Iklan Bawah Header

Begini Cara Menghitung Umur Dengan Rumus Matematika Berdasarkan Selisihnya

Begini Cara Menghitung Umur Dengan Rumus Matematika Berdasarkan Selisihnya

Sebetulnya sampai sekarang belum ada cara menghitung umur dengan rumus Matematika khusus. Kendati demikian, perhitungan tersebut bisa dilakukan secara manual yakni dengan metode pengurangan. Tips ini, tentu sangat efektif karena memang sudah dilakukan sejak lama bahkan jauh sebelum adanya software Excel.

Memang perhitungan menggunakan software, lebih mudah dibanding secara manual. Namun, pertanyaan ini tak jarang terdapat di soal ulangan sekolah. Dimana tidak bisa menggunakan bantuan selain rumus Matematika itu sendiri.

Supaya tidak bingung dan lebih mudah mengerjakannya, silahkan perhatikan ulasan dalam artikel ini sepenuhnya. Karena akan dibahas mengenai rumus cepat menghitung dengan detail dan akurat. Penjelasan mengenai cara menghitungnya terbagi menjadi 3 antara lain.

Cara Menghitung Umur Memakai Rumus Matematika Berdasarkan Selisih Hari

Untuk cara menghitung umur dengan rumus Matematika ini yaitu dengan metode pengurangan ke bawah. Ingat! Pola ini tidak sama dengan perhitungan penjumlahan ke bawah jadi perlu diperhatikan. Perlu diketahui pula kalau kondisi pengurangan selisih hari biasanya memungkinkan 2 keadaan antara lain:

1. Angka Hari Saat Perhitungan Lebih Besar Dari Angka Kelahiran

Pada kondisi pertama apabila angka hari saat perhitungan lebih besar dari angka kelahiran, maka pengerjaannya cukup melakukan pengurangan. Misal tanggal sekarang 7, sedangkan hari lahir tanggal 2 jadi selisihnya = 5.

2. Angka Lahir Ketika Menghitung Lebih Kecil Daripada Angka Hari Lahir Sebenarnya

Namun, jika sebaliknya yaitu angka lahir ketika menghitung lebih kecil daripada angka hari lahir sebenarnya, maka cara mengerjakannya agak berbeda. Misalkan hari = ( 31 + 4)– 10, maka hasil selisih umurnya = 25.

Darimana angka 31 muncul? Diperoleh dari jumlah hari bulan sebelum bulan lahir. Pada contoh kedua, bulan lahirnya adalah 2 (Februari).

Oleh karenanya yang ditambahkan yaitu bulan Januari dimana banyak harinya sampai 31. Berbeda jika bulan lahirnya Mei, maka yang ditambahkan adalah total hari bulan April.

Cara Menghitung Umur Menggunakan Rumus Matematika Berdasarkan Selisih Bulan

Selain menghitung selisih hari dari usia, cara menghitung umur dengan rumus Matematika dari perbedaan bulan juga penting untuk dibahas. Kondisi langkah kedua ini sama seperti ulasan cara menghitung selisih hari dimana juga memungkingkan 2 keadaan. Ulasan lebih lengkapnya sebagai berikut:

1. Bulan di Tanggal Lahir Lebih Besar Dari Bulan Saat Perhitungan Sekarang

Jika demikian, contoh kondisi pertama bisa dihitung seperti ini = ( 12 + 3 ) - 10 = 5. Jadi hasil selisih bulan lahir ialah 5 bulan.

Bingung darimana timbul angka 12? Lebih mudahnya, sebab bulan di tanggal lahir lebih besar dari bulan saat perhitungan sekarang, jadinya yang dijumlahkan yakni total bulan dalam setahun.

Pasalnya perbedaan antara bulan dan tahun yakni 12. Oleh karena itu, muncullah angka 12 yang ditambahkan.

2. Angka Bulan Perhitungan Lebih Kecil Daripada Bulan Lahir Sebenarnya

Kemungkinan kedua dari cara menghitung umur dengan rumus Matematika selisih bulan ialah angka bulan perhitungan lebih kecil daripada bulan lahir sebenarnya. Untuk kondisi ini cara menemukan perbedaannya sebagai berikut:

Selisih bulan = ( 5 - 1 ) - 2 = 2. Jadi perbedaan bulannya sama dengan 2.

Bagaimana angka 1 muncul dan dijadikan pengurangan? Jawabannya dapat dilihat pada perhitungan kedua selisih hari. Yang mana angka lahir ketika menghitung lebih kecil daripada angka hari lahir sebenarnya.

Selanjutnya dijumlahkan dengan total hari selama sebulan yaitu 31 hari. Karena sudah dikurangi oleh hari, maka angka pada bulan dikurangi satu.

Alasan pengambilan 1 bukan 31 sebab skalanya hari dan bulan hanya selisih sehari jumlahnya ( 31, 30, atau 28 ). Total ketiga tersebut akan timbul bila yang dimasukkan hari, tetapi pada bulan berubah menjadi 1.

Mengingat yang dihitung sekarang adalah selisih bulan, maka yang dipakai perbandingan bulan bukan hari. Jadi tinggal disesuaikan saja.

Cara Menghitung Umur Dengan Rumus Matematika Berdasarkan Selisih Tahun

Cara menghitung umur dengan rumus Matematika paling mudah yaitu dengan menghitung tahun. Karena jelas tidak ada tahun yang lebih kecil dari tahun seseorang lahir. Daripada berlama-lama, langsung saja simak contoh di bawah untuk mulai menghitungnya.

Misal seseorang lahir pada tahun 1983, maka cara menghitungnya yaitu =  (2022 – 1983) – 1 hasilnya 36. Berarti usianya sudah 36 tahun.

Kemudian muncul pertanyaan darimana munculnya angka 1? Sebenarnya pola pengerjaan ini sama persis seperti menghitung umur dengan selisih bulan. Dimana pada angka bulan lahir lebih besar dari angka bulan sekarang. Makanya ditambahkan angka 12.

Jika demikian, harusnya angkanya menjadi 12 bukan 1? Jawabannya karena yang dihitung adalah selisih tahun (1 tahun berisi 12 bulan), sehingga ditulis satu. Atau lebih mudahnya tahun 2023 – 2022, maka hasilnya 1.

Kesimpulan dari Perhitungan Selisih

Dari kedua kemungkinan perhitungan selisih diatas dapat disimpulkan bahwa dari kondisi pertama perhitungan umurnya yaitu 36 tahun, 5 bulan, dan 5 hari. Sementara kondisi kedua perbedaan usianya yaitu 1 tahun, 2 bulan, serta 25 hari. Lumayan mudah bukan?

Untuk membuktikan keakuratan perhitungan tersebut, pengguna bisa menghitungnya menggunakan rumus melalui Excel aplikasi atau software. Kemungkinan besar hasilnya sama persis. Hanya saja, perlu untuk memilih rumus yang sesuai mengingat opsinya tersedia 3 pilihan yaitu rumus TODAY, YEARFRAC, dan DATEDIF.

Setiap rumus pastinya mempunyai kesulitan serta cara kerja sendiri. Karena itu, silahkan pilih sesuai kemampuan yang dimiliki.

Itulah pembahasan mengenai cara menghitung umur dengan rumus Matematika. Sebenarnya mudah sama menghitungnya secara manual menggunakan jari atau kalkulator. Namun terkadang pada beberapa soal Matematika, tak sedikit jumlah yang perlu dihitung untuk dibandingkan.

Dengan memakai rumus dalam ulasan ini, semoga dapat memudahkan dalam pengerjaan. Apalagi rumusnya tidak begitu sulit karena mempunyai banyak kemiripan.

Oleh karenanya diperlukan rumus cepat untuk menghemat waktu pengerjaan. Rumus ini biasanya lebih dibutuhkan pelajar, karena kebanyakan lebih suka memakai Microsoft Excel. 

0 Response to "Begini Cara Menghitung Umur Dengan Rumus Matematika Berdasarkan Selisihnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel