Iklan Bawah Header

Pembelajaran Berbasis ICT dan Informasi Lengkapnya



Pembelajaran berbasis ICT memang menjadi salah satu pembelajaran yang banyak diminati, yang mana merupakan sebuah pembelajaran dengan menggunakan konsep komputer dan juga multimedia. Basis pembelajaran ini juga sudah mulai berkembang pada beberapa daerah. Berikut penjelasan mengenai ICT dalam pembelajaran untuk dipahami:

Sekilas Tentang ICT

Sebelum membahas jauh tentang ICT, maka pengguna juga harus tahu hal mendasar tentang ICT lebih dulu. ICT merupakan sebuah akronim dari kata Information Communications Technology. Pembelajaran ini merupakan suatu pembelajaran yang menggunakan asas konsep pembelajaran teknologi dan komputer.

Pembelajaran berbasis ICT tersebut bahkan kini sudah mulai diterapkan sejak dini. Penerapan tersebut mulai dari Pra sekolah hingga sampai SMA. Sebab, media Interaktif saat ini semakin diperlukan sering dengan perkembangan teknologi informasi yang makin berkembang pesat.

Namun tentunya dalam menerapkan pembelajaran dengan basis ICT ini mengharuskan adanya sarana dan juga prasarana yang lengkap. Sebab tanpa itu semua, maka strategi pembelajaran ini tidak akan berjalan dengan maksimal. Sarana prasarana tersebut juga sangat beragam.

Seperti misalnya disediakan sebuah lab dengan bahasa yang lengkap di dalamnya. Kemudian komputer juga menjadi salah satu alat yang harus ada. Selain itu, dibutuhkan juga yang namanya jaringan internet dan beberapa sarana dan prasarana lainnya.

Poin Khusus Dalam Menerapkan Kelas ICT

Ada dua poin yang membedakan antara kelas biasa dan kelas ICT, dan hal ini yang harus diperhatikan oleh guru. Guru juga memiliki peran penting dalam penerapan poin ini. Nah, berikut adalah poin-poinnya.

1. Mengkategorikan Penggunaan Laptop

Poin pertama adalah dengan mengkategorikan ICT dalam penggunaan laptop menjadi tiga hal. Kategori pertama adalah dengan satu laptop untuk semua siswa. Kemudian yang kedua adalah satu siswa satu laptop, ketiga satu laptop empat siswa.

Penggunaan saat laptop untuk semua siswa ini adalah saat Guru memberikan pengertian konsep dasar yang harus dikuasai oleh keseluruhan siswa. Sedang untuk pengguna satu siswa satu laptop adalah disaat siswa melakukan pengembangan konsep. Sebab dalam hal ini memerlukan eksplorasi.

Namun alangkah baiknya penerapan tersebut tidak sering dilakukan. Pasalnya, para siswa juga harus sesekali diberikan penerapan yang memiliki sifat kerja sama dengan menerapkan satu laptop empat siswa.

2. Menerapkan SOP

Standar Operasional Prosedur harus diterapkan dalam penggunaan pembelajaran yang berbasis ICT. Penerapan SOP ini adalah untuk mengajarkan kepada para siswa akan rasa tanggung jawab. Kelas juga harus dirancang sedemikian rupa dalam pembelajaran basis ini.

Dalam hal ini, kelas harus dirancang dengan bersifat dinamis, dan juga harus dibedakan tiga kategori yang sudah disebutkan tadi. Jadi, tempat harus dibedakan sesuai dengan kebutuhan para siswa. Bahkan keseluruhan itu harus benar-benar diperhatikan

Manfaat ICT Dalam Dunia Pembelajaran

Pengguna juga harus paham dengan apa saja manfaat dari pembelajaran berbasis ICT dalam dunia pendidikan saat ini. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah seperti untuk meningkatkan kesetaraan pada pendidikan. Tujuannya agar mudah saat memberikan akses pada siswa beserta guru.

ICT dalam dunia pendidikan juga bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas dan juga efisiensi manajemen, administrasi lembaga pendidikan dan pengelolaan. Basis tersebut juga untuk meningkatkan profesionalisme dalam mengajar juga meningkatkan kualitas dalam pembelajaran antara siswa sekaligus gurunya.

Macam-macam Pembelajaran Berbasis ICT

Pembelajaran ICT ini tak hanya bergerak dalam satu macam pelajaran saja, namun ada beberapa macam pelajaran basis ICT yang bisa dipilih. Namun meskipun begitu, macam pembelajaran tersebut masih dalam lingkup komputer dan juga multimedia. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

1. Teknologi Multimedia

Pada pembelajaran ICT, maka yang akan dipelajari di dalamnya adalah seperti kamera digital seperti kamera video, pemutar video, dan juga pemutar musik yang termasuk di dalamnya. Selain itu, masih ada banyak sekali yang dipelajari selain beberapa hal itu.

Pembelajaran dari ICT teknologi multimedia media juga kerap disebut dengan penggabungan antara banyak media. Hal tersebut diperuntukkan agar dapat menghasilkan sebuah karya. Entah sebuah Audio atau berbentuk video.

2. Teknologi Komputer

Selain ICT yang bergerak di bidang multimedia, pembelajaran ICT ini juga bergerak dalam bidang teknis komputer. Pembelajaran teknologi komputer ini juga kerap kali disebut dengan CAI. CAI sendiri merupakan akronim dari kata computer assisted instructional yang menjadikan komputer sebagai media interaktif.

Penerapan ilmu ini juga dalam beberapa hal, seperti konferensi komputer, program computer assisted learning dan termasuk multimedia. Selain itu, pembelajaran ini juga memanfaatkan seluruh kemampuan yang dimiliki komputer. Seperti grafis, teks dan beberapa macam kemampuan lainnya.

3. Teknologi Jaringan Komputer

Jika sebelumnya hanya berupa teknologi komputer, maka pembelajaran ICT yang ketiga adalah teknologi jaringan komputer. Teknologi ini dibagi dalam dua macam, yakni perangkat lunak dan perangkat keras. Contoh dari perangkat lunak seperti HTML, Java, web atau aplikasi berbasis data lainnya.

4. Teknologi Komunikasi

Pembelajaran ICT yang terakhir adalah yang bergerak dalam bidang teknologi komunikasi. Semakin lama dunia juga semakin berkembang, termasuk teknologi komunikasi yang juga berperan penting di dalamnya. Bahkan untuk saat ini teknologi tersebut sudah banyak sekali jenisnya.

Teknologi komunikasi tak hanya berperan penting dalam menjalin komunikasi dari jarak jauh saja, namun juga berperan penting dalam sistem pembelajaran saat ini. Sebab, kini teknologi komunikasi juga sudah menjadi alat pembelajaran interaktif bagi siswa dan guru.

Demikian adalah penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan pembelajaran berbasis ICT yang perlu pengguna ketahui. Sudah dijelaskan juga macam-macam dari pembelajaran hingga manfaat yang akan didapatkan dari penerapan tersebut.

0 Response to "Pembelajaran Berbasis ICT dan Informasi Lengkapnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel