. Bisa menggambarkan diri sendiri, hobi, pekerjaan, atau hal lainnya. Teks ini bisa juga digunakan untuk berlatih speaking dengan mudah dan simple.

Ada beberapa tingkatan teks deskripsi untuk berlatih kemampuan speaking. Sebagai pemula bisa mempelajari pada level yang paling rendah terlebih dahulu yaitu A1. Kemudian jika sudah mahir dalam tingkat tersebut, baru bisa naik ke level berikutnya yaitu A2.

3. Teks Pidato

Selain untuk melakukan percakapan dengan satu lawan bicara, kemampuan speaking ini juga biasanya digunakan untuk berbicara di depan khalayak ramai. Untuk mempelajari hal tersebut, bisa memanfaatkan teks pidato Inggris untuk melakukan latihan.

Terdapat beberapa teknik yang bisa digunakan untuk mempelajari teks pidato ini. Seperti impromptu, ekstemporan, teks, serta ingatan. Isi dari pidato tersebut juga bisa apa saja, yang penting masuk dalam permasalahan sosial dan banyak orang yang mengetahuinya.

4. Teks Cerita

Sebuah teks cerita, bisa juga dijadikan bahan untuk melatih kemampuan speaking. Ada banyak sekali teks cerita dalam bahasa Inggris yang dapat digunakan untuk berlatih. Berlatihlah di depan cermin dan bayangkan ada ribuan orang di cermin tersebut.

Jangan lupa untuk memperhatikan intonasi dan juga artikulasi. Karena, dua hal tersebut sangat penting. Jika tidak mempunyai intonasi serta artikulasi yang bagus, maka hasil dari speaking-nya pun akan terlihat tidak bagus.

5. Teks Pengumuman

Pada jenis teks yang terakhir yaitu ada teks pengumuman. Jenis teks satu ini dapat juga digunakan untuk latihan speaking. Biasanya teks pengumuman digunakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat umum. Jadi, perlu juga menggunakan kemampuan speaking yang bagus.

Untuk mempelajari jenis teks bahasa Inggris untuk latihan speaking ini bisa dengan mencari berbagai referensi teks pengumuman dalam bahasa Inggris. Lalu berlatihlah di sebuah cermin, perhatikan artikulasi dan juga intonasinya. Jadi, nantinya informasi yang disampaikan akan terdengar dengan jelas.

Tips Belajar Speaking Bahasa Inggris

Setelah mengetahui jenis teks bahasa Inggris untuk latihan speaking di atas, di bawah ini juga akan diberikan cara atau tips berlatih speaking bahasa Inggris dengan gampang dan bisa mahir. Untuk lebih jelasnya lagi, ikuti saja penjelasan di bawah ini:

1. Gunakan Teks Dalam Bahasa Indonesia

Tips yang pertama saat melakukan latihan speaking adalah dengan menggunakan teks dalam bahasa Indonesia terlebih dahulu. Karena, jika langsung menggunakan teks dalam bahasa Inggris justru akan membuat bingung. Selain itu, tidak akan mengerti juga apa yang harus disampaikan.

Apabila menggunakan teks dalam bahasa Indonesia, seseorang tersebut bisa langsung memahami apa yang harus disampaikan. Lalu bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sesuai dengan kemampuan bahasanya. Hal yang terpenting adalah jangan gunakan teknik menghafal.

2. Berbicara Seperti Bercerita

Untuk tips yang selanjutnya yaitu dengan berlatih berbicara seperti orang bercerita. Jangan pernah terpaku dengan teks saja, karena akan membuat orang yang mendengarnya bosan, Sebaiknya, sampaikan informasi dengan menggunakan gaya bercerita yang menarik.

Jika ingin mengubah sebuah bahasan, maka bisa menggunakan kalimat penyambung yang cocok. Jangan pernah langsung mengubah topik pembahasan, karena akan membuat lawan bicara bingung.

3. Jangan Menghafal

Terakhir, jangan pernah menghafal teks yang akan digunakan untuk berbicara di depan umum. Karena, sudah tentu akan membuat bosan dan jika lupa dengan teks tersebut sudah pasti akan kebingungan. Jadi, pahami saja apa yang akan disampaikan.

Manfaat Berlatih Speaking

Terdapat berbagai manfaat dari berlatih speaking dalam bahasa Inggris. Setelah mempelajari teks bahasa Inggris untuk latihan speaking di atas. Seseorang akan memperoleh beberapa manfaat berikut:

  • Meningkatkan kemampuan melakukan percakapan dalam bahasa inggris.
  • Bisa juga untuk menambah kepercayaan diri seseorang.
  • Untuk melatih mental serta keberanian di depan orang banyak.
  • Dapat meningkatkan kemampuan bicara yang lebih elegan dan juga sopan.
  • Bisa digunakan untuk berpikir cepat dan mengendalikan emosi.

Jadi, itulah jenis teks bahasa Inggris untuk latihan speaking yang dapat dipelajari mulai dari sekarang. Ada pula tips untuk belajar speaking dengan mudah dan juga akan cepat mahir. Selain itu, ada beberapa manfaat dari berlatih speaking dalam bahasa Inggris.

0 Response to "Jenis Teks Bahasa Inggris untuk Latihan Speaking beserta Tips dan Manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel