Cara Belajar Matematika yang Efektif Bagi Pelajar dan Mahasiswa

Matematika menjadi salah satu disiplin ilmu yang juga dikenal punya tingkat kesulitan cukup tinggi dibandingkan bidang lain. Meskipun demikian, terdapat cara belajar matematika yang efektif sehingga sangat cocok jika diterapkan oleh pelajar maupun mahasiswa.

Aneka Ragam Trik untuk Mempelajari Matematika Dengan Mudah

Sebetulnya tujuan akhir dari pembelajaran bidang matematika ialah memahami materi yang disajikan, mampu menerapkan keterampilan serta mengingat konsepnya. Setiap orang pasti memiliki cara tersendiri, tapi di bawah ini adalah tips yang bisa diikuti oleh siapa pun:

1. Memiliki Ruangan Belajar yang Kondusif

Ketika membandingkannya dengan bidang lain, maka matematika ini memerlukan ketelitian. Jadi sangat penting memilih ruangan kondusif ketika mempelajari ataupun latihan soal perhitungan. Kondisi ruang seperti itu, tentu akan terbebas dari adanya distraksi.

Kondisi ruangan hening dan juga tenang mampu menciptakan suasana belajar matematika yang lebih optimal. Tentu saja hal seperti ini akan menyesuaikan setiap karakter masing-masing.

2. Perlunya Ingat dan Pahami Konsep

Matematika menjadi bidang ilmu mengenai pola serta rumus, Jadi sebelum memutuskan untuk mengerjakan latihan soal harus paham terlebih dahulu materinya. Ingatlah kembali catatan penting yang pernah diberikan oleh guru lalu pahami kembali dan membuka buku.

Dalam memahami rumus tidak perlu berlama-lama, coba langsung saja berlatih soal. Pada saat menemukan suatu kesalahan, maka bisa menggunakannya sebagai pelajaran sehingga mampu memahami pola rumus dari perhitungan yang jauh lebih baik.

3. Merubah Pola Pikir, Jika Matematika Pelajaran Menyenangkan

Kebanyakan orang masih punya pemikiran jika pelajaran matematika merupakan bidang ilmu yang sangat susah sekali ketika dipahami, juga tidak menyenangkan. Alangkah baiknya pemikiran tersebut dibuang jauh-jauh. Mengapa demikian?.

Karena dengan adanya pemikiran seperti itu, dapat menjadi sugesti kepada diri sendiri jika tidak akan pernah bisa mengerjakan soal ilmu matematika. Maka dari itu, sangat penting sekali mengubah mindset yang dimiliki oleh setiap orang.

4. Susun Rumus dengan Rapi Agar Mudah Paham

Agar jauh lebih tertarik dan merasa jika ilmu matematika suatu pelajaran menyenangkan. Dapat salah satu trik yang cocok untuk dicoba. Ketika menuliskan rumus dengan rapi secara otomatis mampu membuat setiap orang lebih mudah ketika memahaminya.

Jika tidak percaya, maka langsung saja coba untuk merapikan beberapa rumus dalam satu teori. Lalu pilih teknik awal hingga akhir, tapi jangan pindah ke yang lain jika masih belum bisa memecahkan masalah soal pertama.

5. Lebih Baik Tidak Hafalkan Rumus Tapi Pahami Konsep Rumus

Sepertinya hal tersebut sangat sering dilakukan oleh setiap pelajar ataupun mahasiswa. Sedangkan menghafalkan rumus adalah cara yang salah ketika belajar perhitungan. Pasalnya, Anda nantinya tidak bisa mengingat dalam kurun waktu panjang.

Tapi hal itu akan berbeda ketika Anda mampu memahami suatu rumus dengan dasar konsepnya. Dengan begitu, akan jauh lebih mudah dalam pemahaman setiap teknik sistematika rumus. Meskipun mendapatkan soal matematika yang cukup sulit, masih bisa diatasi.

6. Tetap Fokus dalam Materi

Pada saat pola maupun konsep telah diingat dengan baik, maka para siswa ataupun mahasiswa dapat belajar untuk mendalami semua materi dengan fokus. Ini merupakan cara belajar matematika yang efektif dan wajib untuk diterapkan.

Lebih baik tidak beralih ke materi berikutnya jika dalam satu materi tertentu belum bisa memahaminya. Sudah menguasai satu teori, maka perdalam lagi mengenai cabang-cabangnya sehingga mampu memperkaya konsep ketika memutuskan mulai berlatih soal.

7. Jangan Takut untuk Salah

Bisa dikatakan jika matematika ini merupakan bidang ilmu kompleks, sehingga sering mengalami kesalahan ketika mengaplikasikan rumus. Bahkan juga bisa menjawab soal tapi hasilnya mendekati benar. Semua kesalahan tersebut tentu menjadi pembelajaran sehingga tidak boleh takut salah.

Kunci untuk memahami setiap rumus matematika adalah terus-menerus mencoba dan juga tidak boleh menyerah. Umumnya orang akan menyerah ketika menemukan kesalahan saat perhitungan. Artinya konsep ini digunakan agar bisa mampu memahami teori dengan benar.

8. Konsisten untuk Berlatih Soal

Jika dilihat dari teknik pengerjaannya, matematika ini bukan ilmu yang dapat dihafalkan. Tapi hanya dapat dilakukan dengan cara banyak berlatih sehingga paham bagaimana konsepnya. Latihan soal juga tidak boleh dilakukan saat punya tugas ataupun menjelang ujian saja.

Selalu konsisten ketika latihan soal, dengan begitu aneka ragam pertanyaan dari ilmu matematika jauh lebih mudah dipahami dan mampu mengerjakannya sampai betul-betul mendapatkan jawaban benar.

9. Berani Kombinasi dengan Guru atau Teman

Sebetulnya belajar tidak hanya mengurung diri di ruangan cukup hening dan juga menyendiri. Tapi saat betul-betul tidak mendapatkan jawaban yang tepat bisa berbagi pikiran dengan teman ataupun guru di sekolah.

Anda dapat memulai dengan beberapa soal sulit kemudian mencoba cari solusi dalam penjelasannya. Ketika menggunakan sudut pandang berbeda, sebutkan teknik lain dalam mengerjakan latihan tersebut. Jadi tidak, akan terbentuk pada suatu cara saja.

Pecahkan Masalah dengan Banyak Cara

Pada suatu lingkungan kelas terbaik, guru memiliki kemampuan untuk menunjukkan cara berbeda dalam memecahkan masalah yang sama. Di mana hal itu akan mendorong para siswa agar bisa menemukan teknik kreatif mereka sendiri ketika menyelesaikan soal matematika.

Ketika semakin banyak strategi maupun pendekatan yang mampu diberikan kepada siswa. Secara otomatis juga akan semakin mudah pemahaman dari konseptual suatu topik. Hal ini pun juga bisa Anda peroleh dengan mencari taktik melalui media YouTube atau platform lain.

10. Terapkan di Kehidupan Nyata

Biasanya anak memperoleh suatu anggapan jika matematika itu tidak dibutuhkan di dalam kehidupan nyata. Agar mata pelajaran ini berguna di dalam keseharian maka bisa menerapkannya di beberapa aktivitas si kecil. Contohnya dengan membandingkan harga saat ke swalayan.

Atau bisa juga meminta bantuannya menghitung total belanjaan, kemudian hitung seluruh jumlah buah ketika berkebun. Para orang tua juga harus bisa dalam mencari kesempatan agar bisa mengajarkan setiap materi matematika. 

11. Penggunaan Flash Card

Fungsi dari adanya flash card atau kartu bergambar tidak hanya berguna sebagai sarana belajar bahasa. Dengan melakukan modifikasi isinya, maka bisa menjadi cara tepat ketika membantu anak dalam menghafalkan rumus matematika. Mulai dari teori pythagoras, perkalian dan lain sebagainya.

Supaya lebih menyenangkan, proses pembelajaran bisa sembari menyesuaikan dengan kurikulum yang telah diajarkan di sekolah.

12. Bermain Puzzle

Permainan menarik dan seru dapat diajarkan sejak dini untuk mengenalkan pembelajaran matematika kepada anak, perangkat yang dipakai adalah puzzle. Dalam suatu penelitian journal of physics conference series, anak sering bermain puzzle lebih unggul dalam bidang perhitungan.

Penyusunan potongan puzzle dapat membantu mengembangkan kemampuan anak dalam memecahkan suatu masalah. 

Itulah sekilas informasi mengenai cara belajar matematika yang efektif. Dijamin bisa dipakai oleh anak sekolahan hingga mahasiswa.

0 Response to "Cara Belajar Matematika yang Efektif Bagi Pelajar dan Mahasiswa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel