Teknik Integral Parsial: Rumus, Contoh Soal dan Pembahasan

Bachtiarmath.com | pada kesempatan ini bachtiarmath.com akan membahas dan mengulas sedikit materi tentang teknik integral parsial. Integral parsial ini merupakan materi lanjutan dari teknik integral subsitusi.
https://www.pixabay.com
Untuk mengetahui apasih teknik integral parsial? mari simak penjelasan berikut ini. Apabila kurang jelas dan ingin ditanyakan bisa menghubungi bachtiarmath.com melalui contact yang sudah disediakan di navigasi bawah. Baik mari langsung saja kita mulai...

Integral Parsial
Jika u dan v fungsi-fungsi yang dapat di diferensialkan, maka:


Rumus diatas merupakan bentuk umum dari teknik integral parsial. Perbedaan integral parsial dengan subsitusi adalah cara pengintegralannya. Cara integral subsitusi dalam pemisalan hanya mencari u dan dx saja. Sedangkan integral parsial ini, yang dicari dalam pemisalan ada empat poin yaitu u, du, dv, dan v. Sehingga sedikit menguras waktu dalam pengerjaannya, dan tentunya integral parsial lebih sulit dibandingkan dengan integral subsitusi.

Pada teknik integral parsial ini terdapat juga integral parsial berulang, maksud dari berulang yaitu ketika kita sudah memisalkan u, du, dv, dan v. Kemudian dalam proses pengintegralan terdapat lagi suatu integral parsial, maka kita harus mencari u, du, dv, dan v lagi. Sehingga akan didapat u, du, dv dan v yang baru. Dikarenakan terdapat dua kali pemisalan, maka integral tersebut dinamakan integral parsial berulang.

Kapan teknik integral parsial ini digunakan? yaitu ketika suatu fungsi yang di integralkan dengan teknik subsitusi tidak bisa. 

Bagaimana cara mengetahui suatu fungsi integran itu parsial? cara mengetahuinya yaitu fungsi integral tersebut berbentuk dua buah fungsi yang dikalikan. Misalnya x.sin x, 2x.cos x, dll. Jadi intinya adalah suatu fungsi dikatakan integral parsial, yaitu jika terdapat 2 fungsi yang dikalikan. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja ke-contoh berikut ini.

Contoh 1.1
Tentukan integral berikut ini!

Jawab:


0 Response to "Teknik Integral Parsial: Rumus, Contoh Soal dan Pembahasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel