Iklan Bawah Header

Mudah! Inilah 8 Cara Menghafal Kosakata Bahasa Inggris yang Wajib Diketahui

Mudah! Inilah 8 Cara Menghafal Kosakata Bahasa Inggris yang Wajib Diketahui

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sudah dipelajari sejak SD. Bahkan, di beberapa sekolah TK juga sudah mempelajari bahasa asing ini. Meskipun begitu, kadang tetap ada kesulitan menghafal kosakatanya. Artikel ini akan mengulas cara menghafal kosakata bahasa Inggris secara mudah.

Cara yang ditempuh bisa dengan menuliskan kosakata di notes, mencoba membuat kalimat, membaca buku, dan cara-cara lainnya. Cara yang akan diuraikan ada banyak, sehingga dapat dipilih mana yang kiranya paling sesuai dengan tipe belajar. Ulasan lengkapnya dipaparkan di bawah ini:

1. Membuat Notes

Cara pertama yang bisa ditempuh sebagai cara menghafal kosakata bahasa Inggris adalah membuat notes. Notes atau catatan kecil, digunakan untuk mencatat kosakata bahasa Inggris yang baru saja didengar atau ditemui. Misalnya ketika mendengarkan musik, mendengarkan podcast, atau menonton film luar.

Setelah selesai mendengarkan podcast atau menonton film, carilah arti dari kosakata tadi. Notes kosakata ini, bisa dibuka dan dibaca ulang ketika senggang. Selain itu, bisa juga untuk menuliskan tanggal kapan kosakata dicatat supaya bisa melihat perkembangan pertambahan kosakata setiap harinya.

2. Mempraktikkan Percakapan

Bahasa, merupakan alat untuk berkomunikasi yang dapat dilakukan secara verbal atau tertulis. Maka, tidak ada salahnya mencoba untuk mempraktikkan kosakata yang baru dipelajari melalui percakapan dengan teman sebaya. Dengan mengucapkannya, otak akan lebih mengingat kosakata-kosakata baru yang dipelajari.

Jika masih merasa kurang percaya diri melakukan percakapan bahasa Inggris dengan orang lain, bisa mencoba praktik di depan cermin. Amati bagaimana cara pengucapan kosakata, dan jangan segan untuk mengecek cara pelafalan tersebut sudah benar atau belum.

Pengecekan bisa dilakukan dengan merekam suara saat mencoba berlatih bercakap-cakap. Ketika sudah selesai, perdengarkan ulang disesuaikan dengan voice Google English.

3. Mencoba Membuat Kalimat

Di dalam sebuah bahasa, ada yang namanya kalimat. Kalimat inilah yang akan berisikan maksud pikiran atau isi hati kepada orang lain. Oleh sebab itu, cara menghafal kosakata bahasa Inggris juga bisa dilakukan dengan mencoba membuat atau menyusun kalimat.

Buat kalimat dari kosakata yang baru dipelajari dengan berbagai tenses yang ada. Cara ini akan melatih kekritisan berpikir dan juga meningkatkan pemahaman terkait penggunaan kosakata. Apabila sudah paham, maka tidak akan keliru dalam menerapkan kosakata pada suatu konteks tertentu.

Guna mengecek apakah penerapan kosakata sudah benar atau masih kurang tepat, bisa ditanyakan kepada guru bahasa Inggris di sekolah. Bisa juga ditanyakan pada guru les, jika mengikuti les bahasa Inggris atau ke kakak kelas yang pandai berbahasa Inggris.

4. Membaca Buku Berbahasa Inggris

Rekomendasi cara menghafal kosakata bahasa Inggris yang selanjutnya, cocok bagi mereka yang gemar membaca buku. Kegiatan membaca buku berbahasa Inggris, bisa membantu meningkatkan jumlah kosakata yang dihafal. Terlebih, jika kosakata itu sering dijumpai pada setiap bab.

Tidak harus membaca buku dengan tema berat. Melatih kebiasaan membaca buku berbahasa Inggris bisa dimulai dengan membaca komik atau novel ringan. Jika kurang tertarik dengan buku cerita, bisa juga membaca majalah yang di dalamnya terdapat rubrik bahasa Inggris.

5. Memakai Metode Mnemonic

Di dalam bahasa Inggris dikenal sebuah metode bernama metode Mnemonic. Metode ini, adalah teknik belajar yang bertujuan untuk mengingat sebuah hal dengan cara membuat asosiasi ataupun singkatan dari kosakata tertentu.

Contohnya, ketika belajar menghafal nama-nama warna, membuat singkatan RYO yang berarti Red, Yellow, Orange. Metode ini tepat dipakai bagi yang ingin menyederhanakan kosakata rumit. Bukan itu saja, cara ini juga bersifat meningkatkan kreativitas dengan membuat singkatan-singkatan baru yang mudah dihafal.

6. Menggunakan Aplikasi Belajar atau Games

Alternatif untuk belajar dan melatih kemampuan berbahasa Inggris, sekarang ada banyak pilihannya. Salah satu cara menghafal kosakata bahasa Inggris yang juga kerap dipakai, adalah dengan menggunakan aplikasi belajar atau games.

Aplikasi belajar bahasa Inggris, sudah banyak bermunculan dan bisa dipasang pada smartphone berbagai tipe. Aplikasi ini, biasanya akan dilengkapi jadwal sehingga tidak akan terlewat waktu belajarnya. Hal menarik lainnya, adalah bisa bertemu banyak teman yang juga belajar bahasa Inggris.

Fitur unggulan aplikasi belajar bahasa Inggris dijumpai dalam wujud games untuk menghafal kosakata bahasa Inggris. Dengan begini, maka belajar tidak membosankan lagi. Contoh aplikasinya yaitu Vocab English Flashcards dan Fluentu.

7. Fokus Mempelajari Kosakata yang Diperlukan

Ada berbagai alasan yang mendasari seseorang belajar bahasa Inggris, misalnya melanjutkan studi ke luar negeri atau bervakansi ke luar negeri. Alasan yang berbeda bisa menjadi pondasi untuk fokus pada kosakata tertentu yang sekiranya diperlukan.

Jika akan melanjutkan studi ke suatu negara, maka pelajari kosakata-kosakata yang biasanya digunakan di kampus. Jika hendak berwisata, bisa mempelajari kosakata yang lebih natural dan dipakai di keseharian.

8. Breakdown Kata dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris sering kali memuat kata yang merupakan gabungan dua kata atau bisa lebih, atau akrab dinamakan dengan istilah compound words. Breakdown kata yang terkandung di dalam compound word bisa menjadi cara menghafal kosakata bahasa Inggris yang menarik.

Beberapa compound words yang sering dijumpai dalam percakapan bahasa Inggris antara lain classroom, chairmate, airplane, dan masih banyak contoh lainnya. Penghafalan kosakata semacam itu bisa dengan memahami arti dari setiap kata penyusunnya.

Misalnya, classroom yang merupakan gabungan dari “class” yang berarti kelas dan “room” yang berarti ruangan. Breakdown seperti ini, akan memudahkan penghafalan dan penerapan kata tersebut pada compound words serupa.

Demikian ulasan tentang cara menghafal kosakata bahasa Inggris dengan berbagai metode. Setiap cara, mempunyai karakteristik dan keunggulannya tersendiri. Pilihlah metode yang paling nyaman untuk digunakan. Jika sudah merasa nyaman dengan satu cara, bisa mencoba cara lainnya supaya kosakata makin banyak.

0 Response to "Mudah! Inilah 8 Cara Menghafal Kosakata Bahasa Inggris yang Wajib Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel