Iklan Bawah Header

Tidak Hanya Menjadi Guru Sekolah Dasar, Ini Dia Prospek Kerja Kuliah Jurusan PGSD!

Tidak Hanya Menjadi Guru Sekolah Dasar, Ini Dia Prospek Kerja Kuliah Jurusan PGSD!

Kuliah Jurusan PGSD memang dianggap remeh oleh sebagian orang. Padahal, jika ditekuni dengan baik, bidang ini bisa menghasilkan penghasilan lebih besar dari profesi lain. Bagi Anda yang berminat menjadi guru, mungkin ini dapat dijadikan sebagai opsi untuk mewadahi passion dalam diri.

Universitas dengan Jurusan PGSD Terbaik di Indonesia

Indonesia sendiri memiliki cukup banyak Universitas yang menyediakan Jurusan PGSD bagi para mahasiswa yang berkeinginan untuk menjadi seorang guru. Lalu, apa saja deretan Perguruan Tinggi tersebut? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Universitas Negeri Jakarta

Yang berada di urutan pertama adalah Universitas Negeri Jakarta. Ini memiliki jurusan PGSD terbaik di Indonesia. Program Studi yang bisa ditempuh oleh mahasiswa yakni Strata 1 atau S1. Selain itu, Perguruan Tinggi ini memiliki kualitas pendidikan terbaik dan berkualitas tentunya. 

Tak heran jika persaingan dan peminat jurusan ini semakin banyak seiring berjalannya waktu. Padahal, daya tampungnya sangat terbatas. Maka dari itu, untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi ini, siapkan diri mulai dari sekarang dengan pengetahuan seputar jurusan tersebut. 

2. Universitas Negeri Semarang

Selanjutnya ada Universitas Negeri Semarang. Jurusan PGSD di Perguruan Tinggi ini memiliki banyak sekali peminat. Kualitas pendidikannya dibuktikan melalui prestasi yang dimiliki dan dihasilkan oleh para mahasiswanya. 

Bahkan, sudah banyak prestasi dikantongi oleh para mahasiswa Jurusan tersebut. Selain mempelajari mata kuliah wajib, Anda juga akan belajar mengenai penggunaan metode mengajar yang menyenangkan, media pendukung dalam melaksanakan kegiatan belajar, dan masih banyak lainnya. 

3. Universitas Negeri Surabaya

UNESA menjadi salah satu Universitas yang memiliki Jurusan PGSD terbaik di Indonesia. Hal ini berkaitan dengan kualitas pendidikan di dalamnya, sehingga mampu menarik minat banyak orang atau calon mahasiswa. Walaupun begitu, Perguruan Tinggi ini hanya menampung 300 an mahasiswa saja. 

Jurusan PGSD di Universitas ini juga menyediakan cukup banyak mata kuliah yang wajib Anda pelajari berkaitan dengan materi pelajaran tingkat Sekolah Dasar, misalnya seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS, PPKn, hingga Matematika. 

Mata Kuliah Jurusan PGSD

PGSD adalah singkatan dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Sesuai dengan namanya, mahasiswa di bidang ini akan mempelajari tata cara mendidik seorang anak usia SD. Selain itu, mereka juga bisa belajar tentang kepribadian seorang anak melalui mata kuliah yang ada di dalamnya. 

Jika Anda ingin terjun ke bidang tersebut, ketahui beberapa mata kuliahnya terlebih dahulu, yaitu Psikologi Pendidikan, Psikologi Umum dan Perkembangan, Pengembangan Seni untuk Anak, Teori Belajar, Filsafat Pendidikan, Bimbingan SD, Dasar Manajemen Pendidikan, dan masih banyak lainnya. 

Selain mata kuliah khusus yang berkaitan dengan jurusan ini, Anda juga perlu mempelajari beberapa mata kuliah umum. Jika ingin menekuni jurusan ini, sebaiknya bulatkan niat terlebih dahulu agar diri memiliki dedikasi tinggi nantinya. 

Prospek Kerja Jurusan PGSD

Tidak hanya menjadi guru sekolah dasar, Anda juga bisa memanfaatkan kemampuan dan pengetahuan yang sudah didapat di bangku kuliah ke peluang lainnya serta lebih menjanjikan. Mulai dari membuka les privat, hingga mengikuti lembaga bimbel dengan pendapatan lumayan besar. 

1. Membuka Les Privat

Membuka les privat bisa Anda jadikan sebagai solusi pekerjaan sampingan selain menjadi guru. Karena biasanya ada beberapa orang tua yang memberikan fasilitas les kepada anak-anaknya agar mereka bisa mengembangkan kemampuan serta pemahaman akan materi tertentu di luar pendidikan formal. 

Selain itu, Anda bisa menentukan tarif sendiri dengan lingkup belajar yang juga fleksibel. Gajinya pun akan sangat mencukupi kebutuhan dalam satu bulan. Jadi, coba manfaatkan peluang ini sekarang juga dan asah kemampuan mengajar menjadi lebih baik kedepannya. 

2. Konselor

Banyak orang tua bingung menyekolahkan anaknya, karena mereka tidak tahu lembaga yang cocok dan berkualitas di daerahnya, sehingga mereka pun membutuhkan konselor. Di sini, Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk bisa menekuninya dengan baik. 

Anda akan menjadi seorang konselor yang dapat membantu klien untuk menemukan sekolah dan jurusan yang tepat bagi anak mereka. Pekerjaan ini sangat mudah dilakukan karena diri sudah memiliki pemahaman cukup dengan latar belakang mumpuni, sehingga bisa lebih peka terhadap kebutuhan.

3. Pegawai Bank

Siapa sangka lulusan dari Jurusan PGSD bisa menjadi seorang Pegawai Bank? Sekarang banyak Bank memberikan lowongan kepada para lulusan baru, bukan hanya bagi jurusan PGSD saja, namun semua bidang boleh masuk dan mencoba mendaftar pekerjaan di sini. 

Selain itu, tidak ada persyaratan yang khusus harus dipenuhi oleh para lulusan tersebut. Anda hanya perlu memiliki tekad, tanggung jawab, sikap disiplin, dan jujur dalam menjalani tugas itu. Gajinya juga lumayan besar, sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya. 

4. Ikut Lembaga Bimbel

Keberadaan lembaga bimbel atau bimbingan belajar semakin banyak di berbagai daerah di wilayah Indonesia. Tujuan didirikannya lembaga pendidikan tidak formal tersebut adalah untuk memberi pembelajaran di luar sekolah agar para peserta bisa menambah pengetahuannya di beberapa bidang. 

Ini bisa dijadikan sebagai kerja sampingan selain menjadi seorang guru. Selain itu, pendapatan atau gajinya pun cukup besar. Apalagi waktu mengajar yang fleksibel akan memudahkan Anda melakukan kegiatan lain. 

Itulah ulasan lengkap berkaitan dengan kuliah Jurusan PGSD dan prospek kerja yang bisa dijalankan apabila sudah lulus. Dalam hal ini, Anda dituntut peka terhadap lingkungan agar dapat memanfaatkan peluang yang ada secara baik, sehingga penghasilan tambahan pun bisa didapatkan.

0 Response to "Tidak Hanya Menjadi Guru Sekolah Dasar, Ini Dia Prospek Kerja Kuliah Jurusan PGSD!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel