Iklan Bawah Header

Ini yang Akan Kalian Pelajari di Kuliah Jurusan Olahraga

Ini yang Akan Kalian Pelajari di Kuliah Jurusan Olahraga

Indonesia memiliki banyak Universitas yang berjajar dari Sabang hingga Merauke. Mereka memiliki kualitas dan keunggulannya sendiri. Jika Anda tertarik dengan olahraga, bisa menjadikannya opsi untuk masuk ke Perguruan Tinggi dan kuliah Jurusan Olahraga di salah satu Univ ternama di Indonesia.

Mata Kuliah Jurusan Olahraga

Sama halnya seperti jurusan lainnya, di sini Anda juga akan mempelajari beberapa mata kuliah umum maupun spesifik yang sesuai dengan bidang tersebut. Jika ingin terjun ke lingkup ini, sebaiknya ketahui dulu berbagai hal yang akan dipelajari di dalamnya. Mulai dari materi umum hingga khusus. 

Di Jurusan ini, Anda akan mempelajari tentang Kimia, Biologi, Atletik dasar, Fisika, Biokimia, Filsafat Olahraga, Matematika, Renang dasar, Kesehatan Mental, Antropologi, Massage, Histologi, Psikologi Olahraga, Sistem energi, Ilmu gizi olahraga, Fisioterapi olahraga, Doping, Kesehatan olahraga, dll. 

Jurusan Olahraga tidak melulu tentang fisik, namun juga teori yang bisa Anda terapkan ke depannya. Jadi, jika memang tertarik di bidang ini, mulai latih fisik dari sekarang. Cari juga rekomendasi Perguruan Tinggi terbaik di bidang ini agar dapat memaksimalkan ilmu serta pengetahuan kedepannya. 

Profesi Kerja di Bidang Olahraga

Profesi kerja di bidang olahraga pastinya cukup banyak dan melimpah. Selain itu, peluangnya juga sangat besar bagi para lulusan terbaik di jurusan ini. Selain itu, ada beragam manfaat bisa didapatkan dari bidang ini bagi seseorang. Untuk mengetahui informasi mengenai prospek kerjanya, ini ulasannya!

1. Direktur Atletik

Seorang direktur atletik adalah kepala departemen atletik perguruan tinggi, universitas, atau sekolah menengah atas. Mereka yang mengawasi semua atau sebagian besar operasi harian departemen tersebut. Tanggung jawab terpenting profesi ini adalah mengelola hubungan antar masyarakat. 

Tanggung jawab lainnya termasuk pembuatan dan pengelolaan anggaran, perencanaan perjalanan, serta pengawasan karyawan. Direktur atletik mungkin bertugas memesan peralatan juga menyeimbangkan anggaran, tergantung pada ukuran sekolah menengah atau perguruan tinggi.

2. Pelatih Atletik

Pelatih atletik adalah spesialis perawatan kesehatan yang merawat dan mencegah cedera atlet serta masalah medis lainnya di bawah pengawasan dokter. Mencegah cedera, memerlukan pembinaan atlet pada latihan meningkatkan keseimbangan, kekuatan, penggunaan peralatan, juga diet secara tepat.

Jika terjadi kecelakaan, pelatih atletik memberikan perawatan darurat dan merekomendasikan rencana perawatan. Tugas administratif, seperti penulisan laporan serta pencatatan, juga juga menjadi tugasnya. Mereka yang membantu tim olahraga mungkin diminta untuk menghadiri sesi latihan dan pertandingan.

3. Pelatih Atletik

Pelatih atletik bekerja dengan individu atau tim untuk mengembangkan keterampilan dan bakat dalam olahraga tertentu. Mereka bekerja dengan tim amatir, sekolah menengah, perguruan tinggi, hingga profesional. Pelatih serta pembantu mereka bertanggung jawab untuk menginspirasi tim agar unggul. 

Mereka melacak pesaing juga menyusun rencana untuk membantu tim menang. Pelatih dan asisten mengembangkan rencana pelatihan, memberikan saran tentang metode latihan, menilai kebugaran fisik dan emosional pemain, serta memberikan bantuan sesuai kebutuhan.

4. Negosiator Kontrak

Selanjutnya yakni menjadi seorang Negosiator kontrak. Orang ini merupakan seorang profesional yang menegosiasikan kontrak dengan tim atas nama klien atlet mereka. Tujuan mereka adalah untuk mengamankan kontrak yang menguntungkan bagi klien. 

Tanggung jawab lain mungkin termasuk pemasaran dan dukungan, menciptakan hubungan yang dapat dipercaya dengan klien, merekrut atlet, menandatangani kontrak, mematuhi aturan serta peraturan, mengetahui etika perusahaan, hingga pemeliharaan kontrak.

5. Manajer Operasi Fasilitas

Seorang manajer operasi fasilitas olahraga, sering dikenal sebagai "eksekutif operasi stadion atau manajer arena," bertanggung jawab atas manajemen sehari-hari stadion, fasilitas, atau arena olahraga. Mereka bertanggung jawab atas tanggung jawab sehari-hari seperti perencanaan dan koordinasi acara .

Selain itu mereka melakukan penyewaan, pembelian, mengawasi pekerja fasilitas olahraga, mendesain ulang, membangun fasilitas, juga tugas manajerial lainnya. Kemampuan strategis serta operasional diperlukan, dan sebagian besar manajer fasilitas akan menjadi komunikator hingga pemimpin hebat.

6. Manajer Umum

Seorang manajer umum bertanggung jawab atas operasi sehari-hari klub atau organisasi olahraga. Mereka dapat bertindak sebagai juru bicara selama pengarahan media dan bertanggung jawab atas pemasaran serta keuangan perusahaan. 

Karena manajer umum bertugas menyusun tim, mereka sering mengawasi proses perekrutan, penandatanganan, mengelola pelatih, dan mengawasi tim pengembangan. Mereka juga merundingkan kontrak dengan pemain serta agen hingga memberikan saran tentang peluang promosi untuk pemain. 

7. Ahli Fisiologi

Profesi selanjutnya yakni menjadi seorang Ahli Fisiologi olahraga. Mereka membuat program pelatihan untuk membantu atlet mencapai potensi performa puncaknya. Selain itu, juga membantu atlet dalam pemulihan dan pencegahan cedera. 

Ahli fisiologi olahraga dapat berspesialisasi dalam satu aspek kemampuan atlet, seperti fleksibilitas atau kebugaran kardiovaskular. Beberapa ahli fisiologi olahraga membantu merancang perlengkapan olahraga yang digunakan oleh atlet selama latihan dan kompetisi. 

8. Ahli Kinesiologi

Seorang ahli kinesiologi memeriksa otot juga menyusun rejimen perawatan untuk meningkatkan kinerjanya. Mereka dapat menemukan penyebab stres, juga dikenal sebagai "ketidakseimbangan", dalam energi struktural, kimiawi, emosional tubuh dan memberikan rehabilitasi untuk menghilangkannya.

Kinesiolog dapat bekerja dalam berbagai konteks, seperti tempat kerja, laboratorium, pusat rekreasi, rumah sakit, sekolah, dan panti jompo. Mereka bekerja untuk organisasi yang menciptakan produk baru. Mungkin profesi ini sedikit asing di telinga, namun jika ditekuni bisa memberikan keuntungan besar nanti. 

Itu tadi ulasan lengkap mengenai mata kuliah jurusan olahraga dan profesi di bidangnya. Sedikit orang masuk bidang ini karena terlalu lelah apabila harus mengandalkan fisik. Padahal, jika ditekuni dengan baik, jurusan ini bisa membuat badan serta pikiran terkontrol secara baik seiring berjalannya waktu.

0 Response to "Ini yang Akan Kalian Pelajari di Kuliah Jurusan Olahraga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel