Iklan Bawah Header

Langkah Mudah Cara Mereview Jurnal Internasional

Beberapa orang mungkin akan melakukan sebuah tugas yang diberikan oleh guru ataupun dosen. Salah satunya adalah dengan mengevaluasi sebuah artikel terdahulu Lalu apakah ada cara mereview jurnal internasional terbaik untuk bisa melaksanakan hal tersebut tanpa ada kesalahan?.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Review Jurnal

Langkah Mudah Cara Mereview Jurnal Internasional

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan sebuah review. Maka tentunya akan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Di mana hal tersebut akan membuat proses dan hasil dari rangkuman jurnal itu lebih berkualitas. 

1. Memeriksa Tujuan Beserta Ruang Lingkup Jurnal

Sebelum lakukan review, maka penulis wajib melaksanakan pemilihan terhadap beberapa jurnal. Karena pasti tak sembarang artikel. Karena jika sampai tak sesuai, sudah dijamin malah akan mendapatkan nilai jelek bukan.

Dalam melakukan pemilihan jurnal itu Anda wajib lihat atau teliti dulu bagaimana tujuan beserta ruang lingkupnya. Hal tersebut, otomatis mampu membantu penulis agar tak pernah salah dalam pemilihannya. Karena bisa jadi tak sesuai dengan bidang studinya.

2. Jurnal Harus Relevan

Dalam jurnal yang nantinya dipakai untuk sumber referensi ataupun bahan rujukan. Pastikan punya isi relevan, di mana hal tersebut adalah kriteria paling penting dan perlu diperhatikan secara teliti. Agar tidak memunculkan sebuah kekeliruan.

Mengenai jurnal yang dipilih oleh penulis tentunya wajib sesuai dengan topik penelitian. Ketika dari judulnya saja tidak sama, tentu pada bagian isinya pun tak akan sesuai dengan pembahasan dari tugas Anda.

3. Lakukan Pemeriksaan Originalitas Journal

Originalitas sebuah jurnal juga jadi perkara penting dikarenakan mampu memberikan nilai lebih. Ketika itu berkaitan akan kredibilitas baik dari hasil reviewnya hingga jadi sumber referensi. Dalam penelitian yang tengah dilakukan tersebut.

Memeriksa keaslian dari jurnal itu dapat dilaksanakan dengan cara memastikan jika memperolehnya dari situs terpercaya. Kemudian teliti lagi jika jurnal tersebut memang terdaftar pada secara resmi bahkan telah terindeks Scopus.

Cara Mereview Jurnal Internasional dengan Mudah

Tentang cara mereview jurnal internasional itu memang tidak mudah. Sebab, akan ada beberapa tahapan penting. Dimana hal itu memang jadi penentu keberhasilan dalam evaluasi kembali. Berikut ini ialah penjelasannya:

1. Wajib Mencari Artikel Jurnal Internasional Berkualitas

Pertama-tama, langkah terbaik sebelum melakukan penulisan yaitu mencari artikel jurnal dengan kualitas bagus. Jangan pernah sembarangan dan pastikanlah betul-betul dari sumber terpercaya. Kenapa harus seperti itu?.

Ketika sebuah jurnal semakin berkualitas tentunya proses dari pengerjaan dalam mereview akan semakin gampang. Karena memang banyak sekali value yang mampu diperoleh dalam artikel terbaik seperti itu.

2. Membaca Abstrak, Metodologi dan Hasil Beserta Pembahasan

Sedangkan untuk hal kedua yang perlu dilakukan yaitu harus membaca seluruh artikel tersebut. Dimulai dengan bagian abstrak, kemudian metodologinya, hasil beserta pembahasannya. Sebetulnya tidak perlu membaca pada sisi introduction.

Karena umumnya punya kemungkinan besar nantinya Anda dapat mengetahui teori sebelum ditulis, dengan adanya sebuah pencarian artikel. Disaat punya kesesuaian dalam bidang yang telah dipilih tersebut.

3. Tulis Seluruh Poin-poin yang Diperlukan

Penulisan dari poin-poin penting memang jadi hal wajib dilaksanakan ketika membaca sebuah jurnal. Karena nantinya proses dari pembuatan review jauh lebih baik. Lalu apa saja perihal yang harus segera ditulis?.

  • Dimulai dari judul artikel.
  • Siapa yang jadi pengarang jurnal tersebut.
  • Dari jurnal, volume, berapa tahun terbit, berapa halaman dan issue.
  • Tujuan dari penelitian, dan perhatikan frasa seperti focus, purpose of study dan juga aim of study. Dimana kebanyakan itu berada di bagian akhir introduction.
  • Menuliskan poin dari bahan beserta prosedur dan juga hasil beserta pembahasannya.
  • Lalu apa saja keunggulan dari adanya jurnal tersebut.

4. Teliti Bagaimana Format Dari Review Jurnal Internasional

Format dari sebuah penulisan review jurnal itu mungkin saja jadi salah satu yang membuat Anda kebingungan. Ketika terdapat sebuah instruksi khusus dari pengajar memang tidak akan jadi masalah. Tapi meskipun tidak ada, bisa langsung melihat bagaimana format secara umum.

Namun pastikan juga pemilihan dari format itu juga lengkap. Lalu usahakan dalam penulisan sebuah review menggunakan tabel. Agar nantinya uraian yang tertulis jauh lebih rapi dan akan jadi nilai plus tersendiri di mata dosen ataupun guru.

5. Harus Bisa Review Jurnal Sebaik Mungkin

Sedangkan hal terakhir yang dilaksanakan dalam cara mereview jurnal internasional yaitu harus bisa menulisnya dengan sebaik mungkin. Jangan sampai ada beberapa hal penting terlewatkan dalam artikel journal international itu.

Alangkah baiknya membaca ulang penulisan dari review jurnal tersebut. Dimulai dari awal hingga akhir lalu perbaiki ketika memang menemukan sebuah kesalahan. Tentunya hal tersebut bisa meminimalisir terjadinya salah tulis dan lain sebagainya.

Fungsi Dalam Review Jurnal

Sebetulnya apa tujuan dari dilakukannya review jurnal itu? Tentu akan ada beberapa manfaat dalam dunia pendidikan. Karena tidak mungkin bukan jika ini jadi salah satu tugas penting dalam kampus ketika tidak memberikan fungsi apa pun. Jadi langsung saja ikuti penjelasan berikut ini:

1. Review dari jurnal tersebut setidaknya digunakan dalam mengoreksi istilah yang tidak jelas. Karena pastinya dalam menulis kemungkinan akan menggunakan beberapa kata-kata ataupun pernyataan tak sesuai. Alhasil mampu membantu para penulis untuk memutuskan apakah akan mengubahnya.

2. Kegunaan dari review jurnal itu juga membantu dalam memperjelas setiap pertanyaan.

3. Review dari sebuah jurnal memungkinkan para penulisnya dalam melihat pandangan dari perspektif orang lain. Mengenai permasalahan yang tengah diangkat tersebut.

4. Review dari jumlah akan memungkinkan dalam meningkatkan tata bahasa. Bahkan mendorong para penulis agar tampil jauh lebih baik dengan memberikan saran beserta kritiknya.

Itulah rangkuman singkat tentang bagaimana proses dalam cara mereview jurnal internasional yang baik. Pastikan untuk selalu mengikuti step by step di atas agar nantinya bisa mendapatkan nilai bagus dari dosen.

0 Response to "Langkah Mudah Cara Mereview Jurnal Internasional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel