Iklan Bawah Header

Memahami Contoh Kurikulum Merdeka Belajar dari sisi Penerapannya

Memahami Contoh Kurikulum Merdeka Belajar dari sisi Penerapannya

Kurikulum merdeka belajar merupakan kerangka belajar mengajar dengan sistem intrakurikuler. Panduan mengajar terbaru ini akan memberikan tingkat keberagaman materi sehingga penyampaian lebih optimal. Apabila belum paham, sudah saatnya memahami contoh kurikulum merdeka belajar.

Unsur Penting dalam Penerapan Kurikulum Merdeka

Kementerian Pendidikan tentunya mengharapkan peningkatan signifikan terhadap proses belajar mengajar di Indonesia dengan hadirnya kurikulum ini. Tentunya untuk mencapai hal ini, perlu memenuhi beberapa elemen, yaitu intelektual, fisik, spiritual, emosional dan juga sosial.

Dalam proses menerapkannya, setidaknya santun pendidik harus memenuhi beberapa unsur penting yaitu, tiga dimensi kurikulum, pengembangan, program, implementasi, dan penilaian berimbang. Kelima elemen ini harus benar benar hadir dalam proses menerapkan kurikulum merdeka.

Hal ini bertujuan untuk hasil maksimal dalam mengembangkan kurikulum merdeka ini ke tingkat dimensi kertas dalam proses pembelajaran. Mencapai keberhasilan maksimal akan merubah tingkat kecakapan dan pengembangan diri siswa ke level berikutnya, tentu ini jadi hasil paling positif.

Inilah Contoh Kurikulum Merdeka Belajar dari sisi Penerapannya

Setiap peserta didik tentunya harus mengikuti beberapa mata pelajaran baku yang sudah ada sejak sekolah berdiri. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan pendidikan Agama, Matematika, dan bahasa Indonesia. Berikut adalah contoh kurikulum merdeka belajar dari sisi penerapannya:

1. Penerapan pada Matematika

Pembelajaran mata pelajaran matematika punya sifat kontekstual, sehingga perlu adanya pembiasaan dalam meningkatkan kompetensinya. Umumnya proses belajar mengajar akan mulai dari hal konkret yang nantinya mengerucut pada praktek.

Eksplorasi dan memberikan kesempatan pada siswa menemukan jawaban sangat penting. Contoh penerapan kurikulum merdeka bisa dengan menghadirkan program, berhitung 1 menit setiap hari, menemukan matematika di sekitar, atau sehari bersama matematika.

2. Penerapan pada Sains Dasar

Pembelajaran ilmu sains dasar umumnya fokus pada peristiwa dan kejadian di sekitar peserta didik. Siswa akan mendapatkan pembelajaran dari proses melihat, merasakan, dan mendengar secara mandiri fenomena sains yang ada di sekitar.

Dari situlah peserta didik akan mendapatkan ilmunya, untuk contoh penerapan sistem kurikulumnya bisa dengan membuat program, mengatapi, membuat dugaan, memprediksi, merancang model, mengevaluasi, mengklarifikasi, hingga menganalisa data setiap peristiwa tersebut.

3. Penerapan pada Bahasa Indonesia

Setiap negara selalu menyisipkan mata pelajaran bahasanya sendiri. Mungkin beberapa pihak belum paham tentang hal ini. Sebuah bangsa wajib mempertahankan jati diri negara dan salah satunya adalah melestarikan bahasa. Untuk itu kehadirannya sangat penting dalam pembelajaran.

Contoh penerapan kurikulumnya bisa membuat sebuah program seperti permodenalm membaca dan menulis, melakukan penulisan dan pembacaan secara terbimbing, sampai dengan membuat penulisan asyik kepada peserta didik. Program ini akan memberikan pengalaman baru kepada siswa.

4. Penerapan pada Agama

Sebagai salah satu negara dengan tingkat dan kebudayaan soal agama paling tinggi, tentu mata pelajaran keagamaan sangat penting hadir. Kurikulum merdeka juga bisa Anda terapkan pada mata pelajaran ini dengan membuat beberapa program menarik.

Terdapat beberapa program yang dapat tenaga pengajar buat seperti hari kebersamaan, kunjungan ke tempat ibadah, sampai dengan mabit. Semua program ini bisa meningkatkan toleransi kehidupan beragama serta menumbuhkan rasa cinta kepada rumah rumah ibadah yang ada banyak di Indonesia.

Keunggulan Kurikulum Merdeka Belajar

Setelah melihat beberapa contoh penerapannya, tentu kurang rasanya bila Anda tidak mengetahui beberapa manfaat serta keunggulan dari kerangka kerja satu ini. Keinginan pemerintah dalam menyembuhkan bangsa dari krisis pendidikan sangat besar. Berikut keunggulan kurikulum merdeka:

1. Pendalaman Materi Lebih Sederhana

Kurikulum merdeka hadir untuk memudahkan setiap satuan pendidikan dalam menyampaikan materinya secara mudah. Untuk mencapai hal ini tentunya guru harus bisa memberikan materi esensial kepada peserta didik.

Kondisi ini mampu meningkatkanpemgebangan kompentesi peserta didik pada beberapa keadaan. Proses pembelajaran dengan kurikulum ini akan lebih menekankan pada pendalaman, pemaknaan, tidak terburu buru sehingga peserta didik menerima materi secara maksimal.

2. Penyampaian Materi Lebih Merdeka

Sesuai dengan namanya setiap satuan pendidik mendapatkan kebebasan dalam menyampaikan materi serta pembelajaran kepada peserta didik. Selain itu siswa juga punya lebih banyak pilihan untuk menentukan pembelajaran sesuai minat, bakat, dan aspirasinya.

Di beberapa negara maju hal ini terbukti ampuh di mana siswa yang berminat di sebuah bidang tertentu, dan mempelajarinya mulai dari tingkat bawah menjadi sangat kompeten. Hal ini lantara pelajaran selama bertahun tahun membuatnya benar benar profesional di bidang tersebut.

3. Pembelajaran Lebih Relevan

Proses belajar mengajar yang bosan akan bisa terhindarkan menggunakan kurikulum baru ini. Hal tidak lepas dari relevansi penyampai materi dari seorang guru kepada peserta didik. Kondisi mengaitkan materi pembelajaran dengan apa yang sedang terjadi benar benar membuat siswa tertarik.

Proses pembelajaran dengan kurikulum ini bisa lewat kegiatan memecahkan sebuah proyek atau memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk secara aktif mengeksplorasi isu isu aktual paling relevan dengan materi yang ada.

4. Proses Belajar lebih Menyenangkan

Proses belajar dan mengajar yang menyenangkan tentu akan mempermudah penyerapan materi. Baik guru maupun peserta didik saat menerapkan sistem kurikulum merdeka akan sama sama mendapatkan manfaat.

Kehadiran kurikulum merdeka memang memberikan cukup banyak keleluasaan kepada peserta didik maupun guru dalam melakukan improvisasi. Proses belajar mengajar menjadi terlihat lebih ringan namun materi esensial sangat mendalam.

Demikian informasi mengenai contoh kurikulum merdeka belajar dari sisi penerapannya. Khusus untuk tenangan pengajar memahami dan mulai menerapkan kerangka belajar dan mengajar baru ini sangat penting. Untuk itulah, mempelajarinya tidak boleh Anda lewatkan.

0 Response to "Memahami Contoh Kurikulum Merdeka Belajar dari sisi Penerapannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel