Iklan Bawah Header

Mengenal Jurusan Programmer dalam Pendidikan

Mengenal Jurusan Programmer dalam Pendidikan

Programer merupakan salah satu profesi yang saat ini sedang bagus bagusnya. Bagaimana tidak, hampir semua lini kehidupan manusia saat ini memerlukan seorang programmer. Tidak heran bila beberapa jurusan programmer di bangku kuliah banyak diminati orang.

Apa itu Programmer ?

Programmer merupakan sebuah profesi atau pekerjaan, di mana seseorang memiliki tugas untuk membuat aplikasi. Perangkat lunak yang akan programer ciptakan biasanya berdasarkan permasalahan di dalam kehidupan sehari hari.

Misalnya kesulitan seseorang dalam menghitung penjualan di toko swalayan, programmer akan membuat sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang dapat menyederhanakannya. Kondisi seperti ini membuat terciptalah sistem atau perangkat lunar mesin kasir.

Terdapat beberapa tugas penting yang harus seorang programmer lakukan untuk menciptakan sebuah aplikasi atau perangkat lunak. Biasanya seorang programmer akan membuat susunan atau rancangan, kemudian mulai membuat sistemnya, sampai pada akhirnya menguji coba kelayakannya.

5 Jurusan Programmer di Bangku Kuliah perlu Diketahui

Untuk menjadi seorang programer langkah awal yang harus Anda ambil tentunya adalah mendapatkan ilmunya. Sumber pengetahun sekarang sangat banyak dan salah satunya ada di perkuliahan. Berikut 5 jurusan programmer di bangku kuliah perlu seseorang ketahui :

1. Insinyur Komputer atau Teknik Informatika

Insinyur komputer atau teknik informatika merupakan salah satu jurusan di bangku perkuliahan, di mana hasil akhirnya dapat mencetak berbagai sumber daya manusia berkompeten di industri digital dan perangkat lunak.

Jurusan satu ini mengarahkan mahasiswa untuk dapat mengimplementasikan perangkat lunak dan keras untuk membuat sebuah sistem terintegrasi. Pembelajaran pada jurusan ini meliputi 55% perangkat keras, dan 45% lunak.

2. Ilmu Komputer

Jurusan ilmu komputer umumnya lebih terfokus pada teori komputasi dalam mengembangkan sebuah perangkat lunak. Memiliki pemahaman mendalam serta analisis baik sangat penting untuk menjadi seorang programmer.

Beberapa pelajaran saat berkuliah di jurusan ilmu komputer juga dapat membuat Anda memperoleh pengetahuan tentang program. Kondisi ini membuat lulusan dari ilmu komputer juga bisa menjadi seorang programer handal.

3. Insinyur Perangkat Lunak

Jurusan ini merupakan gabungan dari jurusan komputer yang memiliki kemiripan dengan jenis program studi di bidang IT. Untuk bisa menjadi programmer yang baik, tentu harus tahu betul seluk beluk seorang insinyur perangkat lunak.

Seberapa jauh Anda bisa memahami cara kerja perangkat lunak tentunya akan memudahkan seorang programer menciptakan coding. Elemen inilah yang nantinya akan membuat proses penciptaan sistem perangkat lunak menjadi lebih baik dan cepat.

4. Sistem Informasi

Beberapa Universitas yang fokus pada ilmu seputar teknologi ini tidak jarang menawarkan jurusan sistem informasi, di mana mahasiswanya berpeluang jadi programer. Mahasiswa akan lebih sering menemukan beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan manajemen dan bisnis.

Akan tetapi ada beberapa mata kuliah yang akan mempelajari program atau pembuatan sebuah aplikasi. Ini bisa menjadi bekal bagus untuk menjadi seorang programmer. Jurusan ini juga punya banyak sekali peminat dan setiap tahunnya terus meningkat.

5. Teknologi Informasi

Jurusan teknologi informasi juga bisa menjadi batu loncatan untuk menjadi seorang programmer. Setiap jurusan tentu menawarkan hal berbeda meski masih dalam satu ruang yaitu teknologi. Program studi ini sangat erat kaitannya dengan perkembangan teknologi.

Tentu saja jurusan teknologi informasi dapat memberikan Anda peluang untuk menjadi seorang programmer. Karena saat menjalani pembelajaran atau materi di bangku kuliah ini, akan ada beberapa materi perihal cara membuat perangkat lunak berbasis web khususnya.

Jenis-Jenis Programmer

Dalam perkembangannya seorang programmer memiliki beberapa opsi dalam karirnya. Sekarang tersedia beberapa tipe seorang pengembang aplikasi ini. Untuk lebih memahaminya berikut beberapa jenis programmer.

1. Programmer Perangkat Lunak

Seorang programmer perangkat lunak akan fokus pada perancangan dan pengelolaan dari sebuah instruksi. Seorang pengembang aplikasi tidak hanya mahir dalam mengaktifkan code, melainkan juga harus tahu organiser kode terbaik.

Perangkat lunak seperti aplikasi berbasis internet maupun mobile kini banyak orang perhatikan. Jenis programer yang bertanggung jawab atas segalam macam pemgembagan dari aplikasi merupakan tugas utama seorang programmer perangkat lunak.

2, Programmer Engineer Komputer

Seorang programmer komputer engineer adalah salah satu yang dapat membuat set instruksi di ruangan penyimpanan informasi seperti hardware. Programer jenis ini akan menciptakan deretan perintah sehingga perangkat keras bisa bergerak sesuai kehendak pencipta.

Programer jenis ini akan lebih sering berkutat pada pembuatan aplikasi perangkat lunak. Misalnya robotic, dimana perangkat keras mendapatkan modifikasi dan sisipan perintah sehingga bisa berjalan dan masih banyak lagi.

3. Web Programmer

Web programmer merupakan seseorang yang bertugas untuk membuat website. Sekarang hampir semua aktivitas memerlukan jaringan internet. Tidak heran kondisi ini membuat web programer menjadi ramai peminat.

Beberapa perusahaan atau toko akan terlihat lebih menarik bila membuat sebuah website. Web programmer memiliki peran penting dalam membuat sebuah website seperti sosial media, layanan service dan masih banyak lagi.

4. Tester Programmer

Seorang programmer tidak hanya pandai dalam menciptakan saja melainkan harus melihat juga sisi pengujian hasilnya. Sebuah sistem sebelum pihak pemgembang rilis harus melakukan test atau uji coba terlebih dahulu.

Kelayakan akan sebuah aplikasi apa bisa orang pakai atau tidak merupakan tugas penting dari tester programmer. Profesi ini juga memberikan tanggung jawab secara penuh mengenai pengujian kinerja sebuah perangkat lunak.

Demikian informasi mengenai jurusan programmer di bangku kuliah. Mengetahui dan memahami hal ini memang sangat penting, tidak heran bila setiap orang harus tahu betul apa saja yang penting sebelum menjadi seorang programer.

0 Response to "Mengenal Jurusan Programmer dalam Pendidikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel