Iklan Bawah Header

Apa Itu Netiquette Dalam Bermedia Sosial? Simak Penjelasannya Di Sini!



Sebagai manusia tidak lepas dari interaksi dengan sesamanya dan harus dilandasi dengan etika, tidak peduli di dunia nyata maupun maya. Dengan begitu, pembaca perlu mengerti apa itu Netiquette saat bersosial media.

Istilah Netiquette masih belum familiar, singkatnya istilah ini biasa digunakan untuk merujuk sebuah etika. Untuk lebih jelasnya pembaca bisa simak ulasan lengkapnya agar mendapatkan jawaban atas pertanyaan apa itu Netiquette khususnya dalam bermedia sosial.

Perkembangan Media Sosial Yang Erat Kaitannya Dengan Netiquette

Sebelum pembaca menemukan jawaban atas pertanyaan “apa itu Netiquette”, maka pembaca terlebih dahulu harus memahami perkembangan media sosial terlebih dahulu. Pasalnya Netiquette akan sangat berhubungan dengan perkembangan medsos tersebut.

Sebagai semua media online, media sosial dimanfaatkan banyak orang dari berbagai lapisan untuk saling berkomunikasi. Misalnya bertukar informasi, memproduksi konten, menambah relasi dan sebagainya. Maka dari itu, perkembangan media sosial dalam masyarakat akan membawa dampaknya tersendiri.

Bukan sebatas berinteraksi, namun keberadaan media sosial hari ini sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari. Berbelanja, bekerja, bertukar ilmu dan wawasan dan berbagai macam kegiatan saat ini melibatkan peran dari media sosial.

Tidak heran jika orang Indonesia khususnya sangat aktif dalam mengakses media sosial baik WhatsApp, Instagram, Twitter dan sebagainya. Media sosial tersebut juga tidak hanya berbasis chatting saja, namun bisa untuk berbagi video juga.

Terlalu bergantungnya sebagian masyarakat dalam bermedia sosial, sampai penelitian juga merilis data orang yang menghabiskan sekitar 3 hingga 4 jam setiap harinya untuk bermain medsos. Adapun aplikasi medsos yang sering diakses meliputi YouTube, WA, Instagram hingga Facebook.

Dengan adanya kecenderungan orang yang sering mengakses media sosial tersebut, sehingga perlu adanya Netiquette. Istilah ini secara sederhana bisa dikatakan sebagai hal yang harus atau perlu saat orang mengakses media sosial.

Jadi Apa Itu Netiquette? 

Setelah dipahami bersama, bahwa perkembangan media sosial telah membuat orang larut di dalamnya maka perlu adanya Netiquette. Lalu sebenarnya apa itu Netiquette? Simak penjelasan lengkapnya dalam pembahasan kali ini.

Netiquette sendiri merupakan singkatan dari network etiquette, sehingga netiquette sendiri diartikan sebagai etika dalam bermedia sosial. Pasalnya sebagai orang yang hidup bermasyarakat etika jadi salah satu hal penting yang harus ada termasuk dalam aktivitas dan interaksi dalam dunia maya.

Hal ini penting adanya, pasalnya untuk bermedia sosial bukan sekadar interaksi satu arah dengan robot saja. Namun, ada interaksi yang melibatkan dua atau banyak orang alias pengguna media sosial lainnya sehingga perlu adanya etika bermedia sosial.

Terutama sebagai manusia pastinya tidak lepas dari ego, sehingga adanya etika bisa membuat proses interaksi berjalan dengan baik. Umumnya saat bermedia sosial hal yang sering terjadi adalah kesalahpahaman.

Maka dengan lebih bijak dalam bermedia sosial, dibarengi dengan Netiquette yang baik dan tepat kesalahpahaman, tentunya pertikaian, permusuhan di media sosial akan berkurang. Hal ini juga membuat media sosial menjadi ruang yang aman untuk semua orang.

Jadi, kurang tepat jika ada sekelompok orang yang menyebutkan bahwa media sosial adalah platform yang toxic. Pasalnya media sosial hanyalah platform netral, dimana orang-orang yang bermedia sosial disanalah yang bisa membuatnya terlihat positif atau negatif.

Jika banyak orang mulai sadar untuk bisa bermedia sosial dengan baik dengan menerapkan Netiquette yang tepat, maka bermain media sosial juga akan berdampak baik dalam kehidupannya. Sebab semua orang akan bermain dengan etika tidak hanya ego saja.

Netiquette Saat Bermedia Sosial

Setelah dibahas mengenai apa itu Netiquette maka saatnya pembaca juga harus tau bagaimana Netiquette saat bermedia sosial. Hal apa yang perlu digaris bawahi saat berinteraksi dalam platform media sosial hari ini. Tanpa berbasa basi berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Pastikan Menggunakan Informasi Dengan Bijak

Hal yang menjadi etika atau Netiquette dalam bermedia sosial yang pertama adalah memastikan bahwa pengguna bisa menggunakan informasi dengan bijak. Jangan sampai malah menyalahgunakan informasi yang ada.

Seperti yang dipahami bersama bahwa media sosial hari ini bisa juga digunakan untuk memberikan berita terkini bahkan juga gosip. Maka dari itu, saat mendapatkan informasi pastikan pilah apakah informasi tersebut memang layak dikonsumsi atau tidak.

2. Usahakan Tidak Memberikan Informasi Pribadi Dalam Media Sosial

Walaupun media sosial dijadikan wadah untuk berinteraksi secara virtual, namun perlu dipahami bahwa terlalu oversharing atau memberikan informasi pribadi bukan hal yang bijak. Misalnya terkait dengan data KTP, alamat rumah, nama orangtua dan sebagainya.

Sebab hal ini untuk meminimalisir adanya tindakan kejahatan yang dilakukan oleh orang dengan data tersebut. Jangan sampai data tersebut malah digunakan untuk kejahatan.

3. Tidak Plagiasi Terhadap Karya Orang Lain

Banyak orang mengunggah karyanya baik video atau tulisan dalam media sosial. Sebagai orang yang paham Netiquette dalam bermedia sosial, pastikan jangan plagiat karya tersebut. Menjadikan seseorang sebagai inspirasi boleh, tapi bukan mengcopy paste mentah-mentah.

4. Pastikan Menggunakan Bahasa Yang Sopan

Jangan karena tidak bertatap muka secara langsung, bisa membuat pengguna medsos bebas berbicara kasar dengan lawan bicaranya. Selain itu, pastikan tidak asal berkomentar terhadap apa yang disampaikan orang di medsos. Hal ini selain untuk mengurangi kesalahpahaman juga menghindari konflik.

Demikian itu beberapa penjelasan atas pertanyaan apa itu Netiquette. Selain itu, pembaca diharapkan juga menjadi lebih paham bagaimana cara bijak dalam bermedia sosial. Tujuannya yaitu agar pengguna media sosial bisa lebih berdampak positif daripada negatif.

0 Response to "Apa Itu Netiquette Dalam Bermedia Sosial? Simak Penjelasannya Di Sini!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel