Iklan Bawah Header

Simak Tentang Literasi ICT dan Media Pembelajaran di Sini!



Saat ini, memang semakin banyak tersedia media yang menarik untuk melakukan proses pembelajaran baik secara formal ataupun non formal nantinya. Namun banyak pula yang tidak benar-benar tahu terkait literasi ICT dan media pembelajaran yang disediakan sehingga merasa bingung menentukan yang tepat.

Secara sederhana, keberadaan dari media pembelajaran ini memang memiliki posisi yang penting untuk mengembangkan proses pendidikan yang terbaik bagi anak. Ada juga banyak manfaat yang bisa dinikmati oleh setiap orang, yang bisa disimak secara lebih lanjut dalam uraian berikut ini:

Sekilas Tentang ICT

Pertama, setiap orang harus mengenal dahulu dengan lebih jelas terkait literasi ICT dan media pembelajaran agar nanti tidak salah paham. Selain itu, ternyata istilah yang dikenal dengan nama ICT ini merupakan singkatan dari teknologi dan informasi ditambah dengan proses komunikasi.

Mungkin banyak yang tidak tahu juga bahwa ICT ini memiliki peran tidak terbatas pada industri namun juga aspek untuk pendidikan. Tidak heran jika banyak proses pendidikan yang terjadi pada masa sekarang yang melibatkan bantuan dari ICT terutama untuk membuatnya menjadi lebih baik.

Sebenarnya keterlibatan yang dimiliki oleh ICT dalam setiap proses pendidikan ini dapat ditemukan mulai dari proses di dalam ruangan kelas. Selain itu, ada juga pelaksanaan ujian baik untuk tengah semester ataupun tidak yang melibatkan bantuan dari ICT untuk lebih mudah.

Manfaat ICT untuk Literasi

Kali ini, ada informasi lainnya yang menjelaskan mengenai literasi ICT dan media pembelajaran yang lebih lengkap terutama untuk beberapa manfaat menariknya. Ada setidaknya beberapa manfaat yang ditawarkan oleh ICT ini khususnya untuk bidang pendidikan saat ini seperti yang dijelaskan berikut ini:

  • Memudahkan proses pendidikan yang ada pada masa sekarang dengan baik.
  • ICT ini ternyata bisa membantu membentuk kesetaraan pendidikan saat ini.
  • Media yang digunakan jauh lebih fleksibel dan mudah untuk diakses.
  • Ada akses yang lebih luas yang bisa dinikmati oleh siswa.
  • Para guru juga dimudahkan untuk mengakses berbagai informasi yang terbaru.
  • Profesionalisme guru mudah diakui masyarakat.
  • ICT ini juga bisa membantu dalam meningkatkan efektivitas untuk belajar.
  • Mutu dan kualitas dari pembelajaran jauh lebih meningkat daripada metode biasa.

Macam-Macam Media Pembelajaran Berbasis ICT

Tidak hanya beberapa informasi yang sudah tersedia dalam uraian di atas, ada juga informasi tentang literasi ICT dan media pembelajaran. Hanya saja, kali ini, akan lebih dijelaskan secara detail mengenai apa saja media untuk pembelajaran yang memanfaatkan bantuan dari ICT.

Media pembelajaran memang diperlukan untuk bisa memudahkan penyampaian materi kepada para siswa dan mengurangi banyaknya waktu yang bisa saja terbuang. Bagi yang ingin tahu apa saja media yang dimaksudkan tersebut, maka bisa langsung menyimak beberapa informasi yang dijelaskan di bawah ini:

1. Teknologi Komputer

Untuk media yang pertama ini, tentu saja sebagian besar orang sudah mengenalnya dengan cukup baik, terutama pada masa sekarang ini. Setidaknya menggunakan bantuan dari media komputer ini secara jelas bisa memudahkan untuk mengakses berbagai informasi yang terbaru yang sedang terjadi.

Secara sederhana, banyak orang pula yang berpikir bahwa media ini sebagai yang paling tepat dan juga efektif untuk bisa dimanfaatkan nantinya. Ada banyak contoh yang bisa dimanfaatkan, mulai dari video sampai gambar.

2. Teknologi Multimedia

Kemudian ada juga jenis media untuk proses pembelajaran yang lainnya, yang bisa dimanfaatkan dengan baik oleh setiap orang yang mencobanya. Jenis media yang dimaksudkan ini juga tidak kalah populer dari sebelumnya, yang memanfaatkan bantuan dari audio ditambah dengan video yang berkualitas.

Media pembelajaran yang menggunakan bantuan dari teknologi seperti multimedia ini bisa ditemukan melalui video edukatif yang kini mudah untuk diakses. Selain itu, ada juga media berupa beberapa audio atau rekaman suara mengenai materi yang penting, yang bisa digunakan untuk belajar.

3. Teknologi Komunikasi

Jangan sampai dilewatkan pula untuk dikenali terutama bagi pemula, pasalnya ada juga teknologi lainnya yang bisa dijadikan sebagai media. Kali ini, media yang dimaksudkan lebih berkaitan erat dengan sosial media mulai dari seperti Twitter sampai Facebook yang juga dipakai.

Tidak hanya itu, jenis media untuk pembelajaran yang ketiga ini juga bisa ditemukan melalui bantuan dari YouTube yang bisa dibuka. Ditambah lagi, media YouTube ini menawarkan banyak informasi yang terkini, yang juga lengkap dengan gambar dan suara-suara yang memang mendukung.

4. Teknologi Jaringan Komputer

Terakhir, ada juga media untuk pembelajaran yang lain yang wajib untuk dikenali, apalagi bagi anak sekarang, banyak dipakai untuk belajar. Kali ini, bisa ditemukan media melalui bantuan dari jaringan WiFi, atau beberapa perangkat lunak yang dianggap sesuai dengan kebutuhan pengajar.

Dampak Penggunaan ICT

Terakhir, ada informasi yang lainnya, yang jangan ketinggalan untuk diketahui, terutama bagi yang sebelumnya tidak menggunakan jenis literasi berbasi ICT. Jika ingin tahu beberapa dampak yang dimiliki oleh pembelajaran ini, maka sebaiknya simak informasi lengkap yang ada di bawah ini:

  • Para pelajar akan lebih mudah belajar sesuai kebutuhan akan pendidikan.
  • Pengajar pun menjadi lebih mudah dalam menyampaikan materi yang sulit.
  • Penggunaan ICT berdampak pada semakin pentingnya keberadaan dari laporan pengajaran.
  • Pembelajaran yang berbasis ICT ini juga bisa membantu memperlancar komunikasi.
  • Proses administrasi nantinya bisa dimudahkan karena ada beberapa media yang fleksibel.

Informasi yang menjelaskan secara detail mengenai literasi ICT dan media pembelajaran yang ada tersebut sebaiknya dikenali terlebih dahulu oleh pelajar. Bahkan ada banyak juga manfaat yang bisa dinikmati oleh pengajar,  mulai dari proses pemilihan materi sampai pada memberikan kepada siswa.

0 Response to " Simak Tentang Literasi ICT dan Media Pembelajaran di Sini!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel