Tak Suka Menghitung? Ini 8 Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika

Pelajaran hitung menghitung memang tidak disukai oleh sebagian besar pelajar. Pasalnya mereka menganggap jika ilmu ini menjadi momok menakutkan ketika sedang bersekolah karena dirasa sangat sulit. Lantas apa saja jurusan kuliah yang tidak ada matematika?

8 Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika

Ketika seorang pelajar telah menyelesaikan pendidikan SMA maupun SMK/ sederajat, tentunya sebagian besar ingin melanjutkan untuk kuliah. Bahkan sebagian besar diantara mereka memilih satu atau dua opsi jurusan tanpa adanya mata kuliah matematika.

Berikut ini program teknologi yang sama sekali tidak ada matematika:

1. Ilmu Komunikasi

Bagi Anda yang memutuskan untuk memilih ilmu komunikasi, maka akan mendapatkan banyak ilmu mengenai penulisan berita, pembuatan iklan, public speaking, fotografi dan lainnya. Sebagian besar mahasiswa di Fikom memang lebih menyukai keterampilan desain daripada keahlian lainnya.

Tidak hanya mempelajari mengenai ilmu komunikasi saja, melainkan juga akan berlatih untuk pandai berkomunikasi bersama banyak orang. Tentu saja Anda bisa belajar tanpa ada mata kuliah matematika. Jadi ucapkan selamat tinggal pada ilmu hitung menghitung di jurusan ini.

2. Ilmu Filsafat

Bagi Anda yang kurang suka bermain angka, bukan berarti tidak suka berpikir. Salah satu opsi jurusan dapat dipilih yakni ilmu filsafat karena mengharuskan mahasiswa untuk melatih kemampuan dalam pikiran kritis mereka. Program studi ini memang diakui cukup berat namun asyik bagi sebagian besar orang.

Sebagai calon mahasiswa, Anda akan diajak untuk berpikir tentang kehidupan manusia hingga pencipta alam di dunia ini serta berbagai pertanyaan menarik lainnya. Tentu saja tidak ada mata kuliah matematika dipelajari di dalamnya sehingga bisa belajar tanpa adanya ilmu hitung menghitung.

3. Ilmu Sastra

Banyak orang berkata jika hidup akan terasa lebih indah apabila masuk ke dalam jurusan sastra. Pasalnya sebagai mahasiswa di Prodi ini bisa mengenyam ilmu mengenai sastra dan juga Bahasa. Keduanya menyerap tentang berbagai pengetahuan mulai dari drama, kisah, puisi dan lainnya.

Ada perguruan tinggi di Indonesia yang menyatukan sastra dan juga Bahasa. Anda akan mempelajari mengenai gaya Bahasa, ejaan, tata Bahasa hingga penulisan. Tentu saja tidak ada ilmu matematika akan dipelajari di dalamnya sehingga menjadi salah satu opsi jurusan dapat dipilih.

4. Desain dan Animasi

Jurusan desain dan animasi memang memiliki banyak peminat. Salah satu alasannya yakni mereka memang tidak menyukai pelajaran matematika terutama jika harus mempelajari ilmu berhitung secara mendasar. Prodi ini akan lebih banyak membahas mengenai cara menggambar daripada menghitung.

Apabila Anda memutuskan untuk mempelajari desain grafis secara lebih luas, maka pilihlah program studi desain fokus di Komunikasi Visual atau sejenisnya. Misalnya animasi apabila fokus pada pengembangan game 3D dan film. Terutama jika bercita-cita menjadi seorang animator.

5. Ilmu Sejarah

Ketika Anda merasa sangat tertarik untuk mengikuti pelajaran sejarah pada masa sekolah dulu, tentunya memilih prodi Ilmu Sejarah bisa menjadi salah satu opsi nya. Ada banyak ilmu menarik mengenai peristiwa di waktu lampau. Nantinya perlu membandingkan dengan keadaan saat ini.

Ketika sudah lulus dari jurusan Ilmu Sejarah, maka Anda akan menjadi budayawan atau sejarawan. Keduanya memang masih jarang ditemui di tanah air sehingga cukup menarik untuk bercita-cita sebagai tokoh ini. Menariknya lagi apabila berkeinginan melanjutkan pada Pendidikan tingkat lanjut.

6. Ilmu Hukum

Bergabung menjadi mahasiswa Ilmu Hukum, mungkin saja membuat Anda tidak akan berjumpa dengan mata kuliah matematika. Jurusan ini memang lebih mengandalkan pendalaman teori dan konsep yang mendalam sebelum terjun menuju permasalahan di masyarakat.

Sayangnya, ketika Anda sudah berhasil lulus dari jurusan Ilmu Hukum, maka tidak dapat langsung kerja melainkan harus berburu ilmu kembali. Proses ini perlu dilakukan pada Lembaga hukum seperti kejaksaan, pengadilan ataupun lainnya.

7. Hubungan Internasional

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi seorang diplomat dengan hubungan politik secara internasional, maka pilihlah Hubungan Internasional. Mahasiswa di Prodi ini pun juga dituntut untuk pandai berkomunikasi serta ahli salam Bahasa asing.

Ketika Anda sudah berhasil menjadi diplomat, maka harus siap untuk bekerja dengan orang asing. Tentu saja menjadi pengalaman yang menyenangkan dan seru untuk menimba ilmu di luar negeri. Hal paling penting yakni menguasai Bahasa asing menjadi kunci utamanya.

8. Sosiologi

Sosiologi memang lebih cocok bagi lulusan SMA IPS. Hal ini dikarenakan Anda akan mempelajari banyak hal mengenai interaksi masyarakat serta sosial masyarakat. Jurusan ini memang dibagi ke program studi lainnya sehingga ruang lingkupnya sungguh luas. 

Program studi ini meliputi sosiologi ekonomi, pembangunan, sosiologi gender hingga sosiologi industri. Tentunya jurusan ini sangat minim untuk mempelajari ilmu matematika sehingga sangat cocok bagi lulusan ilmu IPS.

Itulah tadi beberapa jurusan kuliah yang tidak ada matematika bisa Anda pilih. Tentu saja hal ini menjadi pertimbangan ketika sedang memilih jurusan setelah lulus dari bangku SMA demi melanjutkan cita-cita seorang pelajar.

0 Response to "Tak Suka Menghitung? Ini 8 Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel