Seperti Apa Metode Perkuliahan Daring?

Pembelajaran yang dilakukan secara online bukan hanya pada pelajar SMP dan SMA saja, melainkan juga bagi mahasiswa di Perguruan Tinggi. Metode perkuliahan daring juga diterapkan agar mahasiswa bisa tetap menjalankan perkualihan dengan semestinya melalui berbagai teknologi. 

Seperti Apa Metode Perkuliahan Daring?

Metode Perkuliahan Daring

Daring sendiri merupakan akronim dari dalam jaringan. Maksudnya, setiap aktivitas yang terlaksana harus secara online dengan bantuan internet sebagai perantaranya. Metode pembelajaran melalui online biasanya menggunakan video conference, e-learning, dan aplikasi pendukung lainnya. 

Metode perkualiahan yang dilaksanakan secara daring dapat berlangsung dengan lancar apabila ada kerja sama antara dosen dan juga mahasiswa. Kedua belah pihak tersebut dapat memanfaatkan salah satu portal Dirjen Pendidikan, Sistem Pembelajaran Daring atau SPADA. 

Metode perkualiahan dapat berjalan lancar di masa pandemi seperti ini karena adanya bantuan dari perkembangan teknologi. Teknologi memberikan dukungan secara penuh kepada badan penyelenggara  pendidikan supaya bisa melangsungkan proses belajar mengajar dengan baik. 

Kelebihan Metode Perkuliahan Daring

Metode perkuliahan yang terlaksana secara daring ternyata memiliki beberapa kelebihan di dalamnya. Teknik ini mampu memberi dampak kepada dosen dan juga mahasiswa dalam melaksanakan proses belajar mengajar di kondisi saat ini. Berikut kelebihan dari perkualiahan online!

1. Memudahkan Akses untuk Menjangkau Seluruh Mahasiswa di Indonesia

Kelebihan yang pertama yakni memudahkan akses untuk menjangkau seluruh mahasiswa di Indonesia. Karena adanya keterbatasan interaksi di masa pandemi, tentu komunikasi antar individu menjadi lebih susah dilakukan secara langsung. Namun, dengan adanya teknologi, itu bisa diatasi. 

Apalagi teknologi saat ini sangatlah bergantung pada jaringan internet yang dapat menjangkau orang di seluruh dunia. Asalkan, jaringan tersebut memiliki konektivitas yang cukup untuk menyambungkan setiap individu di berbagai belahan dunia. Inilah kelebihan paling utama dan bisa didapatkan. 

2. Bisa Memanfaatkan Berbagai Media Pembelajaran

Media pembelajaran cukup beragam dan semua membantu proses belajar mengajar lebih mudah, lancar, dan menyenangkan. Dengan menggunakan media pembelajaran baru, mahasiswa akan merasa lebih tertantang. Cara tersebut juga dapat meminimalisir adanya rasa bosan di dalam kelas. 

Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat setiap waktunya, tentu media pembelajaran pun semakin beragam. Dosen dapat mengakses banyak sekali media di internet. Kemudian, disesuaikan dengan mata kuliah yang diampunya agar bisa diterapkan secara optimal. 

3. Penggunaan Teknologi Menjadi Lebih Mudah

Di masa pandemi seperti ini, kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari yang namanya teknologi. Teknologi hampir secara keseluruhan mengambil peran dalam kehidupan manusia dalam bermasyarakat. Pemenuhan kebutuhan sehari-hari pun menjadi lebih mudah. 

Tidak terkecuali di bidang pendidikan. Dosen dan mahasiswa diharuskan untuk menguasai teknologi agar proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan lancar. Hal ini mampu meningkatkan kemampuan kedua pihak dalam menggunakan teknologi secara optimal. 

4. Proses  Pembelajaran Menjadi Lebih Fleksibel

Kelebihan yang kelima berkaitan dengan kefleksibelan proses pembelajaran. Jika perkualiah offline, biasanya jika ada keperluan, mahasiswa harus menghadapi dosen secara langsung. Namun, karena situasi saat ini yang membatasi interaksi, tentu daring menjadi sangat berguna. 

Mahasiswa tidak perlu mengunjungi kampus atau kediaman dosen, mereka hanya perlu membuka aplikasi pesan kemudian menanyakan berbagai hal berkaitan dengan perkuliahan. Ini akan memudahkan mahasiswa dalam menjangkau dosennya. 

Demikianlah penjelasan mengenai metode perkuliahan daring yang masih dilakukan sampai saat ini. Walaupun banyak kelebihan bisa didapat, pemerintah dan masyarakat terus berharap agar wabah ini bisa dihilangkan segera, karena bagaimanapun kegiatan itu tidak dapat berjalan secara lancar.

0 Response to "Seperti Apa Metode Perkuliahan Daring?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel