Iklan Bawah Header

Mengetahui Gaji Teknik Informatika di Dalam Dunia Kerja

Mengetahui Gaji Teknik Informatika di Dalam Dunia Kerja

Jurusan teknik informatika memang sangat terkenal dengan peluang karirnya yang besar. Beberapa pekerjaan lulusan program studi ini kebanyakan menawarkan penghasilan tinggi. Tidak heran bila sekarang banyak sekali anak mudah mencari tahu tentang gaji teknik informatika.

Inilah Informasi Profesi dan Gaji Teknik Informatika

Setiap program studi di kampus tentunya menawarkan sebuah prospek kerja setelah lulus, tidak terkecuali teknik informatika. Jurusan satu ini memang cukup populer semnjak era digital mulai masuk. inilah informasi profesi dan gaji teknik informatika :

1. Gaji Full Stack Developer

Full stack developer memiliki perang penting karena harus menguasai dua disiplin ilmu yaitu front-end dan back-end sekaligus. Kemampuan yang harus seorang full stack kuasai adalah menguasai pemrograman tampilan dan juga database serta server hingga API.

Kisaran gaji lulusan teknik informatika yang memutuskan untuk menjadi seorang full stack bisa mencapai 11 juta perbulannya. Ini merupakan nilai wajar mengingat tugas dan tanggung jawabnya sangat besar.

2. Gaji Front-end Developer

Profesi ini memiliki tugas penting dalam mendesain serta membuat sebuah desain interface baik aplikasi maupun website. Untuk bisa menjadi seorang front-end developer Anda harus menguasai bahasa pemrograman HTML/CSS, javascript, hingga framework seperti AngularJS dan ReactJS.

Kisaran gaji lulusan teknik informatika sebagai front end developer bisa mencapai 8 juta perbulannya. Kemampuannya dalam membuat segala kebutuhan desain seperti logo, kolom pencarian, tombol dan tata letak lainnya membuatnya layak mendapatkannya.

3. Gaji Back-End Developer

Back-end Developer punya peranan penting dalam membuat sebuah coding di belakang layar. Dengan kata lain sebuah aplikasi atau website bisa berfungsi berkat adanya interaksi pengiriman data secara lancar. Gaji dari profesi ini bisa mencapai angka 8 juta perbulan.

Kemampuannya untuk membuat sebuah website serta aplikasi bekerja dengan sebuah basis data sangat penting. Tidak heran bila penghasilannya bisa mencapai angka tersebut. Bahasa pemrograman yang umumnya profesi ini kuasai adalah python dan PHP.

4. Gaji Konsultan TI

Menjadi seorang konsultan TI tentunya memerlukan pengalaman di bidang tersebut. Kebanyakan lulusan teknik informatika yang menjadi konsultan TI sebelumnya telah lama bekerja di bidang disiplin ilmu tertentu contoh pemrograman web.

Konsultan IT harus bisa memberikan pendapat serta nasehat berdasarkan pengalamannya dalam menyelesaikan permasalahan. Kemampuannya dalam membuat keputusan ini membuatnya bisa menghasilkan pendapatan sebesar 7 juta sebulannya.

5. Gaji Pengembang Aplikasi

Meningkatnya penggunaan ponsel dan komputer di era modern membuat seorang pembang aplikasi mobile menjadi populer. Tugas utamanya adalah membuat atau mengembangkan sebuah aplikasi yang akhirnya bisa pengguna pakai.

Seorang lulusan teknik informatika yang berhasil menjadi pengembang aplikasi mobile dapat menghasilkan uang sebesar 7 juta sebulannya. Syarat menjadi pengembang aplikasi mobile adalah menguasai javascript, C#, C++. Hingga python dan swift.

6. Gaji Pengembang Game

Seorang pengembang game harus mengerti bagaimana cara kerja sebuah permainan. Profesi ini dalam satu bulan dapat menghasilkan uang sebesar 6 juta rupiah. Meningkatnya penggunaan ponsel dan komputer menjadikan pembuat game lohan lowongan pekerjaan besar.

Kemampuan yang harus lulusan teknik informatika kuasai saat hendak membangun sebuah permainan adalah C#, C++, dan java. Profesi sebagai pengembang game bisa Anda kembangkan untuk membuat beberapa template libraries dan API.

7. Data Scientist

Melakukan pengumpulan, pengekstrakan sampai dengan menginterpretasi data jadi aktivitas seorang data scientist. Semua data yang tadi ia kumpulkan dengan algoritma machine learning akan menjadi output informasi berharga. Hasil dari olahan inilah yang memiliki nilai jual tinggi.

Untuk gaji dari seorang data scientist, bisa mencapai 12 juta perbulannya. Akan tetapi untuk bisa mendapatkan profesi ini, setidaknya anda harus paham dan kenal berbagai bahasa pemrograman seperti SQL. Python hingga java. Terdapat juga peralatan analisis sepertai Hadoop.

8. Data Analisis

Data analis memiliki peran penting dalam mengumpulkan dan mengubah sekumpulan data menjadi informasi bermanfaat. Sekarang memang eranya data dan informasi, sehingga menjadi seorang data analis cukup menjanjikan. Hampir setiap hari selalu saja ada aktivitas analisis data apapun.

Memiliki peran penting dalam menyajikan sebuah informasi membuatnya dapat gaji sebesar 10 juta perbulannya. Untuk bisa menjadi seorang data analisis Anda harus mempelajari beberapa disiplin ilmu seperti Oracle, Python sampai dengan SQL.

9. Keamanan Sistem

Beberapa lulusan teknik informatika juga bisa menjadi cyber security yang punya peran untuk melindungi sebuah sistem. Sekarang aktivitas manusia sangat bergantung pada berbagai sistem informasi dengan fungsi masing masing. Tidak heran banyak muncul sistem informasi saat ini.

Kondisi ini membuat kejahatan cyber semakin meningkat, karena banyaknya data online. Kehadiran seorang keamanan sistem penting untuk mengatasi permasalahan ini. Gaji dari profesi ini belum bisa mencapai angka 10 juta atau bahkan lebih tergantung pada tingkat kesulitan pembuatan keamananya.

10. Desain Grafis

Mungkin banyak yang belum tahu bila di jurusan Teknik informatika terdapat beberapa mata kuliah tambahan seperti desain grafis. Profesi ini memiliki peran penting dalam melakukan pengeditan dan juga penampilan di sebuah software maupun website.

Lulusan informatika sangat terbuka untuk pekerjaan desain grafis. Meskipun tidak akan sepandai orang yang memang mengambil kuliah desainer, lulusan teknik informatika juga cukup kompeten dalam bersaing di industri desain grafis ini. Untuk gajinya bisa mencapai angka 4 juta per bulan. 

Demikian informasi mengenai di gaji teknik informatika dalam dunia kerja. Mempelajari hal ini sangat penting khususnya Anda yang sedang mencari jurusan paling tepat saat berkuliah. Memilih keputusan tepat saat masuk ke Universitas adalah langkah awal baik untuk masa depan.

0 Response to "Mengetahui Gaji Teknik Informatika di Dalam Dunia Kerja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel