Iklan Bawah Header

Beberapa Alasan Masuk Teknik Informatika itu Sangat Menguntungkan

Beberapa Alasan Masuk Teknik Informatika itu Sangat Menguntungkan

Teknik informatika merupakan salah satu jurusan di sebuah kampus atau universitas yang menawarkan pembelajaran seputar pemrograman komputer, baik itu perangkat lunak maupun keras. Terdapat beberapa alasan masuk teknik informatika saat memutuskan berkuliah

Apa Itu Teknik Informatika?

Jurusan Teknik Informatika merupakan bidang ilmu di mana para peserta didik mempelajari berbagai pengetahuan untuk menggunakan teknologi komputer secara maksimal. Program studi ini bisa menghasilkan SDM dengan kemampuan seputar pemecahan masalah dan pengolahan data.

Sekarang manusia telah memasuki era digital, orang dengan kemampuan penggunaan teknologi secara maksimal tenu akan mendapatkan penghargaan lebih. Teknik informatika memfasilitasi para mahasiswa yang ingin mengambil peran dalam hal ini.

Karena sekarang hampir semua aktivitas manusia bergantung pada teknologi, tidak heran bila jurusan teknik Informatika mendapatkan banyak sekali peminat. Selain akan mempelajari berbagai bidang ilmu komputer, mahasiswa lulusan program studi ini juga punya kesempatan bekerja lebih luas.

Inilah Alasan Masuk Teknik Informatika itu Sangat Menguntungkan

Program studi Teknik Informatika kini menjadi sangat populer di kalangan lulusan SMA dan sederajat. Jurusan ini terlihat semakin menarik karena memang zaman teknologi sedang semua orang alami saat ini. Berikut adalah beberapa alasan masuk teknik informatika itu sangat menguntungkan :

1. Peluang dapat Kerja Gaji Tinggi

Hampir semua profesi di bidang IT punya penghasilan besar. Untuk mewujudkannya memulai langkah dengan mengambil jurusan teknik informatika menjadi keputusan yang tepat. Kesempatan bekerja lulusan teknik informatika lebih luas.

Beberapa survei mengatakan bila lulusan teknik informatika bisa mendapatkan gaji kurang lebih 7 juta sebulan. Tentunya hal ini sangat menarik bagi beberapa orang yang mengharapkan pekerjaan berpenghasilan besar. 

2. Peluang Transferable Kemampuan

Mempelajari ilmu komputer bukan melulu masalah programer saja. Saat Anda duduk di program studi teknik informatik terdapat bidang ilmu lain yang akan mahasiswa pelajari, seperti desain grafis, editing video, dan multimedia lainnya.

Secara garis besar seorang lulusan teknik informatika bisa melakukan transferable skill ke beberapa bidang. Kondisi ini menungkinna dalam memilih beberapa pekerjaan menjadi lebih luas. Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi peserta didik.

3. Mendalami Perkembangan Teknologi

Lulusan teknik informatika juga pada umumnya akan mengetahui tentang perkembangan teknologi lebih detail dari orang awam. Mahasiswa akan menjadi lebih terbuka dan secara cepat bisa menyadari perkembangan teknologi.

Mengambil jurusan teknik informatika saat masuk ke bangku kuliah juga bisa membantu Anda mendapatkan informasi lebih tentang sebuah teknologi terbaru. Kondisi ini memungkinan mahasiswa membaca dan melihat lebih jauh tentang perkembangan teknologi.

4. Paham Betul Proses Komputer

Hampir semua kalangan atau pekerjaan menggunakan komputer sebagai alat utama bekerja. Sebagai salah satu perangkat penting di era modern, tentu pengetahuan Anda yang lebih dalam soal proses pada alat ini jadi nilai tambah.

Pemahaman mendalam tentang pemrosesan pada komputer atau laptop akan membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai permasalah di masyarakat ketika menggunakan alat atau perangkat ini. Kondisi ini membuat keberadaan Anda sangat penting.

5. Dapat Membuat Perangkat Lunak

Seorang lulusan teknik informatika biasanya memiliki bekal pengetahuan dalam membuat berbagai perangkat lunak, baik itu berupa aplikasi maupun sistem website. Kemampuannya ini tentu akan memudahkannya dalam memasuki dunia kerja masyarakat.

Hampir semua pekerjaan manusia modern memerlukan bantuan dari perangkat lunak. Apabila Anda bisa memanfaatkan masalah ini dengan benar. Tentu mahasiswa lulusan teknik informatika bisa membuat aplikasi untuk menyelesaikan masalah di masyarakat.

6. Mengembangkan dan Membuat Web

Memasuki era digital memaksa beberapa pihak harus memiliki sebuah website. Web jadi media penting dalam menyampaikan berbagai informasi, bahkan fungsinya telah berkembang sehingga seseorang dapat berjalan di website.

Kondisi ini tentunya akan menguntungkan untuk beberapa orang yang punya skill membuat website. Secara eksplisit bila Anda mengambil jurusan ini, kesempatan bekerja akan semakin luas karena kebutuhan masyarakat akan website meningkat.

7. Lapangan Pekerjaan Luas

Hampir semua pekerjaan tentunya sekarang membutuhkan komputer. Lulusan teknik informatika yang punya bekal lebih terhadap pengaruh perangkat keras ini membuatnya bisa masuk ke berbagai jenis pekerjaan.

Tentunya Anda pernah melihat bila kantor dan perusahaan sekarang sangat memerlukan yang namanya sebuah komputer. Sebagai lulusan teknik informatika, maka bisa juga bekerja di berbagai kantor maupun perusahaan selama mengoperasikan komputernya.

8. Dapat Membuat Sistem

Semua pekerjaan juga sekarang sangat bergantung pada sebuah sistem, contohnya kasir memerlukan sistem penjualan. Seorang lulusan teknik informatika dengan ilmu yang didapatkan, bisa membuat sebuah sistem dengan berbagai tipe dan mode.

Aktivitas membuat sebuah sistem ini bisa lulusan informatika kerjakan dengan berbagai macam trik. Kebutuhan masyarakat dalam mengerjakan berbagai tugas menggunakan sistem membantu lulusan teknik informatika mendapatkan banyak pekerjaan.

9. Memperbaiki Perangkat

Terdapat beberapa kondisi dimana PC atau laptop menjadi rusak, entah karena software atau hardwarenya. Lulusan Teknik informatika bisa mengatasi permasalahan seperti ini dengan melakukan instalasi ulang atau bongkar pasang komponen PC.

Kemampuan memperbaiki berbagai alat atau komponen dari komputer juga dapat menjadikannya membuka lahan pekerjaan mandiri, seperti jasa instalasi ulang, service keyboard dan monitor, bahkan sampai perakitan PC manual. Membuat penyedia jasa jadi opsi dari lulusan teknik informatika.

Demikian informasi mengenai alasan masuk teknik informatika itu sangat menguntungkan. Saat memutuskan untuk meneruskan jenjang pendidikan ke bangku kuliah, kadang orang bingung mau ambil jurusan apa. Teknik Informatika bisa menjadi opsi terbaik di era digital seperti sekarang ini.

0 Response to "Beberapa Alasan Masuk Teknik Informatika itu Sangat Menguntungkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel