Iklan Bawah Header

Kuliah Jurusan Fashion Design Dijamin Tidak Salah Pilihan

Kuliah Jurusan Fashion Design Dijamin Tidak Salah Pilihan

Jika Anda memiliki minat dalam berbusana dan memiliki kreatifitas tinggi, sebaiknya manfaatkan passion tersebut untuk terjun ke bidang tata busana dengan kuliah Jurusan Fashion Design. Di Indonesia sendiri sudah banyak Perguruan Tinggi menyediakan ini ke masyarakat dengan kualitas pendidikan terbaik. 

Apa Itu Kuliah Jurusan Fashion Design?

Dalam industri fashion, kemampuan, ambisi, dan pengalaman lebih penting daripada gelar sarjana. Itu tidak berarti bahwa mendapatkan gelar yang bagus tidak akan membantu Anda maju dalam bidang ini. Sebaliknya, gelar associate di bidang fashion dapat masuk secara keseluruhan ke sektor tersebut.

Anda akan mempelajari dasar-dasar industri fashion, prinsip desain, ilustrasi, dan pengetahuan merek selama kurikulum sarjana dua tahun. Gelar associate di bidang fashion membuat mereka memenuhi syarat untuk pekerjaan lain seperti asisten perancang busana, asisten pembeli, dan asisten penjualan.

Gelar tersebut dapat digunakan sebagai batu loncatan menuju gelar sarjana di industri ini. Setelah menyelesaikan gelar dua tahun, Anda harus menyelesaikan dua tahun lagi sekolah penuh waktu untuk menyelesaikan gelar sarjana. Banyak mahasiswa mengejar gelar sarjana paruh waktu selama 3-5 tahun.

Sektor Pekerjaan di Fashion Design

Fashion Design memang menjadi salah satu bidang yang banyak menjadi incaran masyarakat. Hal ini terjadi karena mode berbusana terus mengalami kemajuan seiring berkembangnya zaman. Dengan demikian, lapangan pekerjaan dan inovasi baru pun terus ada. Lalu, apa saja sector pekerjaannya?

1. Fashion Designer

Profesi paling terkenal di bidang ini adalah Fashion Designer. Sebagai perancang busana, Anda akan menyelidiki tren mode saat ini, meramalkan apa yang akan populer di kalangan konsumen, dan menarik inspirasi dari sekitar. Tujuannya adalah untuk mengembangkan desain yang segar dan unik. 

Anda akan memilih kain, warna, dan pola, membuat desain prototipe, dan menyesuaikannya hingga puas dengan produk jadinya. Di perusahaan besar, kemungkinan besar akan bekerja sebagai bagian dari tim desain yang dipimpin oleh direktur kreatif, sedangkan di perusahaan kecil sebagai desainer tunggal.

2. Agen Bakat

Sebagai agen bakat, Anda akan mengatur pekerjaan, syarat dan ketentuan secara adil bagi mereka yang ada di industri hiburan. Banyak orang membutuhkan agen, dan mengandalkan para agen bakat untuk mendapatkan akses ke pekerjaan yang sesuai dengan passion di dalam diri mereka.

Agen akan mengadvokasi, mempromosikan, dan terkadang membela talenta yang diwakili untuk melindungi minat dan menjamin m mendapatkan banyak pekerjaan relevan serta berkualitas tinggi. Anda juga dapat mencari bakat baru dengan maksud untuk mewakili hingga memperluas profil mereka.

3. Pengelola Acara

Perencana dan penyelenggara acara merencanakan serta mengatur acara promosi, perusahaan atau sosial. Mereka bertanggung jawab mengatur berbagai acara, memastikan bahwa audiens target terlibat hingga pesan acara dipromosikan secara memadai untuk menunjang keberlangsungan perusahaan. 

Anda akan mengatur konferensi, seminar, pameran, serta pesta dan perjalanan insentif perusahaan, sebagai manajer acara. Selain itu, bertanggung jawab atas keseluruhan proses, mulai dari mengatur hingga menjalankan sampai menyelesaikan evaluasi pasca acara. Profesi ini bekerja dalam tim.

4. Desainer Perhiasan

Desainer Perhiasan memiliki beberapa tugas untuk dikerjakan. Anda akan dimintai tolong oleh klien guna mengkonsultasikan desain pada perhiasan. Selain itu, profesi ini membantu klien memvisualisasikan desain yang telah selesai, membuat sketsa ide, terkadang menggunakan bantuan komputer. 

Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan galeri, pembeli, pemasok, dan mempelajari mengenai tren perhiasan serta mode terbaru yang ada di sekitar. Jika dijalankan secara individu, pasarkan lalu bangun bisnis dengan cara menghadiri pameran kerajinan, kompetisi, dan beberapa jaringan lainnya. 

5. Wartawan Majalah

Wartawan majalah melakukan penelitian dan membuat berita dan fitur untuk berbagai media, yang sebagian besar merupakan terbitan berkala. Misalnya, seperti majalah pelanggan dari toko, supermarket, dan lain sebagainya serta majalah bisnis lain berkaitan dengan dunia fashion design. 

Selain menulis, sebagai jurnalis majalah, Anda mungkin terlibat dalam produksi publikasi, seperti sub-editing dan desain. Profesi pekerjaan untuk penulis majalah tingkat pascasarjana termasuk penulis staf, penulis pascasarjana, dan trainee jurnalistik. Pekerjaan memiliki fleksibilitas jam kerja cukup tinggi. 

6. Dosen Pendidikan

Selanjutnya Anda bisa menjadi seorang Dosen Pendidikan. Mereka akan melakukan penelitian untuk berkontribusi pada inisiatif penelitian departemen atau institusi lebih besar. Tujuannya adalah agar ini diterbitkan dalam buku atau publikasi ilmiah, yang akan membantu meningkatkan profil sekolah.

Seiring pertumbuhan karir, Anda akan bertanggung jawab untuk membimbing, mengelola, dan mengawasi karyawan lain di departemen. Di tingkat senior, bisa bekerja sebagai kepala departemen. mungkin juga bertanggung jawab atas pengembangan kurikulum serta inisiatif keterlibatan.

7. Ahli Teknologi Pakaian

Profesi selanjutnya yakni menjadi Seorang teknolog pakaian/tekstil. Mereka bekerja dengan berbagai jenis kain, termasuk serat sintetis dan alami, kulit, bulu, logam, hingga polimer. Sebagai seorang teknisi, Anda akan memilih bahan atau tekstil yang sesuai serta melakukan pengujian kontrol kualitas.

Anda akan fokus pada pengembangan produk, mengoptimalkan efisiensi dan kualitas produksi, dan berkomunikasi dengan orang-orang yang terlibat dalam proses produksi. Sektor tekstil dan garmen terjalin erat, dan produk akhir terbentang dari pakaian hingga tekstil rumah tangga serta industri.

Itu tadi ulasan lengkap mengenai kuliah Jurusan Fashion Design bagi Anda yang tertarik dengan tren berbusana. Banyak keuntungan bisa didapatkan apabila terjun langsung ke bidang ini dan menekuninya secara baik. Salah satunya yakni dapat bepergian ke berbagai negara dan memamerkan hasil kreatifitas.

0 Response to "Kuliah Jurusan Fashion Design Dijamin Tidak Salah Pilihan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel