Iklan Bawah Header

Ketahui Apa Saja Mata Kuliah Jurusan Sistem Informasi Sebelum Daftar!

Ketahui Apa Saja Mata Kuliah Jurusan Sistem Informasi Sebelum Daftar!

Setiap jurusan pasti memiliki matkul berbeda-beda yang disesuaikan dengan passion juga kebutuhan dar mahasiswa. Sama halnya seperti mata kuliah jurusan sistem informasi ini. Mahasiswa di bidang ini memiliki prospek kerja luas karena mengabdikan dirinya pada perusahaan atau organisasi tertentu. 

Mata Kuliah Jurusan Sistem Informasi

Sama halnya seperti jurusan lain, Anda juga harus menempuh beberapa mata kuliah yang telah disediakan di dalam jurusan ini. Banyak hal dapat dipelajari karena para lulusan harus bisa menerapkan ilmunya ke perusahaan atau organisasi. 

Ada beberapa mata kuliah yang seringkali disebutkan saat seseorang ingin mendaftarkan diri menjadi salah satu mahasiswa jurusan sistem informasi ini. Setiap matkul pastinya memiliki fokus berbeda-beda yang dapat membantu para lulusan dalam mengaplikasikannya ke dunia nyata.

Macam-macam mata kuliahnya yakni perencanaan sumber daya perusahaan, keamanan aset informasi, manajemen risiko teknologi informasi, desain dan manajemen proses bisnis, manajemen proyek teknologi informasi, bahasa pemrograman, sistem dan teknologi informasi, serta masih banyak lainnya.

Alasan Mengapa Harus Memilih Jurusan Sistem Informasi

Ketika mereka mendengar tentang Sistem Informasi, banyak orang merasa terbebani atau kehabisan akal. Sistem informasi adalah topik studi luas yang menggabungkan bisnis dan ilmu komputer. Tentu ada bermacam alasan mengapa Anda harus memilih jurusan ini saat berkuliah nanti. Berikut ulasannya!

1. Fleksibel dalam Bekerja

Jam kerja mungkin fleksibel dan sebagian besar memungkinkan untuk memilih jadwal sendiri, tetapi juga dapat bekerja dari kantor atau rumah. Sebagai seseorang yang bekerja paling baik dengan fleksibilitas, Anda akan menemukan bahwa karir di bidang teknologi informasi memberi semua hal itu. 

Apakah Anda suka bekerja sendiri atau bekerja lebih kolaboratif. Selain itu, beberapa peran dalam Sistem Informasi memungkinkan untuk melakukan pekerjaan secara individu yang disukai banyak orang. Posisi lain memerlukan kerja sama tim dan merupakan alternatif bagi sebagian orang.

2. Penghasilan Lebih Tinggi

Kebutuhan yang semakin beragam seiring berjalannya waktu menuntut semua orang untuk memperbaiki keadaan finansial mereka agar menjadi lebih baik. Salah satu alasan terpenting orang menekuni profesi di bidang sistem informasi adalah karena posisi ini memiliki pendapatan cukup besar di berbagai posisi. 

Jika memutuskan untuk mengejar karir di bidang keamanan informasi, Anda pasti akan mendapatkan imbalan yang bagus. Lulusan terbaru dapat mulai dengan gaji cukup besar dan naik ke jabatan dalam perusahaan dalam hitungan tahun.

3. Bidangnya Terus Berkembang

Setiap hari, teknologi mengalami kemajuan, dan tidak ada tanda-tanda akan melambat dalam waktu dekat. Akibatnya, bidang sistem dan teknologi informasi akan terus tumbuh dan berkembang. Ini berarti Anda akan selalu mendapatkan permintaan bekerja yang tinggi. 

Posisi baru akan selalu dibuat, dan spesialis teknologi akan diminta untuk mengisinya. Jadi, tidak perlu khawatir lagi jika sudah lulus dari jurusan ini. Yakinlah bahwa sebagai seseorang dengan gelar Sarjana Sistem Informasi, Anda akan mendapatkan pekerjaan yang baik.

4. Bukan Hanya Belajar Teori

Biasanya, di jurusan lain Anda akan membahas atau mendiskusikan tentang teori dari suatu mata kuliah tanpa mengerti cara mempraktekkannya. Tentu ini akan sangat sulit bagi mereka yang tidak bisa paham dengan teori saja. Namun, beda jika mulai terjun ke jurusan sistem informasi ini.

Meskipun tampaknya Anda akan tenggelam dalam buku teks dan karya teoretis, ini tidak sepenuhnya akurat. SI bisa menjadi pilihan yang bagus jika lebih suka praktik langsung. Banyak kursus SI akan mengajarkan cara membuat dan mendesain hal-hal seperti grafik komputer dan situs web.

Prospek Kerja yang Bisa Anda Dapatkan

Seperti penjelasan sebelumnya, prospek kerja yang bisa Anda dapatkan di jurusan ini tentunya melimpah. Apalagi perkembangan teknologi mengalami kemajuan dan perkembangan seiring berjalannya waktu. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak ulasan di bawah ini dengan seksama!

1. Analisis Keamanan Informasi

Prospek kerja yang pertama yakni menjadi seorang analisis keamanan informasi. Analis keamanan informasi membantu pertahanan sistem dan jaringan perusahaan terhadap serangan dunia maya, malware, virus, dan peretas. 

Ini dicapai melalui identifikasi potensi kerentanan dan ancaman, penyelidikan pelanggaran keamanan, pengembangan kebijakan dan proses keamanan. Selain itu, berkaitan juga dengan pemasangan sistem pertahanan seperti firewall, perlindungan virus, dan enkripsi data.

2. Analisis Keamanan Cyber

Analis keamanan cyber mengevaluasi risiko keamanan digital perusahaan dan memberikan rekomendasi untuk mengurangi bahaya tersebut. Analis seringkali merupakan salah satu dari beberapa anggota tim yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa organisasi terlindungi dari ancaman eksternal.

Mereka memiliki tanggung jawab yang lumayan banyak, seperti mengevaluasi keamanan jaringan atau perangkat digital apa pun yang terhubung ke jaringan. Selain itu, mereka juga menerapkan reaksi terhadap ancaman untuk mengurangi bahaya penyerangan serta meminimalisir kerusakan. 

3. Administrator Jaringan

Manajemen, pemantauan, dan keamanan jaringan online organisasi disebut sebagai administrasi jaringan. Jika tertarik dengan administrasi jaringan dan teknologi informasi (TI), Anda harus berpikir untuk menekuni profesi ini.

Seorang administrator jaringan bertanggung jawab atas pemeliharaan jaringan area lokal (LAN), jaringan area luas (WAN), internet, intranet, dan sistem segmen jaringan. Mereka memasang perangkat keras jaringan, mengajar pengguna, dan memastikan stabilitas umum serta keamanan jaringan.

Itulah ulasan untuk memberikan informasi kepada Anda mengenai mata kuliah jurusan sistem informasi dan prospek kerja. Seiring berjalannya waktu, pasti kebutuhan menjadi lebih meningkat, sehingga kondisi finansial mesti dipastikan stabil. Jurusan ini menjadi batu loncatan paling ampuh menangani hal tersebut.

0 Response to "Ketahui Apa Saja Mata Kuliah Jurusan Sistem Informasi Sebelum Daftar!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel