6 Pengertian Kualitatif Menurut Para Ahli

Di dalam sebuah penelitian, seperti misalnya saja skripsi maupun thesis. Sudah bukan merupakan hal asing lagi jika para peneliti memilih antara metode penelitiannya. Hal tersebut dikarenakan bisa membantu proses pembuatan penelitian. Ada banyak pengertian kualitatif menurut ahli yang bisa dijadikan acuan dalam penelitian.

Beberapa Definisi Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli 

Perlu diketahui bahwa penelitian kualitatif ini memiliki tujuan untuk lebih mengedepankan proses interaksi antara pihak peneliti dengan yang mereka teliti. Setiap ahli yang lebih dulu menemukan metode penelitian ini, tentu saja memiliki pendapatnya tersendiri. Penjelasannya sebagai berikut: pengertian penelitian kualitatif menurut Creswell, pengertian penelitian kualitatif menurut Maleong, pengertian penelitian kualitatif menurut Sugiyono, pengertian penelitian kualitatif menurut Kirk & Niller, dll.

1. Creswell

Salah satu dari sekian banyak ahli yang telah melakukan penelitian kualitatif, Creswell memiliki pendapatnya sendiri. Beliau mendeskripsikan bahwa kualitatif ini sebuah proses untuk dapat memahami suatu masalah sosial. Masalah tersebut berdasarkan pada metodologi yang berbeda.

Di dalam penelitian kualitatif ini, pihak peneliti akan melakukan penyusunan gambaran secara kompleks. Selain itu, mereka juga akan menganalisa kata demi kata kemudian menyusun hasil penelitiannya dengan natural atau yang sesuai dengan fakta di lapangan penelitian mereka.

2. Maleong 

Kemudian, definisi penelitian kualitatif dari ahli bernama Maleong. Beliau mengatakan bahwa metode penelitian ini merupakan sebuah penelitian ilmiah yang memiliki tujuan untuk dapat memahami suatu fenomena di dalam kontak sosial secara alami. Namun, tidak hanya itu saja karena masih ada tujuan satu lagi.

Metode penelitian kualitatif menurut ahli Maleong ini, beliau mengatakan bahwa definisinya memiliki tujuan untuk mengedepankan suatu proses interaksi komunikasi secara mendalam. Diantara pihak peneliti dengan fenomena yang mereka teliti. Pernyataan ini ada di bukunya yang terbit tahun 2010.

3. Sugiyono

Bagi para peneliti yang selalu melakukan penelitian, terlebih seorang mahasiswa pasti tidak asing lagi dengan nama ahli satu ini. Pasalnya, hampir di setiap penelitian akan selalu ada definisi dari beliau. Metode kualitatif ini berlandaskan filsafat post positivisme lalu digunakan untuk meneliti kondisi obyek.

Dalam metode penelitian kualitatif menurut Sugiyono ini, beliau mengatakan bahwa peneliti merupakan instrumen kunci. Sedangkan untuk pengambilan sampel sumber datanya dlakukan dengan cara purposive dan juga snowball. Teknik pengumpulannya dengan tri anggulasi / gabungan.

4. Kirk dan Niller

Metode penelitian kualitatif menurut Kirk dan Niller, mereka mengatakan bahwa metode ini pada awalnya bersumber dari pengamatan kualitatif yang kemudian dipertentangkan dengan pengamanatn yang sama. Lalu, mereka juga mendefinsikan bahwa metodelogi ini merupakan suatu tradisi.

Tradisi tersebut ada di dalam ilmu pengetahuan sosial secara fundamental telah bergantung kepada pengamatan pada manusia. Di dalam kaitannya sendiri serta memiliki hubungan dengan beberapa orang tersebut dalam bahasanya serta peristilahnya. Penelitian ini berciri-ciri membedakan penelitian jenis lain.

5. Strauss & Corbin dan David Williams

Metode penelitan kualitatif menurut Strauss dan Corbin, mereka mengatakan bahwa penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian yang memberikan hasil berupa berbagai penemuan yang bisa diperoleh dengan cara menggunakan prosedur stistik maupun cara lain dari kuantifikasi.

Kemudian, menurut David Williams penelitian kualitatif ini merupakan pengumpulan data di suatu latar alamiah dengan cara menggunakan metode ilmiah. Tidak hanya itu saja, penelitiannya juga dilakukan oleh penelitia yang tertarik secara alami. Definisi ini ada dalam bukunya di tahun 1995.

6. Boghdan & Biklen dan Judith Preissle

Definisi penelitian kualitatif menurut Boghdan dan Biklen, mereka mengatakan bahwa penelitian ini merupakan salah satu prosedur yang akan memberikan hasil berupa data deskriptif. Seperti misalnya saja ucapan maupun tulisan serta sikap dari orang-orang yang peneliti amati.

Sedangkan menurut Judith Preissle, metode penelitian kualitatif ini merupakan model penelitian yang terkotak. Di mana data-datanya memiliki bentuk data verbal, penciuman, visual, sentuhan maupun pencelupan yang tersurun ke dalam bentuk narasi deskriptif.

Apa saja Tujuan Metode Kualitatif?

Setelah mengetahui beberapa definisi metode penelitian kualitatif dari beberapa ahli, metode ini juga memiliki tujuannya sendiri. Seperti yang dikatakan oleh ahli bernama Kriyantono, beliau mengatakan bahwa tujuan metode penelitian ini adalah untuk dapat menjelaskan fenomena yang sedalam-dalamnya.

Tidak hanya itu saja, penelitian kualitatif ini cara pengumpulan datanya juga sama seperti saat menjelaskan fenomena sedalam-dalamnya. Penjelasan tersebut berisikan / menunjukkan betapa pentiingnya kedalaman serta detail dari suatu data yang peneliti teliti.

Di dalam penelitian kualitatif, bila semakin detail / mendalam, tergalinya suatu data yang didapatkan bahkan teliti mendatanya. Maka dapat diartikan bahwa semakin baik pula kualitas dari data penelitian tersebut. Penelitian ini seringkali dibandingkan dengan kuantitatif, karena juga sama-sama mengedepankan kedalaman datanya.

Dari beberapa penjelasan mengenai pengertian kualitatif menurut ahli di atas. Diharapkan Anda dapat mengerti atau memahami mengenai berbagai macam definisi metode penelitian tersebut menurut beberapa ahli. Dengan begitu, proses pengumpulan datanya bisa berjalan lancar.



0 Response to "6 Pengertian Kualitatif Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel