Iklan Bawah Header

Jarang Dilirik, Ini Dia Prospek Kerja Lulusan Kuliah Jurusan Multimedia

Jarang Dilirik, Ini Dia Prospek Kerja Lulusan Kuliah Jurusan Multimedia

Kuliah Jurusan Multimedia memang tidak terlalu dilirik oleh beberapa orang terutama di Indonesia. Padahal, jika ditekuni dengan serius, bidang ini bisa memberi lapangan pekerjaan secara luas, baik secara individu maupun bekerja dalam perusahaan bisnis. Apalagi di zaman teknologi seperti saat ini.

Alasan Memilih Kuliah Jurusan Multimedia

Jika Anda tertarik dengan desain media untuk menumpahkan kreativitas di dalamnya, mungkin menjadi seorang ahli Multimedia bisa dijadikan sebagai profesi di masa mendatang. Namun, kalau ragu, alangkah baiknya mengetahui beberapa alasan guna membangkitkan niat terjun ke bidang itu di bawah ini!

1. Pertumbuhan Pribadi dan Profesional

Jurusan Multimedia memberi Anda cara baru untuk berpikir tentang dunia. Kurikulum mendorong seseorang keluar dari zona nyaman dan memaksa mereka untuk berpikir di luar kotak untuk bersaing di era digital. Apalagi di zaman yang penuh dengan perkembangan teknologi pada saat ini. 

Ini bisa Anda jadikan sebagai peluang besar untuk menekuninya. Disamping itu, bidang ini tidak akan redup seiring berjalannya waktu, karena kedepannya banyak sekali inovasi baru di lingkup multimedia. Jadi, hal itu dapat dijadikan dasar agar memiliki motivasi kuat menekuni bidang tersebut kedepannya. 

2. Bidang yang Menarik

Multimedia adalah pilihan karir yang menarik di mana Anda dapat menggunakan kecintaan pada seni untuk digunakan setiap hari. Pengusaha saat ini menginginkan seseorang yang memiliki pengalaman dengan grafik dan perencanaan. Seorang ahli multimedia benar-benar bisa mempengaruhi segalanya.

Di setiap bidang multimedia, Anda akan dapat membuat gaya, karakter, latar belakang, dan lingkungan yang benar-benar berbeda setiap hari tanpa kehilangan minat. Ini memberi keleluasaan bagi seseorang juga untuk bisa menuangkan kreatifitasnya dalam bekerja serta menciptakan hal baru yang lebih baik.

Profesi Lulus dari Kuliah Jurusan Multimedia

Walaupun jarang diketahui oleh banyak orang, Jurusan Multimedia menyediakan beragam lapangan pekerjaan yang bisa semua orang tekuni. Bahkan, prospek kerjanya memiliki jam kerja sangat fleksibel, sehingga Anda bisa melakukan aktivitas lain bersama keluarga maupun teman. Lalu, apa saja itu?

1. Jurnalis

Seorang jurnalis menggunakan keterampilan penelitian, wawancara, pelaporan, dan menulis untuk mendapat informasi tentang peristiwa terkini kepada publik. Mereka dapat meliput peristiwa politik, konferensi bisnis, atau adegan pembunuhan untuk membawa sebuah cerita ke perhatian masyarakat. 

Mereka juga memiliki beberapa tugas, seperti menyelidiki catatan publik juga database untuk mendapatkan informasi guna memperkuat artikel, menulis artikel serta ekstrak jurnal yang memberi pembaca perspektif unik mengenai acara tersebut, dan masih banyak tugas lainnya.

2. Interpreter

Pernahkan Anda berada atau melihat acara yang memiliki seorang penerjemah di dalamnya? Tugas mereka adalah menerjemahkan apa yang narasumber sampaikan ke bahasa penonton. Dengan cara tersebut, audiens bisa memahami informasi dari narasumber secara baik tanpa adanya miskomunikasi. 

Penerjemah adalah seseorang yang mengubah komunikasi dari satu bahasa ke bahasa lain. Mereka dapat menjalankan tugasnya dengan menggunakan komunikasi lisan, rekaman, atau tertulis agar pengguna akhir memahami pesan asli dan tujuan dari data atau informasi itu sendiri secara baik nanti.

3. Social Media Manager

Social Media Manager bertanggung jawab atas akun media sosial organisasi. Mereka mempromosikan bisnis dan melibatkan pelanggan dengan memanfaatkan pengetahuan canggih. Selain itu, profesi ini juga memiliki beberapa tugas penting yang dilimpahkan kepadanya oleh pihak perusahaan. 

Pekerjaan tersebut adalah menentukan target pasar, menghasilkan konten media sosial untuk setiap platform agar bisa menjangkau mereka, melacak serta menanggapi interaksi pelanggan di situs media sosial, melakukan pemantauan, melaporkan keterlibatan, dan mengetahui tren media sosial. 

4. Animator

Selanjutnya yakni menjadi Seorang animator. Keberadaan animasi pada zaman sekarang memang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan, banyak sekali kreator tersebar di beberapa platform digital. Profesi ini adalah seorang profesional di bidang seni dan hiburan.

Mereka menggambar dan mengembangkan berbagai materi untuk berbagai media seperti video game, film, televisi, serta periklanan. Pakar ini sering berspesialisasi dalam satu aset guna mengasah bakat, menguasai teknik yang diperlukan, juga mendapatkan pekerjaan sebagai anggota tim animasi.

5. Desainer Multimedia

Desainer multimedia menggunakan gambar, materi tertulis, grafik, dan video untuk membuat presentasi, seperti kampanye pemasaran, untuk audiens yang dituju. Desainer multimedia dapat mengembangkan materi untuk digunakan di situs web, televisi, game, social media, platform, iklan, hingga film. 

Dengan media tersebut, diharapkan penyampaian informasi dapat berjalan secara baik juga mudah dipahami oleh audiens. Mereka menganimasikan karakter, berkolaborasi dengan tim proyek untuk menjaga anggaran dan jadwal, serta menggunakan berbagai alat desain untuk melakukan pekerjaannya.

6. Editor Video 

Editor video bertugas mengedit dan menggabungkan video menjadi keluaran akhir yang dapat disiarkan ke audiens. Bergantung pada tujuan video, industri atau organisasi, dan di mana video akan ditampilkan, mereka dapat menggunakan efek dan grafik khusus, musik, sudut kamera, teks, dan aspek lainnya. 

Editor video menggunakan kreasi tertentu untuk menceritakan sebuah cerita. Bahkan, mungkin perlu mengedit video yang sudah diproduksi untuk memperbaiki kesalahan atau menambahkan materi yang hilang. Mereka harus bisa terbiasa dengan keberadaan perangkat lunak maupun teknologi di sekitarnya.

Diharapkan ulasan di atas mampu memberikan gambaran dan informasi lengkap yang bisa Anda jadikan sebagai motivasi untuk terjun serta kuliah Jurusan Multimedia. Memanfaatkan perkembangan teknologi seperti saat ini secara baik. Tumpahkan juga kreatifitas dalam diri agar bisa menciptakan hal baru nanti.

0 Response to "Jarang Dilirik, Ini Dia Prospek Kerja Lulusan Kuliah Jurusan Multimedia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel