Iklan Bawah Header

Inilah Materi Olimpiade Matematika SD Yang Sering Keluar



Olimpiade matematika SD menjadi kompetisi bergengsi bagi siswa-siswi tingkat SD yang berprestasi yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali. Materi olimpiade matematika SD sendiri cukup beragam dan disesuaikan dengan materi yang telah diajarkan di kelas.

Kesuksesan dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan juri tergantung pada sejauh mana para peserta memahami konsep dan logika matematika. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui materi yang sering keluar di olimpiade matematika SD, seperti berikut ini:

Bilangan

Bilangan termasuk salah satu materi olimpiade matematika SD yang sering keluar setiap tahunnya. Materi ini merupakan materi dalam matematika dasar yang banyak diajarkan mulai SD hingga SMA. Bilangan memiliki banyak jenis, berikut jenis bilangan yang sering keluar di olimpiade SD:

1. Bilangan Bulat

Bilangan bulat didefinisikan sebagai bilangan yang bukan pecahan, juga sering disebut dengan bilangan penuh. Bilangan ini, memiliki dua bentuk yaitu positif dan negatif. Dimana bilangan bulat positif merupakan bilangan yang nilainya positif dan pada garis bilangan terletak di bagian kanan.

Sedangkan bilangan bulat negatif merupakan suatu bilangan yang memiliki nilai negatif. Pada garis bilangan, letak bilangan bulat negatif ada di bagian kiri. Apabila posisinya dalam garis bilangan semakin ke kanan, maka bilangan bulat negatif akan memiliki nilai yang lebih besar.

2. Bilangan Rasional

Dalam konteks ilmu matematika, bilangan rasional merupakan bilangan apapun yang mana bisa dinyatakan dalam bentuk p/q atau pecahan. Dimana nilai dari q itu sendiri tidak sama dengan nol. Ketika angka rasional dibagi, maka hasilnya akan menjadi bentuk desimal.

Apabila nilai q dalam bilangan rasional memiliki nilai sama dengan nol, maka bilangan rasional tersebut menjadi tidak terdefinisi. Biasanya, bilangan rasional juga dapat diklasifikasikan menjadi jenis bilangan lain yang masih termasuk dalam bagian bilangan rasional.

3. KPK dan FPB

Siswa-siswi SD pasti tidak asing lagi dengan materi KPK dan FPB, yang mana juga termasuk materi olimpiade SD. KPK terdiri dari bilangan yang menjadi kelipatan persekutuan terkecil dari 2 atau lebih dari bilangan itu sendiri.

Sedangkan FBP terdiri dari bilangan yang merupakan bilangan persekutuan terbesar yang bisa membagi habis antara kedua atau lebih bilangan tersebut. KPK dan FPB dapat dicari dengan menggunakan metode pohon faktor yang menjadi rumus alternatifnya.

4. Pola Bilangan

Definisi pola bilangan yaitu suatu bentuk susunan yang terbentuk dari bilangan teratur yang kemudian dapat membentuk suatu pola tersendiri. Pola bilangan dalam mata pelajaran matematika terdiri dari banyak jenis.

Seperti pola bilangan ganjil yang biasanya disusun menggunakan bilangan ganjil dan pola bilangan genap yang disusun menggunakan bilangan genap. Terdapat juga jenis pola bilangan persegi, dimana tersusun dari bilangan hasil kuadrat dan apabila dibuat gambar, polanya akan berbentuk persegi.

Geometri

Geometri juga termasuk salah satu materi olimpiade matematika SD yang sering muncul dalam setiap periodenya. Geometri merupakan cabang ilmu yang paling tua dalam matematika yang mempelajari berbagai macam studi seperti di bawah ini.

1. Bidang Datar

Geometri bidang datar merupakan sebuah bentuk geometris yang mana terdiri 2 dimensi atau hanya memiliki luas saja tidak memiliki volume. Seperti bentuk segiempat, segitiga dan masih banyak lagi bentuk-bentuk lainnya.

Dalam geometri bidang datar biasanya juga akan disuruh untuk menentukan jenis dan besaran sudut dalam suatu bentuk bidang datar. Menghitung luas dan keliling dari suatu bidang datar juga termasuk dalam materi geometri yang satu ini.

2. Bidang Ruang

Bidang ruang diartikan sebagai sebuah bangun yang memiliki ruang atau singkatnya berbentuk 3 dimensi. Dimana satu sisi dengan sisi lainnya dalam bidang ruang saling membatasi satu sama lain. Bidang ini dapat dihitung volume dan luas permukaannya.

Contoh bentuk dari bidang ruang yaitu kubus, balok, prisma segitiga dan masih banyak lagi. Setiap bentuk dari bidang ruang memiliki rumus untuk menghitung volume dan luas permukaan yang berbeda-beda.

Aritmatika Dasar

Aritmatika dasar merupakan materi dalam cabang ilmu matematika. Dimana aritmatika dasar yang menjadi materi olimpiade matematika SD biasanya berupa pengurangan, perkalian dan juga pembagian. Ini menjadi materi yang dapat dikatakan cukup sederhana dalam mata pelajaran matematika SD.

Umumnya, aritmatika dasar juga akan digunakan lagi di banyak cabang ilmu matematika mulai dari geometri, aljabar hingga kalkulus. Dalam aritmatika terdapat istilah perkalian spesial dari angka 5. Dimana angka 5 jika dikalikan dengan bilangan genap maka bilangan terakhir hasilnya 0.

Aljabar

Dalam matematika, aljabar memiliki ciri yang khas yaitu menggunakan simbol dalam penulisannya. Bentuk aljabar sendiri tersusun dari konstanta, variabel dan koefisien. Kemudian, ketiga penyusun tersebut dihubungkan menggunakan berbagai sistem operasi, seperti penjumlahan, pembagian dan pengurangan.

Contoh bentuk aljabar yaitu 2x + 5. Angka 2 tersebut merupakan koefisien, x sebagai variabel dan angka 5 disebut sebagai konstanta. Dimana angka konstanta tidak dapat diubah - ubah lagi karena merupakan nilai tetap.

Statistika

Dalam arti sempit, statistika didefinisikan sebagai suatu kumpulan data yang berupa angka yang dibuat tabel maupun grafik. Dalam olimpiade SD, materi statistika yang keluar biasanya peserta akan disuruh menghitung rata-rata dan persentase dari sekumpulan data.

Itu dia beberapa materi olimpiade matematika SD yang sering keluar hampir di setiap periodenya. Dengan mengetahui materi apa saja yang akan keluar, tentu akan menambah kesiapan para peserta dalam menghadapi olimpiade tersebut. Dengan begitu, kesempatan mendapatkan nilai tinggi semakin besar dan peluang menang juga terbuka lebar.

0 Response to "Inilah Materi Olimpiade Matematika SD Yang Sering Keluar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel