Iklan Bawah Header

Universitas yang Ada Jurusan Tata Boga dan Terbaik di Indonesia

Universitas yang Ada Jurusan Tata Boga dan Terbaik di Indonesia

Universitas yang ada jurusan tata boga memang sedikit dan hanya ada beberapa saja. Namun, peminatnya cukup banyak di kalangan masyarakat. Selain itu, persaingan untuk masuk ke dalamnya juga sangat ketat. Jika ingin terjun ke bidang ini, sebaiknya persiapkan diri lebih matang lagi.

Rekomendasi Universitas yang Ada Jurusan Tata Boga

Ada beberapa rekomendasi universitas yang menyediakan jurusan tata boga bagi calon mahasiswanya. Semuanya mampu memberikan pelayanan pendidikan secara memukau dan juga berkualitas. Untuk mengetahui apa saja nama-nama universitas tersebut, simak ulasan di bawah ini dengan seksama!

1. Universitas Malang

Selain Universitas Brawijaya Malang juga memiliki kampus lain yang bernama Universitas Negeri Malang. Di sini, Anda akan menemukan jurusan Tata Boga yang berfokus pada bidang kuliner. Jurusan ini cukup sulit untuk dicari, karena hanya ada beberapa universitas saja di Indonesia. 

Lulusan dari UM, akan mendapatkan gelar S1. Namun, jika ingin menempuh studi selama 3 tahun, di sini juga tersedia program D3. Ada banyak hal bisa dipelajari, mulai dari bisnis kuliner, pengelolaan makanan, dan juga bakery serta pastry.

2. Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya ada Universitas Pendidikan Indonesia yang memiliki julukan Kampus Siliwangi dan berlokasi di Kota Bandung, Jawa Barat. Kampus ini menyediakan jurusan tata boga bagi mereka yang memiliki passion di bidang kuliner. Namun, Anda harus bersaing secara ketat dengan calon mahasiswa lain.

Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena UPI hanya menyediakan satu kelas besar saja. Jadi, tidak heran jika seleksinya sangatlah ketat. Untuk fokus pembelajarannya, mahasiswa akan mempelajari tentang pastry, jasa boga, manajemen catering serta masih banyak lainnya.

3. Universitas Negeri Surabaya

Jika Anda berada di sekitar wilayah Surabaya dan mencari universitas dengan jurusan tata boga terbaik, mungkin Universitas Negeri Surabaya ini bisa dijadikan sebagai solusi. Di sini, mahasiswa akan mempelajari cukup banyak mata kuliah dengan penyampaian yang mudah dipahami. 

Mereka juga akan mempelajari tentang bakery, pastry, dekorasi boga, dan manajemen boga. Selain itu, Anda bisa mengembangkan kemampuan dalam mempelajari banyak masakan lokal maupun internasional yang sesuai dengan kebutuhan hotel, restoran, serta tempat makan lainnya. 

Alasan Masuk Jurusan Tata Boga

Banyak orang mengenal jurusan tata boga namun peminatnya masih sedikit. Padahal, ada beberapa alasan yang bisa mereka jadikan dasar untuk menekuni bidang ini, mulai dari travelling, hingga bereksperimen pada makanan tentunya. Berikut ini beberapa alasan masuk jurusan tata boga, yakni:

1. Memberikan Kesempatan Menjelajah Banyak Tempat

Alasan yang pertama yakni memberikan kesempatan untuk menjelajahi banyak tempat. Bisnis makan dapat ditemukan di seluruh dunia, oleh karena itu seseorang dapat bekerja sebagai koki hampir di mana saja. Jika bekerja untuk restoran waralaba, Anda mungkin dapat pindah ke lokasi lain.

Ada juga pilihan untuk bekerja sebagai koki di atas kapal pesiar, yang memungkinkan Anda untuk melihat dan mempelajari berbagai budaya. Ini tentu akan memberi pengalaman tersendiri, apalagi jika memiliki kegemaran travelling untuk meraih momen berharga di beberapa tempat. 

2. Waktu Kerja Fleksibel

Profesi sebagai koki adalah pilihan yang sangat baik bagi orang yang ingin bekerja dengan jam kerja yang tidak konvensional. Misalnya, restoran sarapan siang hanya boleh buka dari jam 9 pagi sampai jam 1 siang. Koki yang bekerja di lingkungan ini dapat pergi bekerja dan pulang lebih awal.

Tentu hal tersebut memungkinkan Anda menghabiskan waktu bersama keluarga dan menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang sehat. Beberapa juru masak memilih untuk bekerja lembur sehingga mereka dapat menghadiri janji temu serta menjalankan tugas di siang hari.

3. Bisa Mempelajari Skill Baru

Seorang chef memiliki banyak kesempatan belajar. Jika baru mengenal profesi kuliner, Anda dapat melamar magang dan mencari mentor yang akan mengajari semua yang perlu diketahui. Video online dan sumber daya lainnya juga dapat membantu dalam mempelajari prosedur serta teknik memasak baru.

Pendidikan formal tidak diperlukan untuk menjadi koki profesional, tetapi mungkin berguna. Anda bisa mendapatkan gelar Bachelor of Science in Culinary Arts dari universitas. Selain itu, bisa mendaftar di sekolah kuliner untuk mendapatkan sertifikasi atau gelar associate sebelum berfokus untuk bekerja.

4. Menuangkan Ketertarikan pada Sains

Koki menggunakan sains untuk meningkatkan teknik persiapan makanan dan menemukan cara baru. Mereka memahami bagaimana komposisi makanan berubah akibat beberapa teknik dalam memasak. Memasak dan menyiapkan makanan adalah ilmu praktis, dan koki harus benar-benar memahaminya.

Mereka mungkin juga menggunakan peralatan seperti nitrogen cair dan laser untuk membuat piringan konvensional dengan cara baru. Seorang koki juga sering mengukur elemen di dapur dengan gelas ukur, timbangan, dan termometer, yang dapat menjadi pekerjaan yang memuaskan bagi pecinta sains.

5. Memudahkan Anda Menuangkan Ide Kreatif

Karier sebagai koki memungkinkan Anda menggunakan imajinasi. Mereka dapat membuat resep sendiri atau memodifikasi yang sudah ada. Selain itu, chef juga dapat bereksperimen dengan hiasan yang berbeda untuk mengesankan pelanggan dengan presentasi visual.

Selama musim kerja padat, pilihan bahan masakan koki mungkin terbatas. Mereka dapat menggunakan pemecahan masalah dan kemampuan kreatif mereka untuk melakukan penggantian bahan-bahan tersebut secara tepat. Banyak juru masak menyukai kegembiraan yang berasal dari pemikiran cepat.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai universitas yang ada jurusan tata boga beserta prospek kerjanya secara luas. Bagi Anda pecinta kuliner, sebaiknya tekuni bidang ini dan mulai belajar dari sekarang agar nantinya bisa lolos seleksi.

0 Response to "Universitas yang Ada Jurusan Tata Boga dan Terbaik di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel