Iklan Bawah Header

Masih Bingung Bagusan Teknik Informatika atau Sistem Informasi ? ini Jawabanya

Masih Bingung Bagusan Teknik Informatika atau Sistem Informasi ? ini Jawabanya

Hampir semua bidang studi yang berkaitan dengan komputer sekarang mendapatkan spotlight atau perhatian. Ada dua jurusan di bidang komputer yang selalu jadi perdebatan sehingga muncul tajuk bagusan teknik informatika atau sistem informasi?

Mengenal Jurusan Sistem Informasi

Jurusan sistem informasi adalah program studi yang mengkombinasikan ilmu komputer dengan bisnis serta manajemen. Mahasiswa pada jurusan ini akan mempelajari bagaimana mengidentifikasi secara benar kebutuhan dan proses usaha dari data data yang tersedia.

Data data ini akan pengguna olah sehingga membentuk sebuah rancangan sistem sesuai kebutuhan perusahaan. Sistem informasi juga bisa Anda pahami sebagai ilmu yang mempelajari dua hal secara bersamaan yaitu pengetahuan komputer dan bisnis.

Lulusan dari jurusan sistem informasi kebanyakan akan bekerja di dunia pembuatan sistem pengolah data dari berbagai sumber. Informasi secara fisik nantinya bisa orang akses secara digital sehingga bermanfaat untuk perusahaan.

Jenjang Karir Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi terkenal sebagai salah satu program studi yang mempelajari berbagai aktivitas sistem pemrosesan transaksi, pengambilan keputusan, manajemen, dan juga eksekutif, berikut beberapa jenjang karirnya nya :

1. Project Manager

Project manager adalah penggerak seluruh anggota tim dalam aktivita bisnis. Kepala proyek memiliki tugas untuk memimpin jalannya kegiatan pembuatan pekerjaan, sementara proyek manajer yang mengelola serta mengatur mulai dari waktu hingga kebutuhan lainnya.

Termasuk dalam hal ini lulusan sistem informasi memiliki peluang besar menjadi seorang project manager di berbagai bidang. Kerna memang profesi ini selalu masuk ke dalam berbagai lini kehidupan di mana semuanya menggunakan komputer.

2. E-Commerce System Developer

E-commerce system developer merupakan profesi yang sangat penting dalam membangun dan mengembangkan sistem kerja secara kompleks bertugas memastikan sistem pasar online dari sebuah perusahaan berjalan lancar.

Pekerjaan ini juga memiliki peran penting dalam menyusun alur sistem, tingkat keamanan, hingga UI dan UX dari e-commerce sebuah perusahaan. Mengembangkan kecakapan dalam bekerja sejak dini sangat penting untuk hal ini.

Mengenal Teknik Informatika

Teknik informatika merupakan salah satu jurusan di beberapa perguruan tinggi yang mengharuskan para peserta didiknya menerapkan prinsip prinsip ilmu komputer dan menganalisis berbagai data secara sistematis.

Kegiatan dari mahasiswa teknik informatik berfokus pada pengujian, pengembangan, dalam pembuatan sebuah perangkat lunak komputer. Secara eksplisit, mahasiswa teknik informatika lebih sering mempelajari tentang coding dan programing.

Kemampuan dalam mendesain serta mengembangkan ragam algoritma komputasi sangat penting. tidak heran bila beberapa perangkat lunak bisnis lahir dari tangan lulusan teknik informatika. Tingkat pengembangan juga bervariasi tergantung dari kemampuan.

Jenjang Karir Teknik Informatika

Menjadi salah satu jurusan paling orang gemari memang membuat Teknik Informatika terlihat begitu seksi. Hal ini mendapat dukungan dari prospek kerja yang cukup menggiurkan dari lulusan lulusan program studi ini. Berikut beberapa jenjang karirnya :

1. Web Developer

Prospek kerja teknik inforwatika sebagai pegembang sebuah web sangat terbuka lebar. Profesi satu ini memang sedang naik daun dan banyak peminatnya. Hampir setiap perusahaan atau instansi sekarang membutuhkan sebuah website.

Kehadiran dari seorang web developer pada kondisi ini pun cukup genting. Tugas utamanya adalah mengelola pembuatan domain, basis data, mendesain, mengembabgnkan, sampai dengan mementaince sebuah website.

2. Analisis Keamanan

Analisis keamanan bisa mencakup dalam berbagai hal, entah itu sebuah website ataupun aplikasi. Semua produk yang berbau perangkat lunak bisa seorang analisis keamanan lakukan pemeriksaan dan menyatakan apakah itu aman atau tidak.

Umumnya analisis keamanan bertugas untuk menjaga jaringan komputer serta data digital dari ancaman buru pencurian data, petasan, hingga virus malware. Kehadirannya dalam menjaga data digital sangat penting.

Lalu Bagusan Teknik Informatika atau Sistem Informasi ?

Sebenarnya kedua jurusan ini sama sama bagus dan memiliki manfaat besar. Calon mahasiswa harus tahu tujuan hidupnya dulu dan memilih jurusan sesuai kebutuhan. Bagusan teknik informatika atau sistem informasi ? dapat anda lihat dari perbedaan keduanya sebagai berikut

1. Perbedaan dari Nama

Beberapa universitas terkadang menerapkan nama berbeda padahal mata kuliah dan kurikulumnya sama saja. Contohnya teknik informatika terkadang bisa juga di beranda kampus memanggilnya dengan nama ilmu komputer, atau matematika komputasi.

Sementara sistem informasi terkadang orang sebut juga dengan manajemen informatika atau informasi. Semua jurusan ini cenderung memiliki tujuan yang sama jadi keduanya sangat bermanfaat dan bagus.

2. Materi yang Peserta Didik dapat

Perbedaan lainnya yang bisa Anda lihat adalah ilmu untuk para mahasiswa. Teknik informatika menawarkan beberapa pengetahuan mengenai data, mesin, perangkat lunak dan keras. Selain itu ada juga beberapa hal mengenai pemgembangan.

Sementara sistem informasi lebih megnarah pada cara membanung dan mereapkan teknologi informasi itu sendiri sehingga memiliki manfaat besar kepada kemajuan dan juga perkembangan dari sebuah perusahaan.

3. Sistem perkuliahan

Selama berkuliah di jurusan teknik informatika, mahasiswa harus menghadapi berbagai ilmu pengetahuan yang cenderung berbau logika dan matematika. Penerapan ilmu ini akan mengarah pada pengembangan program dalam komputer.

Semataran kurikulum sistem informasi lebih tertuju pada pemaham bagaimana pentingnya teknologi bisa memberikan dampak kepada sebuah bisnis. Mahasiswa akan mendapatkan berbagai macam materi tentang pemanfaatan secara maksimal ilmu komputer kepada usaha.

Demikian informasi mengenai bagusan teknik informatika atau sistem informasi ?. Setelah memahami tentang definisi dan juga perbedaan dari kedua jurusan ini mungkin Anda sekarang paham lebih baik mana antara keduannya. Penilaian tentu sangat relatif tergantung keperluan.

0 Response to "Masih Bingung Bagusan Teknik Informatika atau Sistem Informasi ? ini Jawabanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel