Iklan Bawah Header

Kenali Prospek Kerja Setelah Lulus Kuliah Jurusan Animasi

 Kenali Prospek Kerja Setelah Lulus Kuliah Jurusan Animasi

Perkembangan teknologi yang semakin meningkat di bidang animasi memberikan peluang besar bagi masyarakat untuk menekuninya dengan baik. Bahkan, kuliah jurusan animasi menjadi salah satu tempat terbaik yang mampu memikat banyak orang dari berbagai kalangan karena prospek kerjanya.

Apa Itu Jurusan Animasi?

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan jurusan animasi ini. Mahasiswa dengan gelar di bidang animasi dipersiapkan untuk profesi di lingkup animasi, hiburan, seni dan desain, periklanan, serta bisnis lain yang membutuhkan seniman multimedia. Bahkan, guru butuh mereka dalam menganimasikan pembelajaran.

Sementara peluang berbeda tergantung pada portofolio pekerjaan dan tingkat pendidikan individu. Tidak sedikit bisnis memerlukan gelar sarjana atau lebih tinggi. Animator mendesain grafik dan efek khusus untuk digunakan dalam video game, televisi, film, perangkat seluler, dan bentuk media lainnya. 

Gelar sarjana dalam bidang animasi membantu mahasiswa meningkatkan kemampuan membuat sketsa, melukis, dan menulis naskah. Mereka juga belajar bagaimana menganimasikan karya mereka dalam 2D atau 3D menggunakan perangkat lunak khusus, sehingga harus lebih paham mengenai teknologi.

Mata Kuliah Jurusan Animasi

Sama halnya seperti jurusan lain, Anda juga mendapatkan beberapa mata kuliah yang harus dipelajari apabila masuk ke dalam lingkup ini. Sebelum memutuskan masuk dan menekuni bidang ini, alangkah baiknya mengetahui deretan hal yang akan dipelajari kedepannya. Berikut macam-macam matkulnya!

  • Desain: Memperluas pengetahuan Anda tentang aspek formal dan prinsip desain.
  • Prinsip Animasi: Menunjukkan cara menerapkan prinsip dasar animasi.
  • Life Drawing: Membantu Anda mengasah keterampilan menggambar dasar.
  • Storyboarding: Memperkenalkan konsep dan praktik mendongeng secara visual 2D dan 3D.
  • Animasi Karakter: Mata kuliah yang berfokus pada teknik animasi karakter.
  • Storytelling: Membahas cara menulis untuk film animasi dan serial televisi. 
  • Acting/Gerakan: Mengajari Anda emosi dan gerakan untuk kontek animasi.
  • Pemodelan 3D: Meliputi dasar-dasar pemodelan komputer 3D.
  • Sejarah Animasi: Menjelaskan sejarah animasi dan film. 
  • Konsep dan Kreasi: Mata kuliah ini akan mempersiapkan Anda untuk membuat film tesis. 
  • Produksi Film: Ini memungkinkan Anda untuk berkonsentrasi membuat film tesis.
  • Pasca Produksi: Memungkinkan Anda memberikan sentuhan akhir pada fim tesis tersebut. 

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Animasi

Jika Anda berminat untuk menekuni bidang tersebut, rencanakan mulai sekarang dan ketahui apa saja profesi yang bisa didapatkan. Semua pekerjaan di lingkup ini tentunya lebih fleksibel daripada lainnya. Guna mengetahui informasinya lebih lanjut, simak ulasan di bawah ini dengan seksama!

1. Illustrator 

Illustrator adalah seorang profesional yang membuat representasi visual dari hal-hal lain seperti teks tertulis atau gagasan abstrak sehingga pemirsa dapat memahaminya dengan lebih baik. Mereka dapat membuat illustrasi yang berfungsi untuk tutorial, video game, iklan, poster, dan novel. 

Mereka sering bertugas menggunakan foto referensi untuk membuat ilustrasi lingkungan dan karakter. Illustrator menggunakan pena, cat air, ukiran kayu, pastel, dan airbrush untuk membuat kreasi tersebut. Sekarang sudah banyak bisa Anda temukan para illustrator berbagai di berbagai tempat melalui internet.

2. Video Editor

Editor video adalah seorang profesional yang menggabungkan rekaman individu ke dalam proyek media yang lengkap, seperti iklan, acara TV, atau film. Mereka memperhitungkan berbagai faktor saat mengembangkan proyek mereka, seperti efek khusus, grafik, percakapan, dan rekaman kamera. 

Tanggung jawab lainnya termasuk mengikuti spesifikasi produsen, mengikuti jadwal, dan membuat revisi pasca produksi yang diperlukan. Profesi ini tentu harus bisa bersahabat dengan keberadaan teknologi serta aplikasi-aplikasi juga software tertentu guna mendukung keberhasilan pekerjaannya.

3. Produser Film

Pekerjaan yang bisa Anda dapatkan selanjutnya dari jurusan animasi adalah Produser. Produser film adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengembangkan alur cerita yang dapat dipasarkan untuk sebuah film. Mereka mengawasi dan mengkoordinasikan produksi sebuah film dari awal hingga akhir. 

Mereka mengawasi logistik pembuatan film dan memastikan bahwa film tersebut dirilis sesuai jadwal dan anggaran. Produser Film juga bertindak sebagai pengontrol kualitas, memandu operasi dan memastikan kesuksesan proyek di sepanjang lini masa produksi penuh. 

4. Pembuat Model

Pembuat model adalah seorang profesional yang membuat model tiga dimensi untuk mengilustrasikan konsep atau desain yang sulit dipahami. Mereka berbeda dari pemodelan 3D karena biasanya membuat model untuk tujuan instruksional daripada tujuan rekreasi. Profesi ini bisa bekerja di berbagai jenis bisnis. 

Mereka membantu pakar lain dalam membuat konsep pekerjaan menjadi lebih baik. Misalnya, pemodel matematika membuat model untuk menjelaskan cara kerja persamaan kompleks, seperti fungsi implisit. Industri manufaktur, bisa memakai model digital guna mengilustrasikan cara kerja barang baru.

5. Desainer Grafis

Desainer grafis menghasilkan konten visual untuk cetak serta platform digital. Mereka terlibat dalam pembuatan iklan, buletin, majalah, media digital, film, desain situs atau aplikasi, pengemasan produk, dan lainnya. Mereka juga diminta menyampaikan pesan secara grafis oleh korporasi, klien, atau art director. 

Perancang kemudian menciptakan elemen visual tersebut dengan menggabungkan teks, grafik, dan warna. Mereka juga memiliki tanggung jawab yang cukup banyak, seperti membuat logo, ilustrasi digital dengan software, visual dari data dan ide, serta penyesuaian pada desain setelah mempresentasikannya kepada klien atau manajer.

Itu tadi informasi berkaitan dengan prospek kerja dan mata kuliah jurusan animasi yang bisa Anda jadikan sebagai gambaran sebelum menekuni bidang ini di masa depan. Selain itu, mulailah mencari tahu hal lain tentang animasi ini agar nanti saat terjun ke bangku kuliah tidak terlalu bingung.

0 Response to " Kenali Prospek Kerja Setelah Lulus Kuliah Jurusan Animasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel