Kuliah Jurusan Matematika: Info Kuliah, Mitos dan Prospeknya

Bagi sebagian besar orang yang memang belum mengetahui mengenai kuliah jurusan Matematika, pilihan ini memang dianggap begitu sangat sulit. Hal ini tidak ada salahnya pasalnya ilmu satu ini memerlukan pengetahuan sekaligus keterampilan dalam berhitung. 

Info Kuliah Jurusan Matematika

Bagi Anda yang tertarik untuk memilih jurusan Matematika, maka hal ini memerlukan konsekuensi melanjutkannya hingga selesai. Dalam mempelajarinya, ada beberapa teori secara mendalam perlu dipelajari seperti aljabar, geometri hingga diskrit. Tentu saja semuanya terdengar begitu kompleks.

Tidak hanya mempelajari angka saja melainkan juga belajar mengenai ruang multidimensi. Selain itu, matematika terapan pun menjadi aplikasi penting untuk dipelajari di bidang lainnya. Ada beberapa kemampuan harus dikuasai sebagai mahasiswa di jurusan ini.

Sebagai mahasiswa Matematika, setidaknya harus memiliki beberapa kemampuan yang harus dimiliki. Diantaranya yakni melakukan analisis, berpikir rasional dan kritis serta terstruktur, problem solving, berhitung, meneliti hingga teliti serta detail dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

Alasan Memilih Kuliah Jurusan Matematika

Tentu ada alasan tersendiri bagi sebagian orang yang memilih untuk berkuliah di Jurusan Matematika. Bukan hanya berkompetensi di peluang karir setelah berhasil lulus, namun juga memiliki peluang bagus dalam sektor keuangan hingga teknologi informasi.

Salah satu alasan yakni perusahaan asuransi kini wajib untuk menggunakan jasa tenaga aktuaris guna merancang produk asuransi serta tingkat premi. Tujuannya agar lebih mudah dalam menentukan status keuangan perusahaan sekaligus melakukan proyeksi keuangan sehingga menjadi salah satu prospek.

Banyak perusahaan juga mulai untuk membutuhkan lulusan Matematika yang mampu berperan sebagai analis bisnis di bagian production planning control hingga supply chain management. Bagi Anda jika menyukai dunia hitung menghitung serta membuka usaha, tentu jurusan ini dapat dipilih.

Mitos Kuliah Jurusan Matematika

Kuliah dalam jurusan apapun tentu membutuhkan usaha baik susah maupun mudah. Semuanya akan kembali pada ketertarikan Anda dengan jurusan yang telah dipilih. Sayangnya, sebagai mahasiswa Matematika, ada banyak mitos beredar bahkan dianggap sebagai penilaian negatif.

1. Hanya Belajar Menghitung

Matematika hanya belajar menghitung memang menjadi mitos yang paling sering didengar oleh banyak orang. Tentu saja hal ini sedikit keliru, pasalnya dalam pembelajaran nya justru lebih mengandalkan pembuktian. Mahasiswa akan berlatih untuk membuktikan logika, teorema dan juga persamaan.

Harapannya, mahasiswa Matematika mampu berpikir logis matematis untuk memecahkan suatu masalah. Jadi ilmu matematika tidak hanya mengajarkan bagaimana cara berhitung namun ada juga banyak hal lain seperti pengolahan data, algoritma, analisis data dan lainnya. Ubahlah pola pikir jika masih menganggap bahwa jurusan ini hanya akan menghitung saja tanpa belajar lainnya.

2.  Mahasiswa Jurusan Matematika Dianggap Nerd (Kutu Buku)

Anggapan ini memang masih sering didengar hingga saat ini. Nyatanya mahasiswa jurusan Matematika memiliki sifat yang hampir serupa seperti mahasiswa pada umumnya. Sebagian dari mereka pun juga mempunyai hobi seperti nongkrong, olahraga, bergaul hingga berorganisasi.

Mitos mahasiswa jurusan Matematika cenderung nerd (kutu buku) memang sering terdengar. Hal ini dikarenakan mereka dikenal dengan materi kuliah yang sangat sulit. Namun bukan berarti membuat mereka menjadi susah bergaul atau tidak ingin mengikuti organisasi apapun di kampus.

3. Menjadi Guru dan Dosen Setelah Lulus

Lulusan Matematika saat ini pun juga banyak yang bekerja di bidang finansial, bursa efek saham, perbankan dan sektor keuangan lainnya. Salah satu contohnya yakni pendiri Google, Sergey Brin merupakan salah satu Matematikawan sehingga menunjukkan prospek karirnya sangatlah luas.

Seorang lulusan jurusan Matematika memang bisa berprofesi menjadi dosen dan juga guru. Namun kini sudah banyak perusahaan yang membutuhkannya untuk berada di posisi tertentu. Mengingat bahwa sektor keuangan mengikuti perkembangan juga masih memerlukan tenaga manusia.

Prospek Kuliah Jurusan Matematika

Prospek kuliah jurusan Matematika memang masih terdengar sempit bagi orang-orang yang masih awam. Padahal ada banyak kedudukan dan posisi tinggi menanti lulusan mereka berkat kepandaian dan keahliannya.

1. Data Analyst

Perkembangan pada dunia teknologi informasi memang mampu menghasilkan banyak data sehingga perlu untuk dianalisis. Tujuannya agar mampu memperoleh profit terutama sebagai penghasilan perusahaan. Sebagai lulusan matematika, nyatanya posisi ini sangatlah dibutuhkan.

Data analyst dituntut untuk bisa bertugas mengambil data, berkomunikasi guna mendapatkan hasil terbaik, menggunakan jawaban pertanyaan customer sebagai pertimbangan perusahaan dan keputusan lainnya. Tentu saja kemampuan seperti ini tidak dimiliki oleh orang-orang sembarangan.

2. Aktuaria

Kini sudah banyak orang mendengar mengenai popularitas mengenai aktuaria sehingga beberapa perguruan tinggi telah memulai untuk membuka jurusan satu ini. Tentunya sebagai lulusan Matematika juga memiliki peluang tinggi dalam berkarir di posisi tersebut.

Ilmu aktuaria sendiri merupakan suatu keterampilan yang akan mempelajari resiko keuangan dengan berbagai metode statistika dan matematika. Keahlian ini akan digunakan pada saat perusahaan ini memecahkan masalah finansial mereka dengan prediksi masa depan serta minim resiko.

Memilih kuliah jurusan Matematika memang masih dianggap remeh di mata masyarakat. Anggapan ini tentunya keliru karena dibuktikan dengan prospek kerjanya yang sangat luas. Sebagai lulusan SMA pun bisa menjadikannya sebagai opsi ketika memilih jurusan.

0 Response to "Kuliah Jurusan Matematika: Info Kuliah, Mitos dan Prospeknya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel