Iklan Bawah Header

Cara Belajar Sempoa Bayangan, Mudah dan Efektif!



Sempoa  adalah alat bantu yang dapat dipakai untuk menghitung. Ada jenis sempoa biasa yang sudah lama digunakan dan ada pula sempoa bayangan. Cara belajar sempoa bayangan dan sempoa asli sebenarnya cukup mudah. Dengan menggunakan sempoa bayangan, otak anak akan menjadi lebih terasah sehingga ingatannya pun semakin tajam dan dapat berpikir kreatif.

Cara berhitung dengan sempoa sangat bermanfaat untuk membantu anak-anak dalam berhitung tanpa harus menggunakan kalkulator modern. Adapun penjelasan lebih lanjut mengenai sempoa bayangan adalah sebagai berikut.

Apa Itu Sempoa Bayangan

Diketahui, sempoa bayangan merupakan sebuah cara berhitung menggunakan sempoa namun tanpa sempoa asli. Artinya, anak-anak akan mencoba berhitung dengan teknik membayangkan alat sempoa dalam pikirannya.

Sempoa bayangan merupakan cara perhitungan kreatif yang bisa diajarkan kepada anak sehingga tidak bosan. Lalu, cara ini bisa dilakukan untuk melatih anak belajar sejak dini dan membiasakannya sehingga tidak phobia dalam berhitung.

Dengan mempelajari sempoa bayangan, anak akan memiliki pondasi yang kuat mengenai dasar dari perhitungan matematika mulai dari penjumlahan hingga pembagian. Setelah mengetahui dasar-dasarnya, maka anak bisa mempelajari matematika tingkat lanjutan dengan lebih mudah.

Menggambar Sempoa Bayangan

Mempelajari sempoa bayangan sebenarnya mirip dengan belajar sempoa biasa. Perbedaannya adalah anak harus bisa membayangkan alat tersebut dan menyelesaikan operasi perhitungan di dalam pikiran. Untuk menggunakan teknik sempoa bayangan, maka harus menggambar sempoanya terlebih dahulu.

Gambar tersebut berbentuk kotak persegi panjang dengan empat baris yang membentuk tiga buah kotak ke arah samping. Sedangkan, pada bagian bawahnya terbagi menjadi dua sisi dengan bagian atas lebih sempit dibandingkan bawahnya.

Diketahui, gambar sempoa ini mirip dengan sempoa aslinya namun tidak perlu terlalu detail dan tidak harus bagus. Gambar dipakai sebagai bantuan untuk membayangkan sempoa supaya terlihat lebih nyata.

Selanjutnya, tambahkan satu buah bulatan di dua garis yang berada di tengah bagian atas. Sedangkan pada bagian bawahnya bisa digambar dengan empat bulatan. Garis tengah sebelah kiri melambangkan puluhan sedangkan garis tengah bagian kanan melambangkan satuan. Setelah mengetahui cara menggambar sempoa, maka selanjutnya adalah cara menghitungnya.

Cara Belajar Sempoa Bayangan

Berikutnya adalah cara menghitung menggunakan sempoa bayangan. Saat ingin menghitung dengan teknik ini, maka sebaiknya anak sudah pernah melihat sempoa asli dan diajarkan untuk menggunakan berhitung menggunakan sempoa yang asli tersebut.

Dengan demikian, anak sudah paham bentuknya dan cara kerjanya. Setelah itu, anak pun lebih mudah membayangkannya. Adapun cara belajar sempoa bayangan adalah sebagai berikut:

1. Menghitung Penjumlahan

Cara belajar sempoa bayangan yang pertama adalah belajar penjumlahan. Diketahui, penjumlahan artinya menambahkan angka yang satu dengan angka lainnya hingga didapatkan hasil dari penambahan keduanya. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan sempoa bayangan dalam penjumlahan:

  • Siapkan gambar sempoa terlebih dahulu, gambar tidak perlu bagus.
  • Masukkan bilangan pertama yang ingin dijumlahkan dengan cara membayangkan menaikkan biji sempoa yang berada di bawah menuju ke atas sesuai dengan jumlah angka yang ingin dihitung.
  • Berikutnya, jika angka yang dihitung lebih dari satuan maka bisa menghitungnya dari sebelah kiri. Bila tidak, maka hitung seperti biasa.
  • Masukkan bilangan ke dua yang ingin ditambahkan dengan cara menggesernya ke atas dalam bayangan.
  • Menghitung kedua bilangan tersebut dan mendapatkan hasilnya.
  • Tulis hasil yang didapatkan di kertas sehingga tidak hilang.

2. Menghitung Pengurangan

Berikutnya adalah pengurangan. Sebenarnya, metode pengurangan ini mirip dengan menghitung penjumlahan namun sebaliknya. Prosesnya pun cukup mudah dan cepat. Untuk langkah-langkah yang dapat diikuti yaitu sebagai berikut ini:

  • Siapkan gambar sempoa yang sudah dibuat sebelumnya di selembar kertas.
  • Masukkan angka pertama yang ingin dihitung dengan cara menggeser biji sempoa bayangan ke bagian atas.
  • Selanjutnya, kurangi bilangan tersebut menggunakan angka pengurangannya dengan cara menggeser biji sempoa ke bagian bawah.
  • Apabila pengurangan lebih dari angka satuan maka bisa menghitung dari arah kiri.
  • Hitunglah hasilnya dan masukkan ke buku catatan.

3. Menghitung Perkalian

Lalu, cara belajar sempoa bayangan selanjutnya adalah teknik perkalian. Untuk menghitung perkalian tentunya tidak semudah menghitung penjumlahan maupun pembagian. Meski begitu, teknik perkalian menggunakan sempoa bayangan tetap bisa dipelajari sebagai berikut:

  • Menyiapkan gambar sempoa yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Masukkan angka perkalian pertama di bagian kiri dengan cara menaikkan biji sempoa ke atas.
  • Kemudian, turunkan biji sempoa di bagian tengah sebagai penanda kali (x).
  • Masukkan angka ke dua yang ingin dikalikan di sebelah kanan penanda kali tersebut.
  • Kalikan kedua bilangan tersebut secara berselang seling.
  • Hitung hasilnya di kertas dan masukkan ke dalam catatan.

4. Menghitung Pembagian

Berikutnya, adalah metode pembagian. Diketahui, metode yang ini mirip dengan perkalian namun ada sedikit perbedaan. Masih dengan cara yang sama yaitu membayangkan alat bantu berupa sempoa. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini:

  • Buatlah gambar sempoa di kertas yang sudah disiapkan.
  • Selanjutnya, masukkan angka yang ingin dibagi di bagian sebelah kanan dengan cara menaikkan biji sempoa bayangan.
  • Lalu, turunkan dua buah baris biji sempoa di bagian tengah sebagai pembatas sekaligus penanda bagi (:).
  • Masukkan bilangan pembaginya di bagian sebelah kiri dengan cara menaikkan biji sempoa ke atas.
  • Bagi angka tersebut mulai dari yang paling besar (puluhan lebih dulu dibanding satuan dan lainnya).
  • Hitung angka tersebut dan masukkan ke dalam catatan yang sudah tersedia.

Demikianlah cara belajar sempoa bayangan yang bisa dicoba. Jika anak diajarkan belajar berhitung sejak dini, maka kemampuannya pun akan berkembang lebih pesat seiring waktu dan tidak gampang dilupakan. Dengan begitu, anak bisa berhitung cepat meskipun tanpa bantuan kalkulator modern.

0 Response to " Cara Belajar Sempoa Bayangan, Mudah dan Efektif!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel