Iklan Bawah Header

Mengenal Lebih Dekat Kurikulum Kampus Merdeka

Mengenal Lebih Dekat Kurikulum Kampus Merdeka

Setiap negara tentunya terus berupaya dalam meningkatkan sistem pendidikan  di negaranya masing masing. Indonesia pun tidak ingin tertinggal terlalu jauh lagi dari beberapa negara maju. Untuk mengajar bahkan melampauinya, maka hadirlah konsep belajar dengan kurikulum kampus merdeka.

Kurikulum Kampus Konvensional

Sampai saat ini, kampus menjadi tempat untuk belajar bagi mahasiswa. Sistem pembelajaran konvensional di kampus umumnya akan mempertemukan dosen dan mahasiswa secara tatap muka. Konsep pembelajarannya adalah dosen menjadi satu satunya sumber ilmu.

Dalam beberapa tahun terakhir sistem pembelajaran seperti ini mulai mendapat kritikan dari pengamat pendidikan. Kerangka belajar ini membuat mahasiswa kurang mandiri dalam menyelesaikan berbagai pemecahan masalah. Ini juga menandakan kurangnya kemerdekaan dalam belajar.

Di dalam sistem kampus konvensional, tentu adanya namanya SKS. Aturan belajar seperti ini seperti ini mengharuskan mahasiswa mengikuti semua pembelajaran yang ada di kelas secara rinci. Kehadiran kurikulum merdeka belajar akan membawa warna baru dalam sistem pembelajaran kampus.

Apa itu Kurikulum Kampus Merdeka?

Kampus merdeka merupakan sebuah konsep baru yang akan memberikan mahasiswa lebih banyak kesempatan improvisasi saat belajar. Pemikiran ini pada dasarnya merupakan pengembangan dari sistem pembelajaran kurikulum belajar merdeka.

Kesempatan mahasiswa dalam mengasah kemampuan bakat dan minat menjadi lebih besar. Hal ini terjadi dengan tersediannya program program terjun langsung ke dunia kerja sebagai salah satu cara terbaik menyiapkan sumber daya manusia di dalam pekerjaan.

Adanya kurikulum kampus merdeka memiliki tujuan agar mahasiswa dapat berkembang lewat kelulusannya menerima pembelajaran di luar universitas atau akademi pendidikan tingkat lanjut. Potensi mendapatkan ilmu lebih banyak pun ingin mahasiswa manfaatkan secara maksimal.

Beberapa Program Kampus Merdeka perlu Diketahui

Untuk merealisasikan hal ini, tentunya pemerintah sudah menyiapkan beberapa program belajar dengan durasi tiga semester di luar studi murninya. Program ini bertujuan untuk meningkatkan level lulusan tersebut baik secara hard and soft skill. Berikut beberapa programnya :

1. Program Pertukaran

Kampus merdeka memberikan kesempatan kepada para mahasiswanya untuk mengikuti sistem pertukaran dengan tujuan memperluas jaringan. Program ii bisa memberikan pengalaman baru bagi peserta didik dalam hal wawasan.

Semua mahasiswa bisa mengikuti program ini dengan memenuhi syarat dan ketentuan tertentu. Persayratannya adalah IPK harus minimal 2,75, menjadi mahasiswa aktif, tidak memiliki catatan buruk selama mengikuti pembelajaran atau berkuliah.

2. Program Magang

Program magang dari kampus merdeka setidaknya berdurasi 1 sampai 3 semester. Materi yang mahasiswa akan dapatkan adalah pembelajaran langsung dari tempat kerja mitra, sehingga memperoleh pengalaman sebelum benar benar terjun ke sana.

Mahasiswa yang mengikuti program ini akan mendapatkan ilmu bermanfaat di dunia kerja. Program magang bersertifikat dari kampus merdeka ini tidak main main, karena peserta didik berkesempatan menjadi pekerja mangan di mitra kerja ternama seperti Glints, Gojek, ataupun Tokopedia.

3. Program IISMA

IISMA atau Indonesia International Student Mobility merupakan salah satu program dari kampus merdeka yang memfasilitasi mahasiswa untuk belajar di perguruan luar negeri. Program ini bertujuan untuk meningkatkan serta memperkaya wawasan peserta didik.

Untuk mengikuti program ini, mahasiswa harus melalui beberapa seleksi. Peserta didik yang berhasil lolos akan mendapatkan kesempatan kuliah setidaknya selama 1 semester di mitra kerja perguruan tinggi luar negeri dengan semua tanggung ada di pemerintah.

4. Program Studi Independen

Program satu ini sangat cocok untuk mahasiswa yang punya banyak ide brilian. Aktivitas dalam program studi indepent ini berkutat perihal pembuatan ide inovatif dalam melakukan riset. Durasinya bisa berlangsung selama kurang lebih 1 sampai 2 semester.

Salah satu yang menarik dari program ini adalah harus selaras dengan jurusan mahasiswa itu sendiri. Secara eksplisit, misalnya Anda sedang berkuliah di jurusan farmasi, maka program ini akan membantu untuk memperdalam pembuatan obat dan peracikan di laboratorium terkenal.

5. Program Kemanusian

Mahasiswa tidak hanya harus pintar di bidangnya, melainkan juga bisa membantu masyarakat. Program ini akan membantu peserta didik dalam mengatasi berbagai masalah dalam kehidupan salah satunya adalah bencana.

Dengan adannya prgoram ini, nilai kemanusian pada diri mahasiswa bisa meningkat sehingga mampu menjunjung tinggi. Tidak hanya itu, program ini juga bisa meningkatkan rasa peka sosial bagi anak muda dalam memberikan solusi dari sebuah permasalahan.

6. Program Riset dan Penelitian

Program satu ini bertujuan untuk meningkatkan mutu aktivitas riset dan penelitian mahasiswa menjadi lebih efektif dan efisien dalam berbagai hal. Kedua kegiatan ini memang memiliki peran penting dalam menciptakan atau menghadirkan inovasi baru.

Mahasiswa yang memiliki minat pada dunia riset serta penelitian bisa mencoba program kampus merdeka satu ini. Banyak sekali manfaat yang bisa peserta didik peroleh, menariknya semua aktivitas ini akan mahasiswa lakukan di laboratorium ternama di Indonesia.

7. Program Wirausaha

Aktivitas kewirausahaan sangat penting mahasiswa belajar untuk menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan lebih besar kepada peserta didik dalam meningkatkan kemandirian ekonomi nasional. Program ini sangat penting untuk mahasiswa ikuti.

Beberapa jurusan seperti akuntansi dan manajemen bisnis memiliki kesempatan besar mengikuti program ini. Selama menjalani program ini, mahasiswa akan mendapatkan pembelajaran ekstra di industri entrepreneur. Semua rahasia dalam menjalankan bisnis bisa terbuka saat mengikuti program ini.

Demikian informasi mengenai kurikulum kampus merdeka. Universitas merupakan tingkatan tertinggi dari sistem pembelajaran hampir di semua negara. Menerapkan kurikulum yang tepat akan meningkatkan kualitas lulusannya, salah satunya dengan menerapkan kerangka mengajar baru ini.

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Kurikulum Kampus Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel