Iklan Bawah Header

Contoh Augmented Reality di Berbagai Sektor Kehidupan



Sekarang ini istilah Augmented Reality sudah tidak asing lagi. Pasalnya, perkembangan teknologi membuat banyak hal yang menerapkan teknologi Augmented Reality. Dimana, teknologi ini dapat diaplikasikan ke berbagai alat di kehidupan sehari-hari. Adapun berikut contoh Augmented Reality dan berbagai penjelasannya.

Pengertian Augmented Reality

Istilah untuk teknologi bernama Augmented Reality merupakan suatu teknologi yang diperoleh dari penggabungan secara real time. Penggabungan tersebut adalah berupa dunia digital dengan komputer yang ada di kehidupan nyata. Menggunakan Augmented Reality akan memungkinkan pengguna dapat melihat suatu objek 2D maupun 3D.

Nantinya, obyek tersebut akan dapat diproyeksikan kepada dunia nyata. Dalam penggunaanya, Augmented Reality akan dapat di aplikasi sedemikian rupa kepada suatu hal ataupun benda. Nantinya benda tersebut akan dapat mempresentasikan pada yang ada di digital menjadi suatu hal yang nyata.

Sederhananya, Augmented Reality merupakan suatu teknologi yang mana dapat menyisipkan informasi pada dunia maya. Kemudian, akan ditayangkan dalam bentuk nyata dengan bantuan komputer, kacamata khusus dan lainnya. Sekarang ini telah banyak contoh Augmented Reality yang diterapkan dengan canggih.

Cara Kerja dan Komponen AR

Penerapan teknologi AR ini memang cukup canggih dan dapat diimplementasikan dengan cukup canggih. AR ini bisa diterapkan pada sebuah perangkat yang ada seperti kamera, webcam, layar, komputer dan lain sebagainya. Dalam penerapan tersebut tentu membuat suatu hal maya menjadi nyata yang keren.

Perangkat yang digunakan tersebut akan difungsikan sebagai output device dengan tampilan informasi 3D. Dengan begitu, nantinya pengguna akan dapat menyaksikan hasilnya pada cahaya alami dan juga buatan. Dalam penerapannya, AR juga menggunakan teknologi SLAM, sensor dan juga kedalaman sebagai komponennya. Adapun berikut penjelasan komponen tersebut.

1. Sensor serta Kamera

Komponen penting dalam penerapan suatu AR adalah adanya suatu sensor. Dimana, sensor ini menjadi hal krusial yang akan menampakan data informasi yang diperlukan. Dalam hal tersebut, sensor akan didukung dengan kamera yang canggih. Tujuannya agar dapat berkolaborasi dan mengirimkan yang kemudian akan diproses.

Dengan begitu, kamera yang dimiliki haruslah memilih kemampuan memeriksa data serta lingkungan. Selain itu, dapat menemukan barang fisik yang ada di sekitar. Nantinya, dapat pula menghasilkan suatu objek dengan 3D.

2. Proyeksi

Selanjutnya, komponen AR yang tidak kalah penting adalah proyeksi. Untuk proyeksi ini akan mengacu pada sebuah proyektor kecil. Contoh headset AR yang bisa ambil suatu informasi. Kemudian, akan mempresentasikan atau memproyeksikan ke permukaan untuk dilihat.

3. Refleksi

Berikutnya ada pula komponen Refleksi yang berguna dalam teknologi AR. Komponen ini akan membantu manusia dalam melihat suatu gambar pada virtual. Memiliki cermin yang berfungsi untuk memantulkan cahaya dari kamera ke mata.

Contoh Augmented Reality

Penerapan Augmented Reality saat ini telah banyak diterapkan. Tentunya, menerapkan teknologi tersebut membawa berbagai manfaat yang bisa didapatkan dan kemudahan. Hal tersebut cukup membantu pekerjaan manusia di berbagai sektor. Untuk itu, ada banyak contoh augmented yang perlu diketahui.

Mengenai cara kerja yang cukup penting untuk menghasilkan hal yang luar biasa. Pastinya, setiap hal yang diberikan Augmented Reality ini tidak lepas dari komponen serta cara kerja yang dibuatnya. Selain itu, diatur sedemikian rupa sehingga sesuai dengan keinginan manusia sekarang. Adapun berikut beberapa contoh dari penerapan Augmented Reality tersebut.

1. Bisnis Online atau Ecommerce

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa teknologi AR dapat merepresentasikan suatu hal menjadi suatu yang Nampak nyata. Dengan adanya hal tersebut, sangat penting dan cukup berdampak untuk dipakai pada suatu bisnis online atau e-commerce. Seperti yang diketahui bahwasanya bisnis online saat ini telah berkembang dengan pesat.

Tentunya, kebutuhan akan teknologi untuk membantu kemudahan dalam dunia bisnis online sangat dibutuhkan. Teknologi AR dapat memberikan visualisasi suatu produk dengan nyata. Bahkan, pembeli dapat langsung mencoba menggunakan dunia virtual.

Contoh saja, ketika akan membeli cincin, pembeli akan bisa mengenakan cincin tersebut lewat virtual. Caranya dengan, menempatkan fitur ruangan. Dengan begitu, akan memberikan pengalaman belanja virtual yang canggih dan memuaskan.

2. Pendidikan

Pada sektor Pendidikan juga tidak kalah canggih dengan menerapkan teknologi AR di dalamnya. Dimana, penerapan contoh Augmented Reality pada Pendidikan yakni adanya mainan edukatif. Seseorang akan dapat menggabungkan dunia digital dengan nyata menggunakan menggunakan mainan fisik lewat tablet.

Pemindaian akan dilakukan dengan real time, sehingga akan lebih cepat untuk memunculkan suatu hal nyata. Selain itu, belajar dengan real time pada dunia digital juga dilakukan. Dimana, seseorang akan menerima suatu penjelasan dari ahli dengan baik menggabungkan hal yang digital dengan bantuan perangkat canggih.

3. Pertanian serta Peternakan

Dalam penerapan Augmented Reality ini ternyata telah masuk ke berbagai sektor kehidupan. Hal tersebut juga termasuk pada sektor pertanian serta peternakan. Petani menerapkan teknologi AR untuk melihat hama yang mendekat ke kebun mereka.

Hal tersebut dikarenakan tidak semua hama yang ada itu bernilai buruk. Pasalnya, ada beberapa hama baik untuk suatu tanaman. Menggunakan AR akan membuat petani mampu untuk pengklasifikasian tersebut. Selain itu, membuat petani lebih mudah untuk memeriksa sifat tanah serta cuaca yang ada.

Tidak hanya pertanian, sektor peternakan juga menikmati teknologi AR. Contohnya yang diterapkan pada peternakan sapi di moskow. Dengan begitu, mereka dapat menikmati pemandangan rumput hijau yang terpasang pada mata. Pada suatu penelitian hal tersebut membuat sapi lebih sehat dan mengeluarkan susu yang baik.

Itulah tadi beberapa hal mengenai contoh Augmented Reality yang berguna untuk kehidupan, yang mana dalam penerapannya ada banyak tersebar di berbagai sektor. Tentunya, hal tersebut akan memberikan banyak manfaat dalam kemudahan.

0 Response to "Contoh Augmented Reality di Berbagai Sektor Kehidupan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel