Iklan Bawah Header

Bagaimana Cara Mengerjakan Operasi Hitung Campuran? Simak Penjelasannya



Rupanya banyak siswa yang menanyakan cara mengerjakan operasi hitung campuran. Karena sejumlah cara yang diajarkan pada sekolah dianggap kurang efektif serta membuat siswa kurang memahami konsep dari pembelajaran ini. Hal ini tentu akan memberikan jika hendak beranjak pada materi berikutnya.

Sebenarnya operasi hitung campuran ini merupakan perhitungan yang melibatkan bilangan pecahan, cacah hingga decimal. Selain itu juga terdiri dari berbagai bentuk urutan operasi perhitungan. Maka dari itu simak berbagai penjelasan berikut ini agar siswa lebih paham pengerjaannya:

Mengenal Operasi Hitung Campuran 

Sebelum membahas lebih lanjut cara mengerjakan operasi hitung campuran alangkah baiknya untuk mengenal terlebih dahulu. Dalam matematika dikenal berbagai macam bentuk operasi hitung mulai dari perkalian, pembagian, pengurangan hingga penjumlahan. Biasanya siswa hanya diajarkan untuk menghitung satu bentuk operasi hitung.

Sementara dalam operasi campuran ini menghitung lebih dari satu bentuk operasi perhitungan bisa 2 atau lebih sehingga dinamakan operasi campuran. Selain itu, untuk dapat mengerjakannya ada berbagai track khusus untuk menjawab berbagai soal yang ada.

Manfaat Operasi Hitung Campuran 

Perlu belajar ketahui ternyata ada berbagai manfaat dari perhitungan operasi campuran ini. Menariknya lagi berbagai hal tersebut punya manfaat langsung bagi kehidupan, tidak hanya untuk menjawab soal di sekolah. Simak berbagai manfaat dari perhitungan operasi campuran untuk kehidupan berikut:

1. Membantu Kegiatan Perdagangan 

Manfaat pertama dari perhitungan operasi hitung campuran ini adalah bisa membantu untuk kegiatan perdagangan. Hal ini telah terbukti dan digunakan oleh setiap pedagang. Terutama  untuk menghitung berapa penjualan atau kembalian saat berjualan.

2. Kegiatan Sosial

Selain itu operasi hitung campuran ini bermanfaat dalam bidang kegiatan sosial. Contohnya saja dalam pembuatan konsumsi kegiatan sosial yang diadakan oleh masyarakat. Misalnya saja jika ingin menghitung berapa jumlah makanan yang harus dibuat untuk orang yang datang membantu kegiatan ini.

Aturan Pengerjaan

Sebenarnya untuk lebih memahami terkait dengan cara mengerjakan operasi hitungan campuran ada beberapa trik khusus. Yaitu siswa harus lebih memahami terkait dengan aturan pengerjaan. Karena sebenarnya untuk menyelesaikannya tidak bisa sembarangan.

Karena jika  belajar melakukan perhitungan berdasarkan baris yang ada pasti akan menemukan hasil berbeda. Sehingga hasil penjumlahan atau perhitungan tersebut akan bernilai salah. Maka dari itu berikut sejumlah aturan yang terdapat dalam pengerjaan soal  hitung campuran. 

1. Aturan Pertama

Pada aturan pertama ini pelajar harus mendahulukan pada bagian tanda kurung. Jadi apabila ada soal pada perhitungan campuran silahkan kerjakan ini di urutan pertama. Barulah beranjak pada bagian selanjutnya .

2. Aturan Kedua

Perlu belajar pahami bahwasanya nilai dari penjumlahan serta pengurangan ini berada pada posisi yang sama kuat. Akan tetapi alangkah baiknya untuk mengerjakan kelompok pengurangan yang urutannya berada di sebelah kiri. Sementara untuk pengerjaannya sendiri kelompokkan terlebih dahulu dengan bantuan tanda kurung.

3. Aturan ketiga

Pada aturan selanjutnya adalah pembagian serta perkalian juga memiliki kekuatan yang sama. Selain itu juga harus dikerjakan pada bagian kiri terlebih dahulu. Langkah pengerjaannya pun hampir sama yaitu gunakan tanda kurung pada soal sebelah kiri.

4. Aturan Keempat

Catatan berikutnya adalah perkalian atau pembagian justru bernilai lebih kuat dari pengurangan atau penjumlahan. Siswa harus mengerjakan operasi perkalian atau pembagian di bagian awal. Jangan lupa untuk mengelompokkan ya agar hasilnya lebih terlihat.

Mengerjakan Operasi Campuran 

Berikutnya adalah pembahasan terkait dengan cara mengerjakan operasi hitung campuran. Secara umum dikenal dua kelompok besar untuk pengerjaan untuk operasi perhitungan bilangan campuran yaitu pengurangan serta penjumlahan. Kemudian gabungan dari perhitungan pembagian serta perkalian.

Untuk dapat mengerjakan soal ini pasti pelajar harus memahami terlebih dahulu aturan yang telah dijelaskan. Karena harus menentukan yang mana perhitungan yang memiliki tingkat yang sama. Kemudian coba ikuti beberapa penjelasan berikut ini:

1. Perhitungan Pengurangan dan Penjumlahan

Cara mengerjakan operasi hitung campuran pertama yaitu terkait dengan pengurangan serta penjumlahan. Kedua hal ini digabungkan karena dianggap memiliki tingkat yang sama. Jangan lupa urutkan pengerjaan mulai dari kiri dan dikelompokkan.

Misalnya terdapat contoh soal 50 + 20 - 40 =?. Maka dari itu untuk langkah pertama siswa harus terlebih dahulu menjumlahkan nilai pertambahan 50 + 20. Jumlah tersebut tentu memiliki hasil sebanyak 70.

Kemudian hitung untuk Langkah kedua yakni hasil dari jumlah pertama untuk dikurangkan pada bagian kanan hal ini berarti angka 70 – 40. Jadi, untuk hasil hitungan campuran pada soal tersebut bernilai 30.

2. Operasi Perhitungan Pembagian Serta Perkalian

Berikutnya akan dijabarkan terkait dengan cara mengerjakan operasi hitung campuran cabang pembagian serta perkalian. Ini merupakan operasi hitung kedua yang punya tingkat yang sama. Selain itu untuk cara pengerjaan juga dimulai dari kiri serta dikelompokkan seperti berikut ini:

Misalnya saja untuk contoh soal berapa hasil dari 100 : 5 x 2 =?. Maka dari itu untuk menjawab soal ini pertama-tama penggunaan harus menjawab dan menentukan hasil berapa pembagian dari 100 dibagi 5. Jumlah ini tentu saja bernilai 20.

Kemudian jangan lupa untuk melanjutkannya dengan perkalian pada bagian arah kanan. Yaitu hasil dari nilai sebelumnya 20 dikali 2 berarti nilainya 40. Jadi, untuk operasi pada hitungan campuran dengan soal tersebut bernilai 20.

Itulah berbagai penjelasan terkait dengan cara mengerjakan operasi hitung campuran. Dengan adanya penjelasan tersebut diharapkan pengguna dapat lebih memahaminya lewat penjelasan yang telah disajikan. Serta dengan adanya penjelasan ini dapat membantu siswa agar mudah dalam menjawab berbagai ujian atau soal latihan.

0 Response to "Bagaimana Cara Mengerjakan Operasi Hitung Campuran? Simak Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel