Iklan Bawah Header

Universitas yang Ada Jurusan Psikologi dan Prospek Kerjanya

Universitas yang Ada Jurusan Psikologi dan Prospek Kerjanya

Universitas yang ada jurusan psikologi di Indonesia memang bisa dihitung jari. Alasannya, karena bidang ini masih memiliki minat yang sedikit di tengah masyarakat. Padahal jika ditekuni dengan baik, prospek kerja kedepannya sangatlah menguntungkan bagi kehidupan mereka.

Rekomendasi Universitas yang Ada Jurusan Psikologi

Indonesia memiliki cukup banyak universitas bergengsi yang tersebar di berbagai wilayah. Bahkan, beberapa dari mereka juga menyediakan jurusan psikologi dengan akreditasi bagus. Jika Anda ingin terjun ke bidang tersebut, ketahui rekomendasi universitas dengan jurusan psikologi terbaik di Indonesia!

1. Universitas Pendidikan Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan eksistensi Universitas Pendidikan Indonesia yang menjadi salah satu tempat kuliah para lulusan guru di Indonesia. Ternyata, kampus ini juga menyediakan jurusan psikologi yang tak kalah terkenalnya dari kampus-kampus lain serta mampu mencetak lulusan berkualitas. . 

Bahkan, universitas ini mendapatkan ranking di urutan 1001 - 1200 di dunia. Angka tersebut menandakan bahwa universitas dengan julukan kampus siliwangi ini memang patut diacungi jempol. Akreditasi jurusan psikologi juga cukup bagus, yakni B, sehingga tidak perlu ragu dengan pendidikannya.

2. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia sudah lama dikenal menjadi universitas bergengsi yang ada di Indonesia dan menjadi incaran anak-anak muda zaman sekarang. Ranking Univ ini berada diurutan 801 - 1000 di dunia. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi mengenai pendidikan di kampus ini.

Hal ini terjadi karena ada banyak hal bisa dipelajari oleh mahasiswa. Julukan dari Universitas Indonesia sendiri adalah Kampus Kuning karena identik dengan logonya. Bagi Anda yang ingin mendaftarkan diri ke jurusan psikologi di kampus ini, tentu patut berbangga karena akreditasinya sudah mencapai A.

3. Universitas Airlangga

Rekomendasi Universitas selanjutnya adalah Universitas Airlangga. Universitas Airlangga juga bisa Anda jadikan sebagai rekomendasi apabila ingin mendaftarkan diri ke jurusan psikologi. Kampus ini terletak di Kota Surabaya dan sudah banyak mencetak para lulusan profesional serta berbakat. 

Selain itu, tersedia juga banyak jurusan yang bisa Anda pilih sesuai dengan minat, salah satunya adalah psikologi. Akreditasi jurusan psikologi di universitas ini cukup tinggi, yakni A. Jadi, dapat dijadikan sebagai solusi apabila ingin terjun menekuni bidang tersebut melalui pembelajaran berkualitas.

4. Universitas Brawijaya

Hampir semua orang mengenal universitas ini yang berlokasi di Malang. Jika di Tangerang menemukan Kampus Kuning, di Malang Anda akan bertemu dengan Kampus Biru, yakni Universitas Brawijaya atau UniBraw. Kampus ini memiliki cukup banyak jurusan di berbagai bidang. 

Jika Anda berminat untuk menekuni bidang psikologi, mungkin UniBraw bisa menjadi salah satu alternatif solusinya. Akreditasi jurusan tersebut sudah cukup bagus, yakni memiliki akreditasi B. Bahkan menjadi urutan ke 5 kampus yang dengan jurusan psikologi terbaik di Indonesia versi THE 2022.

Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Jurusan psikologi adalah salah satu jurusan yang cukup bergengsi di Indonesia. Namun, hanya ada beberapa universitas menyediakan bidang ini. Padahal, prospek kerjanya sangatlah memukau jika ditekuni seiring berjalannya waktu. Lalu, ada profesi apa saja di psikologi?

1. Psikolog Sewaan

Dengan lebih banyak belajar dan pelatihan, seseorang mampu menjadi seorang psikolog sewaan. Dalam profesi yang sangat terspesialisasi ini, psikolog bisa berinteraksi dengan orang-orang dari semua lapisan masyarakat. Anda akan melakukan pemeriksaan pada perilaku, ide, dan emosi pasien atau klien.

Tujuannya untuk lebih memahami dan memberi nasihat tentang tindakan tertentu dan kesulitan psikologis. Sebagai seorang psikolog sewaan, mereka dapat mengambil spesialisasi dalam berbagai bidang, termasuk psikologi pekerjaan, psikologi pendidikan, psikologi olahraga, dan kesehatan mental.

2. Psikoterapis

Seorang psikoterapis bekerja dengan individu, pasangan, kelompok, atau keluarga untuk membantu mereka mengatasi gangguan psikologis. Misalnya, seperti masalah emosional dan interpersonal, stres, bahkan kecanduan. Itu tergantung pada apa yang menjadi fokus psikoterapis saat kuliah dan minatnya. 

Anda dapat bekerja sebagai psikoterapis dengan berbagai cara. Pendekatan perilaku kognitif, terapi psikoanalitik serta psikodinamik. Selain itu, bisa juga melalui beberapa contoh seperti terapi seni, terapi teater, psikoterapi humanistik dan integratif, hipno-psikoterapi, hingga terapi pengalaman.

3. Pekerja Sosial

Seorang pekerja sosial adalah seseorang yang membantu individu yang mengalami masa-masa sulit dalam hidup mereka, seperti anak-anak dan orang tua, orang cacat, dan korban kejahatan dan pelecehan. Tanggung jawab seorang pekerja sosial adalah untuk melindungi orang-orang ini dari bahaya 

Selain itu, juga memberi bantuan sehingga mereka dapat memperbaiki kondisi orang-orang itu. Pekerja sosial dapat bekerja di sekolah, rumah, rumah sakit, atau lembaga pemerintah lainnya, dan biasanya berspesialisasi dalam bekerja dengan anak-anak, keluarga, dan orang dewasa yang sudah rentan.

4. Konselor

Seorang konselor akan membantu orang untuk memahami kehidupan dan pengalaman mereka melalui eksplorasi perasaan dan emosi. Karakteristik utama seorang konselor adalah kemampuan untuk mendengarkan, bersimpati, menunjukkan rasa hormat dan kesabaran, dan mengevaluasi masalah. 

Tujuannya untuk membantu klien mengatasi kondisinya dan mengambil keputusan. Konseling, seperti psikoterapi, adalah jenis terapi bicara yang dapat mencakup topik seperti pernikahan serta keluarga, kesehatan, rehabilitasi, pendidikan, kesedihan, kesehatan mental, bimbingan karir, juga pediatri.

Itu tadi ulasan lengkap yang dapat Anda ketahui jika ingin terjun ke ke bidang psikologi berkaitan dengan prospek kerjanya. Mulailah rajin dalam belajar dari sekarang dan sebisa mungkin bulatkan tekad agar bisa lolos di universitas yang ada jurusan psikologi Indonesia seperti rekomendasi di atas tadi.

0 Response to "Universitas yang Ada Jurusan Psikologi dan Prospek Kerjanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel