Penemu Matematika yang Terkenal di Dunia

Ilmu hitung sudah memberikan banyak sekali dampak positif untuk kehidupan manusia. Para ilmuwan dalam bidang ini punya tempat penting di dalam sejarah peradaban. Itulah mengapa wajib mengetahui siapa saja penemu matematika di seluruh dunia.

Daftar Dari Penemu Matematika Terbesar Sepanjang Masa

Apa jadinya jika tidak ada pelajaran ini? Pastinya akan ada beberapa aktivitas yang tidak bisa dilakukan. Sebab, perhitungan seperti ini lebih sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, berterima kasihlah kepada para penemu bidang tersebut.

1. Leonhard Euler

Pertama ada penemu Matematika dengan nama Leonhard Euler yang hidup pada tahun 1707-1783. Beliau diangkat menjadi ahli bidang tersebut bahkan dianggap paling hebat di seluruh dunia. Paling utama ialah adanya pengenalan notasi ke bidang perhitungan yaitu konsep fungsi.

Masyarakat saat ini lebih mengenalnya dengan f(x), menjelaskan tentang singkatan dari fungsi trigonometri. Dasar logaritma natural, menjelaskan huruf Yunani sigma dalam penjumlahan. Keterangan huruf ‘/ i’ dipakai unit imajiner, simbol pi adalah rasio.

2. Carl Friedrich Gauss

Penemu teori berikutnya memiliki julukan sebagai pangeran matematika. Bisa dikatakan beliau ini saat menemukan ilmu ini masih remaja yaitu di usia 21 tahun. Beliau telah menulis buku dengan judul "Disquisitiones Arithmeticae" yang sangat luar biasa.

Pada saat ia berusia 22 tahun, sudah berkontribusi dengan penemuan teori nomor. Kemudian melanjutkannya dengan membuktikan teori dasar aljabar. Bahkan ketika berusia 24 tahun telah memperkenalkan gravitasi konstan Gaussian dalam fisika. Cukup menakjubkan bukan?.

3. G. F. Bernhard Riemann

Selanjutnya ada ilmuwan dalam bidang matematika yang berasal dari abad ke-19. Yakni bernama Bernhardt Riemann lahir pada tahun 1826 dengan kondisi keluarga cukup miskin. Beliau punya sebuah teori yaitu Riemannian Surfaces, Riemannian Geometri dan Riemann Integral.

Namun, yang menjadikan dia memiliki nama cukup terkenal iyalah teori dengan nama Riemann Hypothesis. Sebab punya tingkat kesulitan melegenda, teori ini mendeskripsikan suatu masalah cukup kompleks di dalam persoalan distribusi bilangan prima.

4. Euclid

Terkenal dengan sebutan bapak geometri karena memiliki karya cukup terkenal dengan nama Magnum Opus: Elements. Beliau hidup sekitar 300 sebelum masehi. Di mana ia telah membuat suatu karya terbesar dalam sejarah perhitungan di dalam bidang pendidikan hingga abad ke-20.

Akan tetapi, sayangnya cukup sedikit artikel yang bercerita tentang kehidupannya. Walaupun seperti itu, Euclid menjadi matematikawan dengan menciptakan teori maupun dugaan tapi disertai dengan bukti logis. Bahkan sampai saat ini saja kerangka kerja tersebut masih dipakai.

5. Rene Descartes

Penemu matematika selanjutnya bukan hanya ahli dalam perhitungan tersebut tapi juga bidang fisika bahkan menjadi seorang filosof Prancis. Rene Descartes dikenal karena punya filosofi Cogito Ergo Sum. Ia hidup sekitar tahun 1595 hingga 1650 dengan membuat suatu terobosan pada ilmu hitung.

Beliau juga membantu membuat ataupun memberikan dasar-dasar kalkulus modern lali setelah itu dikembangkan oleh Newton dan leibniz. Di mana sampai saat ini punya pengaruh besar di dalam kehidupan modern.

6. Alan Turing

Dianggap menjadi salah satu orang pemikir terbesar pada abad ke-20, Alan Turing merupakan ahli komputer dan juga kriptanalis. Ketika sesudah bekerja dalam sekolah kode dan sandi milik pemerintah Inggris selama perang kedua. Beliau menemukan suatu hal yang sangat penting.

Di mana beliau telah menemukan metode pemecah kode sehingga mampu membantu dalam memecahkan sandi enkripsi enigma yang dimiliki oleh negara Jerman. Hasil dari karyanya tersebut mampu mempengaruhi dari hasil peperangan.

7. Leonardo Pisano Bigollo

Ilmuwan matematika terbesar pada abad pertengahan, di mana ia hidup pada tahun 1170 sampai 1250. Leonardo Pisano Bigollo memperkenalkan ilmu fibonacci ke dunia barat. Teori tersebut mampu memberikan suatu kontribusi besar di dalam sistem penomoran Arab.

Sedangkan pada tahun 1202, beliau telah menerbitkan buku dengan judul "Liber Abaci". Dimana di dalamnya menjelaskan angka Arab yang dapat diterapkan pada situasi dunia bahkan hingga saat ini pun masih digunakan.

8. Isaac Newton dan Wilhelm Leibniz

Kedua ilmuwan ini merupakan pelopor besar Dalam menemukan kalkulus modern serta memberi suatu kontribusi monolithic ke lapangan. Leibniz memperkenalkan teori notasi standar modern terlebih lagi tanda integral. Kontribusi besarnya mampu mempengaruhi bidang topologi.

Isaac Newton mempunyai karya ilmiah besar Principia, dan sampai saat ini menjadi aktor utama paling dipuja. Terlepas dari itu semua, kedua ilmuwan ini telah memberikan suatu kontribusi dalam bidang matematika dengan caranya tersendiri.

9. Pythagoras

Beliau merupakan matematikawan yang berasal dari Yunani, serta dianggap sebagai ilmuwan besar pertama. Ia hidup sekitar tahun 570 hingga 495 sebelum Masehi. Bahkan pada masa Yunani modern, telah tercatat menjadi salah satu kelompok pertama mempelajari perhitungan tingkat lanjut.

Bisa dikatakan tahun tersebut merupakan zaman keemasan matematika karena penemuan teorema geometri. Sedangkan temuan yang paling terkenal adalah pythagoras, di mana teori tersebut dipakai dalam berbagai macam bidang. Dimulai dari arsitektur, navigasi, konstruksi dan lain sebagainya.

10. Matematikawan Archimedes

Bukan hanya menjadi ahli matematika, tapi Archimedes juga menjadi ahli astronomi lahir di kota Syracuse dan hidup dari tahun 287 hingga 212 sebelum Masehi. Teorinya mampu menjelaskan tentang kenapa benda yang diangkat dalam air jauh lebih ringan dibandingkan saat di darat.

Beliau juga memberikan kontribusi cukup besar dalam geometri. Yakni metode mengantisipasi kalkulus integral sudah diumumkan 2000 tahun sebelum Newton dan Leibniz. Ia juga menciptakan sekrup Archimedes yang memiliki fungsi dalam mengalirkan air ke tempat rendah ke lebih tinggi.

11. Al Khwarizmi

Menjadi perintis bidang matematika muslim pertama sehingga sangat pantas jika disebut sebagai bapak aljabar modern. Terkadang banyak sekali orang yang keliru menafsirkan jika hasil dari aljabar modern berasal dari negara barat, sedangkan Al Khawarizmi punya karya menerangkan aljabar.

Bukan hanya itu saja, istilah algorisme yang merupakan sistem persepuluhan menjadi sebutan terhadap nama Al Khawarizmi. Sebab beliau dianggap menjadi salah satu orang mengembangkan teori tersebut, dan dianggap juga menjadi penemu angka nol.

Itulah sekilas informasi yang bisa diberikan kepada Anda tentang para tokoh-tokoh penemu Matematika terkenal di dunia. Dengan adanya ulasan tersebut, semoga bisa membantu menambah wawasan serta mengenal para matematikawan di seluruh dunia.



0 Response to "Penemu Matematika yang Terkenal di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel