Iklan Bawah Header

Simak Penjelasan Terkait Pembelajaran Daring dan Luring Berikut Ini!

 

Sejak pandemi hingga kini, Indonesia masih menerapkan sistem belajar di rumah untuk mendukung kegiatan pendidikan. Walaupun sudah menerapkannya, orang-orang juga perlu tahu lebih dalam lagi terkait pembelajaran daring dan luring ini. Hal tersebut dilakukan supaya lebih bisa menilai sesuatu yang diterapkannya.

Dengan begitu, bentuk pembelajaran yang dilakukannya bisa menghasilkan dampak yang baik dalam dunia pendidikan ini. Oleh sebab itu, maka berikut ialah ulasan terkait pembelajaran daring maupun luring yang perlu untuk diketahui:

Apa Itu Pembelajaran Daring dan Luring?

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang pembelajaran daring dan luring, maka sebaiknya harus mengerti istilahnya terlebih dahulu. Terkait hal tersebut, maka pengertian dari daring ialah sesuatu yang terhubung dengan jaringan atau koneksi internet dan teknologi atau perangkat.  

Jadi, intinya dalam pembelajaran ini memanfaatkan perangkat yang tersedia untuk saling bertukar informasi pendidikan dengan menggunakan jaringan internet juga. Sedangkan, pembelajaran luring ialah bentuk kegiatan pendidikan secara offline atau tanpa membutuhkan jaringan internet untuk pertemuannya.

Perbedaan Pembelajaran Daring dan Luring

Sudah diketahui bahwa pembelajaran daring dan luring memang memiliki istilah yang sangat berbeda. Namun, ternyata ada beberapa perbedaan lainnya yang perlu diketahui juga oleh orang-orang. Dengan begitu, maka berikut adalah kondisi yang membuat kedua metode pembelajaran tersebut berbeda:

1. Media Komunikasi yang Digunakan

Dalam kedua metode ini tentunya akan ada perbedaan di bagian media untuk melakukan pengajaran kepada peserta didiknya. Dalam pembelajaran daring, pengajar akan membutuhkan perangkat yang terhubung dengan jaringan internet.

Dengan begitu, nantinya pengajar dan peserta didik bisa saling bertukar informasi pendidikan melalui layanan dalam jaringan internet. Hal tersebut akan sangat berbeda jika proses pembelajaran menggunakan metode luring.

Dalam metode ini, biasanya peserta didik dan pengajar melakukan tatap muka secara langsung untuk berkomunikasi. Walaupun begitu, pembelajaran ini juga bisa saja dilakukan di rumah dengan bantuan sistem atau alat untuk mendukung dalam penyampaiannya.

2. Lokasi Pembelajaran

Dalam hal ini, pembelajaran daring akan bisa menguntungkan orang yang menerapkannya. Hal tersebut dikarenakan, metode daring tentunya bisa dilakukan dimana saja, seperti rumah hanya dengan bantuan perangkat yang tersedia. Dengan begitu, kegiatan pembelajaran akan terasa lebih fleksibel dan nyaman.

Di sisi lain, metode luring ini nyatanya lebih banyak dilakukan secara tatap muka di suatu tempat pendidikan untuk kegiatan pembelajarannya. Walaupun tidak fleksibel, metode ini cenderung bisa membuat peserta didiknya lebih mudah untuk memahami hal yang diajarkan.

3. Waktu Pembelajaran

Terkadang waktu pembelajaran bisa saja mengalami bentrok dan akhirnya justru membuat kegiatan pendidikan ini menjadi tidak efektif. Masalah ini lebih sering terjadi pada kegiatan pembelajaran metode luring yang menerapkan tatap muka secara langsung di suatu tempat pendidikan.

Namun, pada metode daring, proses mengajar dan belajar kemungkinan besar lebih bisa terkontrol. Hal tersebut dikarenakan, daring memiliki waktu yang lebih fleksibel dalam kegiatan pembelajaran ini.

Macam-Macam Pembelajaran Daring

Selanjutnya ini ada macam-macam pembelajaran daring yang bisa diterapkan dengan baik. Hal ini akan sangat penting diketahui oleh orang-orang agar bisa memaksimalkan metode yang sedang diterapkannya saat ini. Oleh sebab itu, maka berikut ialah beberapa jenis dari pembelajaran daring ini:

1. Sinkron Video Call

Pembelajaran daring yang pertama, yakni sinkron video call yang nantinya akan menggunakan panggilan dengan menampilkan peserta didik dan pengajarnya. Dengan adanya jenis pembelajaran daring ini, maka akan lebih bisa untuk mengetahui keadaan dari lawan bicara di layar perangkat.

Dengan begitu, kegiatan pendidikan bisa lebih mudah untuk memahami sesuatu yang akan diajarkan ke peserta didik. Alhasil, jenis ini jadi terasa hampir sama dengan pembelajaran tatap muka, tetapi  di dalam suatu jaringan atau online.

2. Sinkron Chat

Selanjutnya ini ada jenis pembelajaran daring menggunakan sinkron chat yang dilakukan dengan bertukar informasi dalam bentuk tulisan online. Hal ini pun biasanya akan memanfaatkan beragam platform yang menyediakan jasa komunikasi melalui chat.

3. Sinkron Call

Jenis sinkron call yang diterapkan pada metode pembelajaran daring ini ialah dengan melakukan kegiatan pendidikan menggunakan telepon. Dalam hal ini, peserta didik dan pengajar juga membutuhkan layanan panggilan di perangkat pada suatu platform.

4. Asinkron Video dan Chat

Metode pembelajaran daring yang satu ini memang bisa melakukan komunikasi dengan video, tetapi tidak di waktu itu juga. Artinya, peserta didik atau pengajar akan melakukan rekaman video terlebih dahulu di perangkat.

Lalu, setelahnya akan mengirimkan hasil rekaman tersebut menggunakan layanan perpesanan atau chat yang telah terhubung dengan jaringan internet. Jadi, pada dasarnya jenis ini kurang bisa untuk mengetahui keadaan dari lawan bicara ketika melakukan pertukaran informasi pembelajarannya.

Macam-Macam Pembelajaran Luring

Perlu dipahami lebih dalam bahwa pembelajaran luring ini bukan hanya sebatas tatap muka secara langsung di suatu tempat pendidikan. Melainkan, metode ini ternyata memiliki berbagai macam jenis lainnya yang bisa dilakukan ketika belajar di rumah, seperti berikut ini:

1. Tayangan Belajar Televisi

Jenis pembelajaran luring yang satu ini adalah tayangan belajar dari rumah yang menggunakan sarana televisi sebagai medianya. Biasanya, hal ini akan ditayangkan pada saluran TVRI untuk berbagai tingkatan pendidikan sekolah siswa dari SD hingga SMA.

Dalam pembelajaran ini, nantinya akan jadwal yang dibuat untuk menyiarkan materi pelajaran yang disesuaikan dengan jenjang pendidikannya. Dengan begitu, nantinya para siswa bisa menyaksikan tayangan pembelajaran ini dengan mudah melalui televisi tanpa harus menggunakan jaringan internet.

2. Pembelajaran dari Radio

Selanjutnya ini ada pembelajaran luring dari radio yang bisa didengarkan ketika sedang di rumah. Dalam pembelajaran ini, nantinya peserta didik akan mendengarkan materi yang telah diberikan sesuai dengan jenjang pendidikannya tanpa memerlukan jaringan internet.

3. Modul Belajar

Pembelajaran daring dengan modul cetak ini sudah dilakukan sejak zaman dahulu ketika jaringan internet belum tersedia. Oleh sebab itulah, jenis ini menjadi salah satu solusi yang bisa diambil jika ingin belajar tanpa harus menggunakan perangkat yang terhubung dengan jaringan internet.

Itulah penjelasan yang sangat perlu diketahui dan juga dipahami oleh orang-orang terkait pembelajaran daring dan luring. Dengan mengetahui informasi ini, maka semua yang berhubungan dengan pendidikan bisa lebih mudah untuk menilai metode yang lebih tepat dalam melakukan pembelajaran di rumah.

0 Response to "Simak Penjelasan Terkait Pembelajaran Daring dan Luring Berikut Ini!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel