Iklan Bawah Header

Metode Hybrid Learning: Pengertian dan Caranya

Pembelajaran yang dilakukan secara daring di masa pandemi ini, sudah lama terlaksana. Adapun beberapa peraturan baru dikeluarkan oleh Pemerintah berkaitan dengan hal tersebut. Kini, pelajar dapat menjalankan metode hybrid learning dengan teknik kombinasi daring dan luring.

Metode Hybrid Learning: Pengertian dan Caranya

Pengertian Metode Hybrid Learning

Hybrid learning merupakan metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara menggabungkan kedua metode pembelajaran sebelumnya. Kombinasi tersebut dilaksanakan pada daring dengan luring. Penerapannya sudah terlaksana selama beberapa pekan belakangan. 

Pada metode pembelajaran ini, peserta didik dapat melaksanakan PTM atau pembelajaran tatap muka dan juga pembelajaran jarak jauh. Biasanya sekolah akan mengeluarkan peraturan berkaitan dengan hal ini, misalnya menggunakan cara shift yang dilakukan secara bergantian oleh siswa. 

Hybrid learning memungkinkan siswa dalam mendapatkan materi pembelajaran secara langsung tanpa menggunakan perantara teknologi dan ada kalanya juga mereka melaksanakan pembelajaran secara daring. Cara ini diharapkan mampu mengatasi adanya keterbatasan ketika melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Cara Menerapkan Metode Hybrid Learning

Hybrid learning dapat diterapkan dengan cara melakukan teknik selang seling. Anda bisa membedakan siswa yang masuk ptm dan pjj. Biasanya setiap sekolah menggunakan sistem absensi. Pelaksanaan ptm dilakukan menurut nomor absen setiap peserta didik. 

Mereka tidak masuk secara penuh dalam satu minggu. Misalnya, untuk absen 1 – 20 ptm hari senin, 21 – 30 ptm hari selasa, dan seterusnya. Untuk peserta didik yang tidak melaksanakan ptm,mereka bisa  tetap melangsungkan proses belajar mengajar dengan metode pembelajaran jarak jauh. 

Metode ini ditujukan agar kekurangan dalam pelaksanaan metode daring dapat segera diatasi. Dengan begitu, peserta didik mampu menyerap materi dan memahami secara baik. Karena, tak jarang banyak sekali komplain berkaitan dengan penyampaian materi yang tidak optimal.

Kelebihan Hybrid Learning

Adanya peraturan untuk menerapkan hybrid learning ini, ternyata sambutan yang ditunjukkan oleh para pelajar sangatlah baik. Namun, ada juga sebagian orang menentang tentang kebijakan ini. Adapun kelebihan bisa Anda dapatkan ketika menerapkan metode pembelajaran hybrid, yaitu:

1. Membuka Kesempatan Bersosialisasi

Di masa pandemi, pemerintah mengeluarkan peraturan untuk membatasi berbagai jenis kegiatan yang dilakukan di luar. Dengan ini, maka sudah dapat dipastikan bahwa interaksi dan komunikasi pelajar menjadi lebih terbatas dan hampir tidak dilakukan serta hanya melalui aplikasi chatting saja. 

Dengan adanya hybrid learning ini, peserta didik dan guru diharapkan bisa menjalin interaksi dan komunikasi secara lancar. Harapan besar lainnya yakni mampu mengasah keterampilan dalam bersosialisasi di lingkungan sekolah, karena akan sangat bagus untuk kesehatan psikisnya. 

2. Pemahaman Materi Lebih Baik

Tak jarang saat pelaksanaan metode pembelajaran daring, pelajar kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Hal ini disebabkan karena adanya gangguan jaringan atau keterbatasan guru dalam menyampaikan materinya, sehingga pemahaman pun menjadi lebih minim. 

Adanya hybrid learning ini tentu akan sangat membantu kedua belah pihak. Pasalnya, guru dan peserta didik dapat melangsungkan interaksi secara langsung dengan tatap muka. Penyampaian materi bisa diterima dengan baik oleh peserta didik karena adanya penjelasan yang lancar. 

3. Memberikan Penyegaran Pikiran dan Fisik

Rasa suntuk, bosan, stress, bahkan gangguan mental lainnya banyak terjadi ketika pelaksanaan pjj. Ruang gerak peserta didik menjadi lebih terbatas. Mereka tidak bisa mengurangi rasa penat setelah melakukan pembelajaran secara daring. 

Selain itu, belum lagi aktivitas yang memang harus dilakukan di rumah. Rasa bosan mereka akan membuat diri menjadi lebih stress dan juga jenuh. Hybrid learning membantu siswa dalam memberikan penyegaran pikiran serta fisiknya, karena bisa menjalankan rutinitasnya secara normal. 

Demikianlah penjelasan mengenai metode hybrid learning yang sudah banyak dilaksanakan belakangan ini. Semoga metode pembelajaran secara luring dapat terlaksana hingga 100% agar aktivitas kembali normal.

0 Response to "Metode Hybrid Learning: Pengertian dan Caranya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel